INFORMASI

Incaran Banyak Alumni S1: Beasiswa S2 Bidikmisi Hingga ke Luar Negeri

5 min read
Incaran Banyak Alumni S1: Beasiswa S2 Bidikmisi Hingga ke Luar Negeri

Beasiswa S2 Bidikmisi merupakan salah satu beasiswa yang banyak diincar oleh kalangan muda, lulusan strata 1 dan alumni Bidikmisi. Terlebih lagi bagi yang ingin meneruskan pendidikan namun masih terkendala biaya.

Berikut ini adalah beberapa informasi penting seputar beasiswa untuk masyarakat kurang mampu yang berprestasi. Tak hanya untuk S1, sekarang juga ada beasiswa yang diperuntukkan bagi lulusan alumni Bidikmisi ketika strata 1, yang ingin melanjutkan ke S2.

 Tak tanggung-tanggung, peluang ini juga memberikan kesempatan untuk berkuliah di luar negeri. Bahkan kesempatan untuk bisa mengembangkan diri lebih banyak lagi, atau mendapat pekerjaan di luar negeri apabila sudah selesai studi di negara tersebut.

Pengertian Beasiswa S2 Bidikmisi

Beasiswa S2 Bidikmisi merupakan salah satu program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah guna melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pendidikan S2 ini bisa di ambil di dalam negeri maupun di luar negeri.

Namun meskipun secara keseluruhan sudah ditanggung oleh pemerintah, tetap saja masih ada ketentuan-ketentuan yang harus ditaati saat berkuliah. Seperti contohnya hanya diberikan beasiswa selama 24 bulan. Yang artinya jika masa pendidikan lebih dari 24 bulan maka akan dikenakan sanksi tersendiri. Selain itu juga harus tetap mempertahankan IPK dengan minimal 3.

Beasiswa ini ditujukan pada mereka-mereka yang ingin terus melanjutkan pendidikan namun terkendala dengan biaya. Maka Anda bisa mengajukan beasiswa Bidikmisi ini dengan memenuhi semua persyaratannya.

Nantinya jika Anda telah mendaftar sebagai penerima Bidikmisi, maka selanjutnya akan ada tes yang juga harus diikuti. Tes ini guna menyeleksi siapa yang benar-benar pantas untuk menerima beasiswa tersebut.

Karena saat ini marak sekali orang yang telah menyalahgunakan Bidikmisi ini. Sehingga bagi mereka-mereka yang benar-benar membutuhkan menjadi tidak lolos.

Syarat-Syarat Beasiswa S2 Bidikmisi

Bidikmisi tidak semudah yang dipikirkan atau dibayangkan. Anda harus benar-benar serius jika ingin menerima program Bidikmisi dari pemerintah ini. Berikut ini bisa Anda ketahui beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan Bidikmisi:

1. Merupakan Seorang Warga Negara Indonesia (WNI)

Hal yang paling utama dan yang paling penting adalah kewarganegaraan. Karena Bidikmisi ini hanya diperuntukan bagi warga negara Indonesia.

Sehingga jika ada mahasiswa yang berasal dari luar negeri maka tentunya tidak berhak menerima program Bidikmisi dari pemerintah. Hal ini bisa dibuktikan dengan pengecekan dokumen-dokumen kenegaraan. Seperti halnya KTP, Akte kelahiran hingga kartu keluarga.

2. Sudah Berhasil Menyelesaikan Jenjang S1

Tentunya jika Anda ingin melanjutkan ke jenjang S2 harus sudah menamatkan jenjang S1 terlebih dahulu. Jika telah menyelesaikan jenjang S1 maka Anda bisa segera mendaftar Bidikmisi untuk lanjut ke jenjang S2.

Tentukan pilihan universitas yang tergabung ke dalam program Bidikmisi pemerintah. Lalu setelah itu tentukan juha jurusan sesuai dengan minat yang Anda miliki.

Jangan sampai salah dalam memilih jurusan, karena nantinya juga akan berdampak pada nilai akademik yang Anda peroleh. Nilai akademik ini juga menjadi salah satu syarat agar Anda bisa terus melanjutkan program Bidikmisi tersebut.

3. Menyertakan Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat ini tidak hanya digunakan untuk keperluan bekerja saja. Namun juga diperlukan saat ingin mendaftarkan diri ke Bidikmisi.

Hal ini akan membuktikan bahwasanya Anda sedang dalam keadaan sehat dan juga layak untuk mengikuti seleksi Bidikmisi tersebut. Karena seleksi ini memerlukan waktu yang panjang.  Sehingga selain mentan juga harus mempersiapkan fisik yang sedemikian rupa.

4. Memiliki IPK yang Sesuai Dengan Standar

Untuk dapat terpilih menjadi penerima Bidikmisi, tentunya harus dibuktikan dengan kepintaran akademis. Salah satunya adalah dengan IPK.

Dimana pada Bidikmisi ini harus memiliki syarat IPK minimal adalah 3.00. Anda pun nantinya juga harus tetap mempertahankan IPK tersebut selama berkuliah dengan menggunakan program Bidikmisi dari pemerintah.

Untuk beasiswa S2 Bidikmisi ini juga harus ditempuh dengan maksimal 24 bulan atau 2 tahun saja. Sehingga Anda yang sudah terpilih untuk menerima beasiswa tersebut bisa mempergunakannya dengan baik.  Karena tidak semua orang bisa terpilih untuk menjadi penerima Bidikmisi dari pemerintah.

5. Memilih Program Studi dan Perguruan Tinggi Sesuai Ketentuan LPDP

LPDP sendiri merupakan lembaga pengelola dana pendidikan. Beasiswa S2 Bidikmisi ini juga termasuk dalam satu programnya.

Maka dari itu jika Anda berminat mendaftarkan diri untuk menjadi penerima Bidikmisi maka juga harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku. Salah satunya adalah dengan tidak bisa sembarangan dalam memilih universiti.

Selain universitas, program pendidikan pun juga harus mengikuti ketentuan dari LPDP. Maka dari itu ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu sebelum mendaftarkan diri untuk menerima Bidikmisi.

Bisa jadi tidak ada universitas ataupun jurusan yang Anda inginkan. Selain di dalam negeri, Bidikmisi ini juga bisa digunakan bagi Anda yang ingin berkuliah di luar negeri. Salah satunya seperti di universitas Harvard ataupun Oxford.

6. Menulis Proposal Studi

Proposal studi ini hampir sama dengan skripsi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin mendaftar beasiswa S2 Bidikmisi harus mau bersusah-susah dahulu untuk membuat proposal ini.

Proposal ini nantinya juga menjadi salah satu syarat terpenting untuk mendaftar Bidikmisi.

7. Tidak Sedang Menjadi Mahasiswa On Going

Maksud dari mahasiswa on going disini adalah bagi Anda yang sedang menjalani perkuliahan dan sudah menginjak semester 2. Sehingga beasiswa S2 Bidikmisi ini memang diperuntukan bagi mereka yang benar-benar sedang memulai perkuliahan dan bukan dari tengah-tengah semester.

Baca Juga: Waspada Fenomena SBMPTN Fake, Karena Data Palsu

Update Terus Beritanya di Situs Resmi Bidikmisi

Dari penjelasan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwasanya Bidikmisi merupakan salah satu program beasiswa yang dibiayai full oleh pemerintah. Namun untuk mendapatkan beasiswa ini tidaklah mudah.

Anda juga harus mengikuti serangkaian tes dan juga memenuhi beberapa persyaratan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Maka bagi Anda yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan tidak perlu risau.

Karena saat ini sudah terbuka jalan yang lebar untuk mendapatkan, beasiswa agar lebih meringankan biaya pendidikan tersebut. Bahkan juga terdapat beasiswa yang menanggung seluruh dana pendidikan.

Bidikmisi dari pemerintah ini juga terbuka bagi Anda yang ingin berkuliah di luar negeri. Namun tetap pastikan Anda mampu untuk memenuhi persyaratan yang berlaku.

Mulai saat ini segera susun rencana universitas mana yang ingin dituju dan jurusan apa yang Anda minati. Kemudian Anda bisa memantau beasiswa Bidikmisi ini di link https://Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ agar terus dapat update informasinya. Selain itu juga terdapat informasi mengenai kapan pembukaan Bidikmisi tersebut. Sampai dengan informasi mengenai formulir hingga pengumuman siapa-siapa saja yang berhak menerima program Bidikmisi ini.

Jangan pantang menyerah dan teruslah berusaha untuk menggapai pendidikan setinggi langit. Serta jangan pernah takut untuk mencoba hal baru.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x