INFORMASI

Kuliah di Luar Negeri Tanpa Biaya? Beasiswa S1 Inggris 2022 Solusinya

5 min read
Kuliah di Luar Negeri Tanpa Biaya? Beasiswa S1 Inggris 2022 Solusinya

Siapa yang tidak tertarik mendapat kesempatan kuliah gratis dengan beasiswa S1 Inggris 2022 dan diberi tunjangan sepenuhnya? Terlebih, kampus tujuan dari penyelenggara beasiswanya merupakan universitas-universitas terkemuka.

Sebagaimana diketahui, akreditasi atau kesohoran nama tempat mengenyam pendidikan sering kali dijadikan acuan ketika mengajukan lamaran. Namun, kurangnya biaya kerap menjadi alasan kuliah di mana saja, yang penting ilmunya.

Stop over thinking, beberapa beasiswa S1 Inggris 2022 di ulasan berikut dapat Anda perjuangkan supaya bisa kuliah tanpa biaya.

Sekilas Negara Inggris

Punya mimpi berkuliah di negara dengan Ibu Kota London, sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal menarik tentang negara ini dulu. Merupakan negara kesatuan atau konstituen Britania Raya, Inggris hingga saat ini dipimpin oleh seorang ratu, yakni Ratu Elizabeth II.

Selain itu, tanah kelahiran seorang novelis ternama J.K Rowling ini juga terkenal dengan universitas dan lulusan terbaiknya. Tidak sedikit ilmuwan sains dan matematika merupakan alumni kampus-kampus yang pernah dijadikan lokasi syuting film Harry Potter itu.

Di antaranya, Stephen Hawking dan Sir Isaac Newton yang pernah mengambil studi di Universitas Cambridge dan Oxford University. Kini, universitas-universitas tersebut banyak bekerja sama dengan perusahaan internasional dan membuka program beasiswa, seperti Jardine Foundation yang telah berdiri sejak 1982.

3 Beasiswa S1 Inggris 2022 yang Menawarkan Kuliah Gratis

Dari wisata hingga kisah kerajaan yang tak pernah bosan untuk dilirik, kemajuan pendidikan pun menjadi magnet The Black Country. Calon mahasiswa internasional berbondong-bondong mendatangi negara dengan ikon Big Ben ini untuk mendapatkan wawasan terbaik, selengkapnya di bawah ini!

1. Beasiswa S1 Inggris 2022 Jardine Foundation Scholarship

Sebagaimana disinggung sebelumnya, Jardine Foundation adalah salah satu penyedia beasiswa dengan universitas tujuan Cambridge University dan Oxford University. Berada di bawah naungan Jardine Matheson Group, tunjangan fully funded yang diberikan perusahaan ini telah membantu ratusan pelajar internasional.

Sebagai informasi, beasiswa ini ditujukan kepada siswa-siswi terbaik di kawasan operasional perusahaan. Seperti Malaysia, Thailand, Filipina, China, Taiwan, Singapura, dan Indonesia.

Makna terbaik yang dimaksud penyelenggara ini tidak hanya terpusat pada prestasi akademik. Namun, siswa berjiwa leadership, peka terhadap situasi, serta banyak mengambil peran di organisasi masyarakat menjadi sasaran beasiswa ini.

Meski tidak disebutkan secara pasti tunjangan yang diberikan beasiswa Jardine Foundation per bulannya, cakupan yang bisa didapat terbilang lengkap. Pasalnya, ini merupakan beasiswa penuh sehingga semua kebutuhan ditanggung perusahaan.

Di antaranya, biaya kuliah, buku-buku dan perlengkapan selama masa studi, tunjangan akomodasi per tahun, bantuan biaya kesehatan, dan lain-lain. Selain itu, tiket perjalanan ke Hongkong untuk wawancara, biaya IHS, hingga tiket Indonesia–United Kingdom ditunjang penyelenggara.

Jika tertarik dengan beasiswa S1 Inggris 2022 dari Jardine Foundation, siswa harus memenuhi persyaratan yang menjadi kebijakan universitas tujuan. Salah satunya adalah memiliki nilai TOEFL IBT 110 atau IELTS 7.5 untuk Universitas Cambridge.

Sementara itu, jika kampus tujuan adalah Universitas Oxford, siswa wajib mengantongi nilai IELTS 7.0 atau TOEFL IBT 100.  Selain jenis tes kemampuan bahasa Inggris sebelumnya, calon mahasiswa juga bisa menggunakan lampiran CAE/CPE dengan nilai minimal 185.

2. Beasiswa University of Westminster

Tawaran beasiswa selanjutnya diberikan oleh salah satu universitas di kawasan distrik Kota London. Beasiswa S1 Inggris 2022 yang diberikan oleh Universitas Westminster merupakan fully funded scholarship seperti Jardine Foundation.

Dikenal dengan sebutan Westminster Undergraduate Full Scholarship, beasiswa ini menyasar para siswa terbaik yang berasal dari negara berkembang. Sebagaimana tunjangan penuh beasiswa lainnya, Westminster University juga memberikan bantuan berupa uang saku bulanan, biaya kuliah, dan tempat tinggal.

Selain itu, biaya tiket pesawat sebelum dan setelah masa studi juga ditanggung universitas ini. Lain dengan Beasiswa Jardine, beasiswa ini seratus persen menyasar pada orang-orang yang butuh dukungan materi untuk studinya.

Siswa dengan prestasi terbaik, dan memiliki potensi yang bisa dikembangkan adalah ketentuan kriteria pelamar beasiswa ini. Sebagai informasi, nominal beasiswa ini pun tidak disebutkan secara jelas.

Namun, disebutkan bahwa Beasiswa University of Westminster akan menaikkan jumlah tunjangan setiap tahunnya pada penerima beasiswa yang menunjukkan perkembangannya. Penting diketahui, sebelum mengajukan beasiswa, siswa diminta mendaftar terlebih dahulu di portal registrasi Universitas Westminster.

Jika sudah, baru bisa mengajukan beasiswa dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagaimana melamar bantuan kuliah lainnya. Mulai dari transkrip nilai, ijazah, motivation letter, surat referensi, dan lain-lain. Semua berkas wajib diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh Penerjemah Tersumpah.

3. GREAT Scholarships

GREAT Scholarship merupakan program beasiswa yang banyak dikenal sebagai penyedia bantuan kuliah magister atau pascasarjana. Namun, selain tunjangan untuk mahasiswa S2, penyelenggara bantuan studi ini juga membuka peluang untuk calon mahasiswa S1.

Sebagai informasi, beasiswa S1 Inggris 2022 dari GREAT Scholarship adalah bentuk apresiasi dari British Council khusus untuk siswa Indonesia. Menarik, bukan?

Saat ini, terdapat enam universitas yang bekerja sama dengan penyedia bantuan biaya kuliah ini. Di antaranya, Liverpool John Mores University, University of Dundee, University of Leeds, dan University of Hull.

Selain itu, terdapat Queen’s University Belfast yang telah berdiri sejak tahun 1845 dan merupakan universitas tertua ke-9 di Inggris. Kemudian, ada University of Bristol yang tergabung di Russel Group Institution dan peraih gelar kampus terbaik ke-20 di UK.

Tiap-tiap kampus memberikan tunjangan dengan nominal yang berbeda, tergantung pada kebijakan masing-masing. Anda bisa mengunjungi laman resminya untuk menemukan informasi lebih detail.

Alasan Kenapa Harus Memilih Inggris untuk Kuliah

Dari banyaknya alasan kenapa harus universitas di Inggris, satu yang paling kuat adalah reputasi akademik terbaik. Di samping beasiswa S1 Inggris 2022 yang diberikan, alasan Inggris menjadi pilihan lokasi studi tertinggi juga dikarenakan biayanya kuliahnya.

Dibandingkan dengan kuliah di negara maju lain seperti Amerika, biaya kuliah di negara ini terbilang lebih rendah. Selain itu, gelar dari universitas yang diakui global, membuat United Kingdom pantas menjadi tujuan lokasi kuliah.

Kemudian, tawaran berupa bantuan kuliah, seperti halnya beasiswa S1 Inggris 2022 juga menjadi sumber minat calon mahasiswa. Kalau bisa kuliah secara gratis di universitas terkemuka, kenapa tidak? Semoga ulasan mengenai beasiswa S1 Inggris 2022 di atas bermanfaat dan menjadi motivasi supaya Anda lebih giat belajar.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
reyhan
1 month ago

terimakasih infonya keren

Related Posts

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x