INFORMASI

Hadir Sebagai CSR, Beasiswa BCA Dibuka untuk 2 Program Menarik

5 min read
Hadir Sebagai CSR, Beasiswa BCA Dibuka untuk 2 Program Menarik

CSR adalah Corporate Social Responsibility, dimana dalam hal ini bank BCA memberikan program beasiswa BCA untuk calon mahasiswa. Beasiswa yang dikelola oleh bank BCA dipergunakan sebagai bantuan pendidikan bagi calon mahasiswa berprestasi.

Dua Program Beasiswa BCA

Jadi, program Beasiswa BCA ini hadir untuk dua program studi yaitu Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP). Lalu untuk satu program studi lain yaitu Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI). Anda bisa mengeceknya melalui laman https://karir.bca.co.id/beasiswa-bca.

Program tersebut diselenggarakan oleh BCA demi mengembangkan potensi akademik calon mahasiswa dibidang tersebut. Karena diselenggarakan oleh BCA, korporasi tersebut bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pemberian materi pelajaran.

Hal tersebut diperlihatkan dari cakupan yang didapatkan oleh lulusan SMA, SMK, MA sederajat yaitu buku pelajaran dan laptop. Laptop ini diberikan kepada awardee yang mengambil Program Pendidikan Teknik Informatika.

Program Pendidikan Teknik Informatika akan dilaksanakan selama 30 bulan yang ditujukan bagi lulusan dari jurusan IPA atau teknik informatika. Pendaftar berprestasi pastinya akan mendapat nilai plus ketika mendaftar karena beasiswa ini merupakan beasiswa prestasi.

Kegiatan ‘perkuliahan’ ini tidak hanya dilakukan di kelas, tetapi juga ada program on the job training di unit kerja BCA. Yang nantinya akan memberikan pelatihan soft skill seperti leadership, kerja tim, pembentukan karakter, serta money management.

Untuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan juga dilakukan pada masa yang sama yaitu 30 bulan untuk lulusan dari berbagai jurusan. Poin utamanya adalah memiliki minat dan passion di bidang bisnis dan perbankan, juga memiliki prestasi.

Peserta PPBP juga wajib mengikuti training kerja yang akan dilakukan di unit kerja BCA untuk mendapatkan pembekalang soft skill. Program ini tidak memiliki bentuk ikatan dinas apapun dengan pihak manapun, tetapi berkesempatan bekerja di BCA.

Jika berkenan, Anda bisa mencoba membaca kualifikasi yang harus dipenuhi sebagai syarat pendaftaran beasiswa ini.

Kualifikasi Pendaftar

Karena sekali lagi, beasiswa BCA ini merupakan beasiswa prestasi maka ada beberapa persyaratan khusus yang harus ditaati. Simak beberapa kualifikasi untuk beasiswa tersebut agar tidak ada kekeliruan saat mendaftar.

Warga Negara Indonesia

Program ini khusus diberikan kepada warga negara Indonesia dibuktikan dengan berkas-berkas pendukung. Seperti Kartu Tanda Penduduk, Passport, ataupun Kartu Keluarga Indonesia.

1. Siswa kelas 12 atau Lulusan SMA/SMK

Beasiswa BCA ini diperuntukan bagi Anda yang baru saja lulus dan bingung ingin melanjutkan pendidikan kemana. Dengan bantuan pendidikan ini, Anda dapat melanjutkan pendidikan dan mendapat bekal soft skill secara gratis.

2. Usia Maksimal 19 Tahun Saat Mendaftar

Untuk itu, ada batas usia maksimal yang boleh mendaftar bada beasiswa BCA ini, yaitu berusia 19 tahun ketika mendaftar. Karena program ini menjaring lulusan-lulusan baru yang sedang memikirkan pendidikan selanjutnya.

3. Rata-Rata Nilai Raport 7.5

Untuk siswa SMA/Ma rata-rata nilai rapor adalah 7.5, terutama pada pelajaran matematika dan 7.5 bagi nilai produktif SMK. Untuk PPTI juga sama, 7.5 tetapi khusus untuk jurusan IPA di SMA saja, bagi lulusan SMK bisa mendaftar pada PPBP.

4. Tidak Pernah Tinggal Kelas

Karena beasiswa BCA adalah beasiswa berprestasi, kualitas pendidikan dan pemahaman juga ikut diseleksi. Dibuktikan dengan tidak pernah tinggal kelas dari SD hingga SMA sekalipun tanpa terkecuali.

Hal tersebut membuktikan keaktifan dan kecerdasan calon pendaftar terhadap materi dan lingkungan sekolah. Sehingga lebih mudah melakukan seleksi untuk calon pendaftar yang berprestasi nantinya.

5. Tidak Terlibat Pelanggaran Hukum

Pendaftar tidak terlibat pada pelanggaran hukum seperti pembunuhan, pencurian, pembullyan, maupun narkoba. Bersih dari riwayat tindak kriminal apapun, yang terbukti memiliki riwayat, akan langsung didiskualifikasi.

Dari kualifikasi khusus di atas, Beasiswa BCA termasuk memiliki kualifikasi yang mudah dan bisa menjadi kesempatan Anda. Banyak sekali anak muda yang ingin segera terjun ke dunia kerja, sehinggga beasiswa ini akan cocok.

Baca Juga: Alur Tes Kesehatan Mahasiswa Jalur SBMPTN Fakultas Kedokteran

Mendapat Banyak Kemudahan dengan Beasiswa BCA

Beasiswa BCA ini tidak hanya memberikan pelatihan soft skill secara gratis, tetapi lebih dari itu juga menunjang berbagai hal. Misalnya, peserta akan mendapatkan uang saku setiap bulan, serta bebas biaya pendidikan dalam bentuk apapun.

Peserta akan diberikan laptop, khusus untuk Program Pendidikan Teknik Informatika yang memang membutuhkan alat tersebut. Tak hanya itu, disetiap kesempatan pendaftar yang mendapat beasiswa akan disediakan dormitory, shuttle bus, dan makan siang.

Lebih dari itu, penerima memiliki kesempatan untuk magang dan mendapat penawaran kerja di kantor BCA. Disediakan pula cakupan seperti buku-buku materi yang akan digunakan selama proses kegiatan belajar berlangsung.

Kegiatan tersebut dilakukan salaam 2,5 tahun atau tiga puluh bulan yang terdiri dari banyak kegiatan mulai dari pembelajaran hingga training. Bertempat di BCA learning institute di Bogor, dari hari Senin hingga Jumat pada jam kerja.

Tentunya, dengan berbagai kemudahan itu, diharapkan Anda dapat memberikan kontribusi nyata khususnya kepada BCA. Dengan cara mendapat nilai yang baik dan memiliki prestasi dibidang pilihan Anda nantinya.

Selain itu, pelatihan soft skill yang dilakukan juga banyak macamnya untuk menunjang skill dan passion Anda lebih baik. Misalnya pelatihan kepemimpinan yang bagus untuk lingkungan kerja nantinya.

Ada pula pembentukan karakter sebagai seorang pekerja dan masyarakat yang baik, berperilaku sopan serta beretika. Lalu untuk selanjutnya ada pula pelatihan bagaimana cara membuat rancangan keuangan mulai dari perencanaan hingga pembukuan.

Yang paling penting, ada pula pelatihan untuk mengembangkan skill kerja tim yang sangat berguna di dunia kerja. Hal-hal tersebut diberikan secara gratis selama Anda menjalani program ini bersama Bank BCA.

Tahapan Seleksi Oleh Bank BCA

Dalam proses seleksi, Beasiswa BCA memiliki beberapa tahapan yang akan dilewati setelah memutuskan untuk mendaftar. Tahapan seleksi ini dimulai dari seleksi administratif berupa berkas-berkas yang telah ditentukan sejak awal.

Jika Anda sudah berhasil melengkapi berkas dan melewati seleksi administratif tersebut, akan dilanjutkan dengan tes. Tes yang dimaksud adalah sebuah tes pengetahuan yang dilaksanakan secara daring, untuk mencegah gejolak COVID-19.

Selanjutnya, akan dilakukan tes psikologi untuk lebih memahami karakter serta hal-hal lain yang menunjang beasiswa tersebut. Tes ini dilakukan setelah tes pengetahuan, dan menjadi tes terakhir sebelum wawancara.

Beralih ke wawancara, peserta yang lanjut ke tahap ini akan mengalami tiga tahapan wawancara dari mulai pertama hingga terakhir. Wawancara dilakukan untuk menyeleksi siapa saja siswa yang berhak mendapat beasiswa dari BCA ini.

Jika hingga wawancara ketiga Anda berhasil melewatinya dengan baik, Anda akan diberi tahu untuk mengikuti tes lanjutan. Tes terakhir ini berupa tes kesehatan yang menjadi pelengkap dokumen dan penanda seleksi sudah sampai tahap akhir.

Selanjutnya menunggu pengumuman siapa penerima beasiswa BCA yang akan mengikuti kegiatan selama 30 bulan bersama. Beasiswa ini pastinya sangat menarik karena memberikan value program yang bagus dan responsible.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x