SBMPTN

SBMPTN 2022 Kapan Diselenggarakan? Cek Jadwal Lengkapnya di Sini!

4 min read
SBMPTN 2022 Kapan Diselenggarakan? Cek Jadwal Lengkapnya di Sini!

Tidak sedikit orang yang masih belum dapat info seleksi SBMPTN 2022 kapan dilaksanakannya dan apakah menggunakan sistem online? Barangkali, karena kegiatan yang super padat sampai berita terkini yang harusnya diketahui jadi terlewat.

Jadwal seleksi SBMPTN memang menjadi jalur masuk PTN yang paling ditunggu-tunggu informasinya. Pasalnya, peluang lolos bagi calon mahasiswa terbilang lebih besar dibanding seleksi lainnya untuk masuk universitas.

Selain itu, jika dilihat dari segi biaya tes, seleksi ini pun terbilang lebih terjangkau. Karenanya, pertanyaan “SBMPTN 2022 kapan” selalu terdengar setiap tahunnya, dimulai dari pertengahan semester ganjil hingga akhir semester genap.

Rangkaian Jadwal SBMPTN 2022

Berikut ini adalah urutan agenda sebelum diselenggarakan tes SBMPTN hingga akhir seleksi yang penting diketahui. Simak hingga tuntas, ya.

1. Registrasi Akun LTMPT

Sebelum membahas SBMPTN 2022 kapan, kemudian melalui tahap pendaftaran UTBK, calon peserta wajib melakukan registrasi terlebih dahulu di portal LTMPT. Sebagaimana diketahui, LTMPT menjadi lembaga yang menjamin seleksi masuk perguruan tinggi berjalan lancar.

Selain itu, kepemilikan akun di situs web LTMPT juga menjadi syarat utama untuk mengikuti tes SBMPTN. Sebab, tahap registrasi UTBK dan SBMPTN dilakukan di website www.portal.ltmpt.ac.id.

Untuk jadwal registrasi akun siswa sudah bisa dimulai sejak tanggal 10 Januari 2022. Namun, bagi siswa non-eligible ataupun siswa gap year, pendaftaran bisa dilakukan per tanggal 14 Februari sampai 17 Maret.

Melihat masih panjangnya waktu pendaftaran, sebaiknya jangan merasa santai. Siapkan beberapa persyaratan penting dari sekarang agar tahap pendaftaran terasa lebih mudah tanpa kendala.

2. Sosialisasi UTBK SBMPTN

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi telah menyosialisasikan program atau seleksi SBMPTN ini sejak awal Desember tahun lalu. Tepatnya tanggal 01 Desember 2021, LTMPT mulai menyebarluaskan informasi tentang UTBK dan SBMPTN.

Selain itu, pendeklarasian info “SBMPTN 2022 kapan“diperkirakan akan terus berlangsung hingga 15 April mendatang. Alasannya, tanggal 15 April juga merupakan akhir dari batas pendaftaran UTBK.

3. Pendaftaran UTBK SBMPTN

Seperti yang sebelumnya disinggung, batas pendaftaran UTBK adalah 15 April. Sementara itu, awal masa pendaftaran tes ini dimulai tanggal 23 Maret.

Sebagai informasi, sebelum UTBK berlangsung, pastikan Anda sudah menjadikan akun LTMPT permanen. Selain itu, calon peserta UTBK juga harus menyimpan bukti akun LTMPT yang permanen sebagai syarat mendaftar ujian.

4. Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 Kapan?

Pertanyaan utama yang banyak dicari informasinya selain “SBMPTN 2022 kapan“adalah “Kapan UTBK?”. Seleksi masuk universitas tahun ini diselenggarakan dalam dua gelombang, sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sebelumnya, peserta SBMPTN dapat memilih dua jadwal ujian sehingga memperbesar peluang lolos. Namun, tahun ini, peserta SBMPTN hanya bisa memilih satu jadwal ujian sehingga calon peserta harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

Berdasar informasi yang tertera di dashboard LTMPT jadwal UTBK, gelombang pertama pelaksanaan tes adalah tanggal 17 hingga 23 Mei. Sementara untuk gelombang keduanya, tes UTBK diselenggarakan tanggal 28 Mei hingga 03 Juni.

Waktu pelaksanaan dibagi dua tahap setiap harinya, yakni pukul tujuh hingga sepuluh, dan pukul 12 sampai pukul tiga sore. Kemudian, lokasi Ujian Tes Berbasis Komputer ini diadakan di 74 PTN di seluruh Indonesia.

Peserta dapat memilih sendiri lokasi UTBK terdekat dengan tempat tinggalnya. Sedikit informasi penting, penentuan lokasi harus benar-benar dipikirkan matang-matang.

Sebab, jika sudah memilih kemudian melakukan tahap pembayaran UTBK, lokasi tidak dapat diubah dengan alasan apa pun. Jika belum yakin dengan lokasi ujian, Anda bisa menunda tahap pembayaran hingga slip tersebut tidak berlaku.

Setelahnya, Anda bisa kembali memilih PTN untuk seleksi UTBK. Jika sudah yakin, silakan lakukan transfer biaya UTBK.

5. Pengumuman Hasil SBMPTN 2022 Kapan?

Selain membahas tentang SBMPTN 2022 kapan, kurang etis bila tidak menyertakan kapan pengumuman hasilnya. Sebab, tahap itu juga merupakan tahapan yang paling dinantikan seluruh peserta selain informasi mengenai “SBMPTN 2022 kapan“.

Jika proses lancar dan tidak terdapat kendala yang menyebabkan perubahan jadwal, pengumuman hasil UTBK–SBMPTN akan dilakukan bulan Juni. Sebagaimana tertera di laman LTMPT, jadwal pengumuman seleksi masuk PTN akan diumumkan tanggal 23 Juni.

Pastikan ketika Anda melihat pengumuman hasil SBMPTN di tanggal tersebut, koneksi internet benar-benar stabil. Kemudian, perhatikan pengumuman yang tertera di sana.

Lolos ataupun tidak lolos, peserta SBMPTN bisa mengunduh sertifikat. Sebab, nilai UTBK tersebut bisa saja dijadikan syarat mengikuti jalur Mandiri di beberapa PTN.

6. Masa Unduh Sertifikat SBMPTN 2022 Kapan?

Mengunduh sertifikat bisa dibilang tahap pertama menuju gerbang PTN. Ketika peserta SBMPTN dinyatakan lolos, kemudian diberikan sertifikat, calon mahasiswa selanjutnya akan kembali bersiap duduk di bangku kuliah.

Sertifikat kelulusan bisa diunduh setelah dua hari pengumuman seleksi, yakni 25 Juni. Peserta diberikan waktu selama kurang lebih satu bulan untuk mengunduh bukti lulus ujiannya, tepatnya hingga 31 Juli.

Setelah itu, sistem akan mulai memperbarui data kembali dan tidak bisa diakses hingga jadwal baru diberikan. Karenanya, jangan lupa mencatat tanggal-tanggal penting di atas, ya.

Memulai dengan Niat, Apa Pun Hasilnya Harus Tetap Semangat

Setelah membahas pelaksanaan SBMPTN 2022 kapan serta rangkaian prosesnya, saatnya Anda bersiap untuk menggapai mimpi, yakni belajar di PTN impian. Meski itu bukan hal yang mudah, tetapi saat Anda memulai segalanya dengan niat, dipastikan semangat belajar akan selalu tergugah.

Dengan begitu, hasil seleksi SBMPTN memiliki peluang cukup memuaskan. Terlepas dari lolos atau tidaknya, saat Anda berusaha semaksimal mungkin, nilai yang didapatkan tidak akan sia-sia.

Mengingatkan kembali bahwa jalur masuk PTN tidak hanya SBMPTN saja, terdapat jalur Mandiri yang bisa saja merupakan jalan bagi Anda. Dengan modal nilai UTBK tersebut, peluang masuk PTN impian bisa jadi lebih besar.

Jadi, tetap semangat belajar sebelum SBMPTN dan jangan lupa berdoa. Persiapkan pengetahuan lebih luas agar nilai yang didapat bisa memuaskan. Semoga kabar baik menanti Anda di depan sana. Pastikan untuk mengikuti kelas online dan offline untuk mempelajari materi tambahan.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x