SBMPTN

Diikuti 8000 Peserta, SBMPTN ITS 2022 Jadi Sorotan

5 min read
Diikuti 8000 Peserta, SBMPTN ITS 2022 Jadi Sorotan

Pelaksanaan UTBK SBMPTN ITS 2022 jadi salah satu agenda rutin yang dilakukan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Ada banyak pendaftar UTBK yang mendaftarkan lokasinya di salah satu kampus favorit di Indonesia tersebut.

Jumlah Peserta Fantastis SBMPTN ITS 2022

Tercatat ada sekitar 8000-an peserta yang akan melaksanakan tes UTBK di ITS dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Secara nasional, pelaksanaan UTBK di hari pertama berjalan lancar yang diungkap oleh Rektor ITS.

Secara keseluruhan, jumlah peserta UTBK cukup meningkat tahun ini yaitu menyentuhangka 800.000-an peserta. Dengan jumlah peserta yang akan diterima nantinya sebanyak sekitar 460 ribu calon mahasiswa.

Salah satu lokasi pelaksanaan dilakukannya SBMPTN ITS 2022 yang tertib dan lancar dengan protokol kesehatan yang berjalanan. ITS berkoordinasi dengan PLN Provinsi Jawa Timur untuk menjaga kelancaran pelaksanaan SBMPTN tahun ini.

Pihak kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember juga menambah sekitar 395 server yang dapat membantu pelaksanaan. Server tambahan tadi diharpakan dapat mengantisipasi jika server nasional mengalami kendala ataupun terputus ketika pelaksanaan.

Pelaksanaan SBMPTN ITS 2022 tidak melakukan kerja sama seperti tahun sebelumnya dengan kampus mitra seperti PPNS dan ITelkom. Segala hal dilaksanakan, diurus, juga difasilitasi oleh Insititut Teknologi Sepuluh Nopember sendiri.

Di dalam kampus ITS, pihak kampus sudah menyiapkan sekitar 41 ruangan di berbagai departemen yang digunakan untuk ruang UTBK. Satu ruangan hanya akan diisi oleh 10 hingga 20 peserta ujian dalam satu hari pelaksanaan.

Peserta SBMPTN ITS 2022 dalam sehari ada sekitar 1.330 peserta ujian dengan 665 peserta tiap sesinya. Itulah mengapa disiapkan ruangan dengan jumlah yang banyak karena peserta UTBK pun berjumlah fantastis.

Diharapkan pelaksanaan SBMPTN ITS 2022 dapat menjadi cermin bagi pelaksanaan tahun selanjutnya yang lebih baik. Apalagi ada beberapa kebijakan baru yang disusun pemerintah di dalam UTBK tahun ini secara serentak.

Kebijakan Baru UTBK

Ada beberapa kebijakan nasional yang juga mempengaruhi pelaksanaan SBMPTN ITS 2022 di beberapa aspeknya. Di bawah ini adalah beberapa aturan atau kebijakan baru terkait SBMPTN yang dibuat oleh Pemerintah.

1. UTBK 2 Gelombang

Semenjak adanya Covid 19, pelaksanaan UTBK salah satunya SBMPTN ITS mengalami perubahan waktu pengerjaan. Panitia penyelenggara memutuskan untuk membuat dua gelombang pelaksanaan UTBK.

Peserta dari gelombang pertama akan melaksanakan UTBK di tanggal 23 Mei hingga 28 Mei 2022 secara bergantian. Kemudian untuk gelombang dua dilaksanakan hingga Juni 2022 beberapa hari setelah gelombang satu.

Dengan begitu tidak terjadi kerumunan yang ekstra dan berpotensi menjadi media penularan covid 19 tahun ini. Diadakannya dua gelombang ini juga memudahkan dalam mengatur peserta sehingga tidak sampai terlalu banyak tiap sesi.

2. Tidak Wajib Membawa Hasil Rapid

Ketika tahun 2020, peserta UTBK diwajibkan mengikuti rapid test untuk mengetahui apakah ada potensi membawa virus. Hasil tes harus dipastikan non reaktif atau negative untuk bisa mengikuti ujian tersebut.

Tetapi untuk tahun ini, sudah tidak wajib membawa surat hasil tes rapid yang non reaktif, peserta hanya perlu melakukan vaksin. Minimal mengikuti dua kali vaksin untuk dapat melaksanakan UTBK 2022 di ITS.

Aturan tersebut dibuat untuk mengantisipasi kekebalan tubuh masing-masing peserta, jika ada peserta sakit, tidak boleh mengikutinya. Karena sudah ada vaksin, maka tidak perlu lagi menggunakan tes rapid sebagai bukti.

3. Menggunakan 2 Sub Tes

Ketika tahun 2020 Tes Potensi Akademik tidak diikutsertakan dalam ujian karena panitia ingin mempersingkat waktu pelaksanaan. Sehingga tidak banyak menyebarkan virus covid akibat interaksi yang cukup lama di dalam ruangan.

Tetapi setelahnya uji sub tes TPA diikutsertakan kembali guna mengatur kembali jurusan dan rumpun yang selaras dengan pilihan. TPA juga memudahkan scoring dan mendapatkan hasil yang seimbang dan bisa menentukan kelulusan Anda.

4. Durasi Pengerjaan

Pastinya durasi pengerjaan juga menjadi berbeda dengan adanya TPA kembali pada ujian SBMPTN ITS. Sayangnya tidak banyak waktu yang ditambah ketika mengerjakan ujian, karena kegiatan tetap harus berprotokol kesehatan.

Tetapi, waktu yang diberikan dinilai sudah sangat cukup untuk digunakan dalam pengerjaan soal-soal UTBK. Tiap jenis ujian memiliki waktu pengerjaan berbeda, biasanya TPS lebih cepat waktunya dibandingkan dengan TPA.

5. Materi Bahasa Inggris Terpisah

Ada tes materi bahasa Inggris yang harus dikerjakan oleh peserta SBMPTN ITS dengan berhati-hati dan lebih teliti. Soal tersebut selalu ada tapi biasanya berada menjadi satu di dalam Tes Potensi Skolastik.

Saat ini, tes bahasa Inggris dilakukan secara terpisah, yaitu setelah TPA dan sebelum TPS, berada di tengah-tengah jenis tes. Dengan begitu, skor akan lebih lengkap karena ditinjau dari berbagai aspek yang sudah diujikan secara maksimal.

Itulah beberapa hal yang berubah dari tahun ke tahun khususnya pada SBMPTN ITS 2022 kali ini, tetapi hal tersebut sangat penting. Karena menyangkut efektivitas ujian, juga bagaimana pelaksanaan aktual di dalamnya.

Baca Juga: Kupas Tuntas Fakultas atau Jurusan Paling Diminati SBMPTN ITB

Banyak yang Ingin Bergabung dengan Kampus ITS

Kampus ITS sebagai lokasi pelaksanaan SBMPTN ITS 2022 ada di Jawa Timur khususnya daerah Surabaya yang sudah terkenal. Kampus tersebut salah satu jajaran kampus Top 10 Indonesia yang tidak pernah sepi peminat.

Justru tiap tahun peminatnya semakin hari semakin bertambah, juga kampus tersebut dinilai memiliki jurusan teknik lengkap. Sehingga menjadi sekolah teknik yang digadang-gadang terbaik se Indonesia.

ITS menawarkan berbagai jurusan yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa baru Angkatan 2022 yang ingin mendaftar. Mulai dari Teknik Elektronik, Teknik Mesin, Teknik Informatika, bahkan jurusan-jurusan Manajemen pun ada.

Bangunan dan sarana lain yang ada di dalamnya juga baru dan berkualitas, sesuai dengan imaj yang dibangun di kalangan masyarakat. Kampus tersebut sangat luas hingga Anda akan lelah jika mengelilinginya dengan motor.

Kampus ini banyak diminati karena dinilai dapat menampung dengan baik potensi mahasiswa dibidang keteknikan. Tak hanya jenjang sarjana, Institut Teknologi Sepuluh Nopember juga membuka kelas bagi S2.

Anda bisa langsung melanjutkan S2 di sana tanpa memikirkan mencari kampus lain, karena kampus ITS sangat keren. Ahli pengajar di sana juga merupakan orang-orang dengan pengalaman yang mumpuni dan sudah berkecimpung sejak lama.

ITS banyak mendapat prestasi yang mengesankan karena mahasiswa di sana berpotensi dan bertalenta yang baik. Akreditasinya pun secara keseluruhan adalah unggul, serta mengembangkan jurusan agar bisa terakreditasi A.

Intinya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya adalah salah satu Institut yang berdedikasi untuk kemajuan Indonesia. Itu sebabnya masyarakat banyak melakukan Kerjasama seperti ketika pelaksanaan magang dan KKN.

Camaba akan betah berkuliah di sana karena fasilitasnya lumayan lengkap dan memberikan dorongan untuk berprestasi.

Dari hal-hal tersebut, kita bisa tahun pelaksanaan SBMPTN ITS 2022 berjalan lancar dengan berbagai keseruan di dalamnya. Semoga informasi ini bisa menjadi salah satu informasi penting untuk Anda.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x