SBMPTN

Ikuti Jalur SBMPTN Hukum UGM dengan Lulusan Berilmu Mumpuni

5 min read
Ikuti Jalur SBMPTN Hukum UGM dengan Lulusan Berilmu Mumpuni

SBMPTN Hukum UGM adalah salah satu program studi yang juga menjadi favorit ketika memilih jurusan di SBMPTN. Pasalnya, selain kampus yang sudah terkenal, memang program studi Hukumnya terkenal bagus dan berkualitas.

Ilmu Hukum, Salah Satu Prodi Tertua di UGM

Camaba SBMPTN Hukum UGM harus tahu tentang sebuah adagium yang kental dengan anak hukum yaitu, Fiat Justitia Ruat Coelum. Yang mana artinya adalah sekalipun besok langit akan runtuh, hukum harus tetap ditegakkan.

Salah satu cara untuk berkontribusi dalam penegakan hukum adalah dengan mempelajarinya lebih dalam dan tajam lagi. Maka itu, ada banyak sekali camaba Ilmu Hukum yang siap belajar mengenai hukum dan segala hal yang berkaitan.

Ilmu Hukum UGM masuk ke dalam Fakultas Hukum UGM yang memiliki beberapa program studi baik pada pendidikan S1 maupun selanjutnya. Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada sendiri merupakan fakultas pertama yang didirikan Universitas Nasional.

Fakultas tersebut tentunya sudah banyak melahirkan orang-orang hebat yang saat ini sedang memimpin Indonesia lebih maju. Ilmu Hukum UGM memiliki berbagai misi yang terus menerus dicapai sebagai bentuk responsibilas penyelenggara pendidikan.

Sebagai calon mahasiswa SBMPTN Hukum UGM, Anda harus mengetahui apa saja misi yang selama ini dijalankan oleh program studi tersebut. Yang pertama adalah menyelenggarakan pendidikan hukum yang unggul serta bertaraf internasional.

Masih dalam misi pertama selanjutnya adalah mengembangkan ilmu hukum secara berkelanjutan sehingga semakin visioner. Misi ke dua adalah menyelenggarakan penelitian ilmu hukum yang membawa manfaat bagi masyarakat luas.

Kemudian menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran hukum di masyarakat. Lalu menjalin berbagai kerja sama, menggandeng lembaga-lembaga nasional maupun internasional yang relevan.

Hal-hal tersebut menunjukkan dedikasi seperti apa yang ingin diwujudkan oleh program studi tersebut di dalam Ilmu Hukum. Yang mana menjadi fokus dalam tiap langkah pendidikan yang dilakukan dari dulu hingga saat ini.

Capaian Pembelajaran dalam Ilmu Hukum UGM

Ketika berkuliah, camaba SBMPTN Hukum UGM harus tahu bahwa ada capaian belajar yang harus dituntaskan oleh mahasiswa. Capaian belajar ilmu hukum UGM memiliki beberapa poin yang bisa disimak di bawah ini.

1. Mampu Memahami Nilai Pancasila

Capaian pertama yang harus dikuasai camaba SBMPTN Hukum UGM adalah kemampuan memahami, menginternalisasi dan melaksanakan nilai Pancasila. Maksudnya, Anda dapat memahami nilai-nilai Pancasila dan bertanggung jawab dalam etika profesi hukum.

Harapannya, Anda dapat memiliki integritas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang baik. Sehingga nilai-nilai Pancasila tidak akan luntur dalam kehidupan Anda sebagai mahasiswa Ilmu Hukum.

2. Menguasai Asas dan Segala Norma Hukum

Sebenarnya menguasai hal berbau hukum memang wajib dicapai oleh mahasiswa Ilmu Hukum sebagai sebuah pencapaian pendidikan. Menguasai asas, teori, doktrin, dan norma hukum nasional maupun internasional.

Salah satu pencapaian wajib yang harus dimiliki setidaknya pada pengetahuan dasar sebagai bekal di masa depan.

3. Menguasai Isu Permasalahan Hukum

Orang hukum harus mengerti apa permasalahan hukum yang sedang dibahas, mengerti isu hukum lingkup nasional maupun global. Apalagi isu dan permasalahan hukum kontemporer yang ada di masyarakat saat ini.

4. Mengaplikasikan dan Menerapkan Ilmunya

Mengaplikasikan serta menerapkan ilmu hukum berkeadilan melalui kajian terhadap masalah hukum yang terjadi. Hal tersebut berhubungan dengan berbagai mata kuliah yang selama ini dijalani mahasiswa.

Maka itu mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan melalui analisis terhadap masalah hukum yang berkembang. Baik itu di dalam lingkup masyarakat lokal, nasional, maupun global secara responsible dan bermutu.

5. Memanfaatkan Ilmu Pengetahuan

Anda akan banyak melakukan riset atau penelitian dimana, Anda harus dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan dengan sebaik-baiknya. Supaya dapat melakukan riset di bidang hukum secara mono untuk berbagai hal.

Misalnya untuk merancang dokumen hukum yang menjunjung setinggi-tingginya etika dalam profesi hukum itu sendiri.

6. Menerapkan Pikiran Logis Diberbagai Konteks

Salah satu hal yang dicapai adalah mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam ilmu pengetahuan. Yang tetap memperhatikan dan menerapkan ilmu hukum, sesuai dengan bidang keahlian dan passion masing-masing.

7. Mampu Mengambil Keputusan Tepat

Mampu mengambil keputusan secara tepat ketika dihadapkan untuk menyelesaikan permasalahan di bidang hukum. Yang hal tersebut berdasarkan hasil analisis informasi serta data yang sudah diperoleh sebelumnya.

8. Mampu Berkontribusi dalam Ilmu Pengetahuan

Diharapkan, mahasiswa dapat beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi serta melakukan inovasi dalam bidang ilmu hukum. Dalam penerapan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta menjadi warga dunia berwawasan global.

Dibarengi dengan pengetahuan hukum yang cukup tinggi sehingga membantu dalam menganalisis masalah. Supaya  jejak yang dipijak tidak membuat hal-hal negative yang bertentangan dengan hukum yang ada.

Setelah mengetahui capaian yang diharapkan, camaba SBMPTN Hukum UGM pasti lebih mudah memahami apa yang harus dilakukan nanti. Karena ketika berkuliah, sudah mengetahui hal apa yang harus dilakukan untuk mencapai ke delapan poin tadi.

Baca Juga: Mengenal Beasiswa OSC (Online Scholarship Competition)

Tokoh Indonesia Alumni Ilmu Hukum

Banyak dari camaba SBMPTN Hukum UGM yang juga mengetahui bahwa lulusan Ilmu Hukum UGM tak sedikit yang jadi orang sukses. Sederet tokoh ternama Indonesia ini adalah alumni dari Fakultas Hukum, khususnya Ilmu Hukum.

Mulai dari Sri Sultan Hamengkubuwono ke 10 yang ternyata lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Juga mantan rektor UGM sendiri yang bernama Koesnadi Hardjasumantri, ketua Ombudsman Pertama, Antonius Sujata.

Tak sampai di sana, ada Edward Omar Sharif Hiariej yang menjabat sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM 2020-2024. Kemudian ada Ganjar Pranowo yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah hingga nanti tahun 2023.

Banyak sekali tokoh penting yang lahir dan menjadi alumni fakultas hukum, yang namanya sudah tidak asing bagi camaba SBMPTN Hukum UGM. Ada pula Mahfud MD yang tak usah dijelaskan jabatannya, pasti sudah banyak yang mengenalnya.

Kemudian mantan hakim Mahkamah Konstitusi Ri yang terkenal tegas, Abdul Mukhtie Fadjar dan juga Putu Wijaya seorang sutradara dan penulis. Tokoh-tokoh di atas lahir atas kecintaannya terhadap apa yang dijalani dan dipilih.

Kebetulan mereka semua memilih masuk dan berkembang melalui Fakultas Hukum di UGM hingga berhasil menjadi seseorang yang penting. Memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat luas di berbagai bidang yang dikuasai.

Camaba SBMPTN Hukum UGM harus melihat bagaimana orang-orang tersebut berjuang dalam pendidikan agar lebih termotivasi. Supaya, dapat bersemangat menjalani SBMPTN sehingga bisa lolos dan menjadi bagian Ilmu Hukum UGM.

Tokoh-tokoh di atas berhasil mencapai capaian belajar dan misi Ilmu Hukum yang ada di Universitas Gadjah Mada dengan baik. Membantu kemajuan ilmu pengetahuan dari segala aspek sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Hal-hal mengenai Ilmu Hukum yang wajib diketahui oleh camaba SBMPTN Hukum UGM sudah dijabarkan. Semangat untuk melaksanakan UTBK harus semakin membara demi cita-cita. Lebih lanjut, Anda bisa mengakses info tentang prodi ini di https://law.ugm.ac.id/sarjana-s1-regular/ .


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x