SBMPTN

Kupas Tuntas Fakultas atau Jurusan Paling Diminati SBMPTN ITB

5 min read
Kupas Tuntas Fakultas atau Jurusan Paling Diminati SBMPTN ITB

Institut Teknologi Bandung menjadi salah satu kampus yang banyak dipilih ketika SBMPTN, ada beberapa jurusan populer SBMPTN ITB. Sebelum itu, berikut adalah beberapa hal mengenai kampus ITB yang masuk TOP 10 terbaik di Indonesia tersebut.

ITB Sebagai Kampus Favorit dan Terkenal

Institute Teknologi Bandung merupakan salah satu Universitas yang terdaftar dan dapat dipilih ketika UTBK, banyak yang memilih SBMPTN ITB. Kampus tersebut jadi salah satu kampus yang jadi favorit peserta SBMPTN di Indonesia.

Kampus ITB sangat luas dengan berbagai fasilitas yang memadahi dan sangat mendukung pembelajaran di dalamnya. ITB sebagai perguruan tinggi negeri berkomitmen untuk aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Pepohonan di dalam kampus juga sangat rindang dan menambah kesegaran serta ketenangan saat berkuliah, tidak gersang. Membuat mahasiswa lebih fokus ketika belajar dan melakukan aktivitas di dalam area kampus secara nyaman.

Kampus ITB termasuk ke dalam jajaran kampus ternama di Indonesia dengan jumlah peminat yang luar biasa ketika musim pendaftaran. Salah satu alasannya karena akreditasi serta tampilan kampusnya yang memang bagus dan berkualitas.

Dalam visi misinya, ITB memiliki misi untuk menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahua, teknologi, seni dan kemanusiaan. Selain itu juga menghasilkan sumber daya insani yang unggul untuk menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik.

Banyak harapan dan kerja keras yang telah dilakukan oleh kampus ini, sehingga patut diacungi jempol keberhasilannya. Lulusan-lulusan dari ITB banyak sekali yang saat ini menjadi orang yang sukses juga berkontribusi untuk Indonesia.

Hal tersebut karena ITB berhasil meluluskan orang-orang hebat sesuai dengan misinya tadi, tak heran banyak yang mengidolakan masuk ITB. Meski begitu, ada beberapa jurusan yang sangat digandrungi untuk dipilih ketika SBMPTN tiba.

Jurusan serta fakultas yang sering dipilih pada pelaksanaan SBMPTN ITB adalah beberapa fakultas yang terakreditasi baik. Juga memang termasuk jurusan paling populer di dalam Institut Teknologi Bandung yang bagus pula.

Fakultas Favorit SBMPTN ITB

Dari banyaknya fakultas dan jurusan yang ada, banyak dari calon mahasiswa jalur SBMPTN ITB yang memilih fakultas atau jurusan di bawah. Berikut adalah beberapa contoh fakultas apa saja yang memiliki persainga yang ketat ketika SBMPTN.

1. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Di dalam fakultas tersebut ada empat jurusan yang disediakan, mulai dari Teknik Geofisika, Teknik Metalurgi. Juga dua teknik lain seperti Teknik Perminyakan dan Teknik Pertambangan yang ramai peminat.

Tahun lalu, pendaftar jalur SBMPTN mencapai sekitar 1.781 pendaftar dan menjadi fakultas paling ramai pendaftar. Untuk tahun ini, daya tamping yang disediakan dari ITB mencapai 125 mahasiswa saja untuk keseluruhan.

2. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara memiliki beberapa jurusan yang sering menjadi pilihan ketika SBMPTN ITB mulai. Misalnya Teknik Dirgantara (AE), Teknik Material (MT), juga Teknik Mesin (MS) pada program S1.

Pada tahun 2021, peminat pada fakultas tersebut mencapai 1.282 pendaftar di mana hal tersebut merupakan jumlah fantastis. Sedangkan untuk tahun 2022, daya tamping yang dibuka pihak kampus sekitar 107 mahasiswa saja.

3. Arsitektur, Perencanaa, dan Pengembangan Kebijakan

Jurusan-jurusan di dalamnya cocok untuk Anda yang menyukai mata pelajaran yang berhubungan dengan desain dan geografi. Ada dua jurusan yang bisa dipilih yaitu Arsitektur dan Perencanaan Wilayah dan Kota.

Keduanya sama-sama jurusan yang tak pernah sepi peminat, hingga tahun lalu peminat yang memilih prodi tersebut sekitar 1.265 orang. Tahun ini daya tampungnya hanya sekitar 64 mahasiswa saja yang bisa masuk dan diterima di dalamnya.

4. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan

Sudah tidak asing lagi fakultas serta jurusan satu ini karena ada banyak orang yang menyukai dan mendambakannya. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan adalah salah satu fakultas favorit yang sering diserbu pendaftar.

Jurusan ini menghadirkan beberapa pilihan program studi mulai dari Rekayasa Infrastruktur Lingungan (IL) juga Teknik Sipil. Tak hanya itu, ada Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, Teknik Kelautan, juga Teknik Lingkungan (TL).

Daya tampung untuk tahun ini sekitar 123 mahasiswa saja yang bisa diterima, dengan peminat pada tahun lalu 1.235. Hal ini membuktikan ketatnya persaingan antara pendaftar pada program studi di fakultas tersebut.

5. Fakultas Teknologi Industri

Tahun lalu, peminat Fakultas Teknologi Industri ada sekitar 1.207 pendaftar dengan daya tamping tahun ini 121. Fakultas tersebut ada di Kampus Ganesa, dengan keunggulan, sarana dan prasana yang tetap bagus.

Ada enam program studi yang bisa dipilih untuk Anda mahasiswa baru jalur SBMPTN ITB yang ingin berkuliah. Mulai dari Manajemen Rekaya Industri, Teknik Bioenergi dan Kemurgian, Teknik Fisika, dan Tekik Industri.

Tak bisa terlewat, ada Teknik Kimia juga Teknik Pangan yang memang tidak pernah kekurangan peminat tiap tahun. Teknik Pangan jadi jurusan yang juga paling banyak dipilih karena bagus dan berkualitas baik.

Itulah hal-hal mengenai jurusan dan fakultas yang sering dipilih di SBMPTN ITB dengan daya tampung terbaru tahun 2022. Hal tersebut bisa jadi informasi dan perencanaan Anda ke depannya untuk memilih program studi tersebut.

Baca Juga: Mahasiswa D3, S1 dan S2 Bisa Daftar di Program Beasiswa Lazismu

Aktivitas Mahasiswa dan Civitas Akademika

Ada banyak aktivitas yang bisa dirasakan calon mahasiswa baru jalur SBMPTN ITB ketika sudah dipastikan masuk. Kegiatan-kegiatan tersebut dibuat untuk menampung minat dan bakat mahasiswa di dalamnya.

Ada berbagai macam unit kegiatan yang bisa dipilih sesuai minat dan passion mahasiswa di sana dengan berbagai keseruan. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya difasilitasi dengan baik dan sangat didukung untuk semakin maju.

Ada pula himpunan di tiap program studi atau jurusan yang bisa memberikan pengalaman berorganisasi yang baik. Tiap himpunan memiliki program kerja yang bisa menghasilkan pengalaman yang baik.

Banyak pula organisasi-organisasi lain yang membawa dampak positif apalagi pada soft skill camaba SBMPTN ITB. Tak heran, ITB sering sekali memenangkan kompetisi bergengsi diberbagai bidang yang diikuti.

Bukan hanya menang, tetapi juga menjadi tuan rumah untuk acara-acara besar yang meriah dan selalu tersorot. Hal tersebut pastinya menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa ITB dan lainnya.

ITB memiliki bus ber ac sendiri yang bisa digunakan oleh mahasiswanya secara gratis untuk mahasiswa ITB Ganesha ke Jatinangor. Tentunya fasilitas tersebut adalah sebuah keuntungan yang sangat mempermudah kegiatan mahasiswa.

ITB juga memiliki asrama yang diperuntukan bagi mahasiswa baru serta penerima beasiswa dari ITB. Tiap asrama sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan mempermudah kehidupan mahasiswa di sana.

ITB juga memiliki sarana olahraga yang bagus untuk menunjang aktivitas mahasiswa yang terlibat dalam tim. Sarana tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik demi menjaga tubuh untuk berbagai kompetisi.

Dari sana, camaba SBMPTN ITB pasti paham mengapa banyak sekali yang melirik dan mendaftar di sana. Anda semakin tertarik kah untuk daftar ke kampus ITB karena fasilitas dan cara belajarnya? Selalu pantau saja info penting di situs resminya, https://www.itb.ac.id/fasilitas.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x