SBMPTN

Istilah-Istilah Penting yang Ada di Seleksi Masuk PTN 2021

5 min read
Istilah-Istilah yang Ada di Seleksi Masuk PTN 2021 yang Harus Anda Tahu

Akan ada istilah-istilah baru yang akan Anda kenal saat mengikuti seleksi masuk PTN di tahun 2021 nanti yang belum ada dari tahun sebelumnya. Beberapa istilah sudah ada sejak dulu hingga mungkin Anda sudah mengetahuinya, namun akan ada beberapa istilah tambahan yang baru ada di tahun ini.

Dengan begitu, Anda harus cari tahu se awal mungkin apa itu istilah-istilah yang baru ini dan mengetahui apa artinya. Untungnya, beberapa istilah yang sifatnya baru maupun istilah yang sudah lama ada dalam seleksi masuk PTN tahun 2021 akan dibahas di artikel ini.

Istilah-Istilah Dalam Seleksi Masuk PTN 2021

Mulai dari SSO sampai LTMPT, ada yang berbentuk singkatan juga ada yang bukan. Apapun bentuknya, berikut penjelasannya masing-masing.

1.  SSO Untuk Login Seleksi Masuk PTN

SSO merupakan singkatan dari Single Sign On, atau sebuah aksi untuk melakukan login atau masuk ke suatu sistem satu kali saja. Anda bisa masuk ke beberapa jaringan atau sistem sekaligus dengan melakukan login SSO.

Apakah nanti proses seleksi masuk PTN akan ribet sehingga telah diberikan beberapa jaringan sistem sekaligus? Bisa dijawab tidak, bisa juga iya. Namun kalau Anda sudah terbiasa, bukan jadi masalah.

2.    Akreditasi Sekolah

Istilah yang kedua adalah akreditasi sekolah. Sebenarnya juga ada akreditasi kampus, perbedaannya apa pasti sudah Anda ketahui. Akreditasi sekolah nanti mungkin menjadi info yang akan Anda cari-cari saat mempertimbangkan pilih jurusan.

Terlebih untuk seleksi masuk PTN jalur SNMPTN, takdirmu dipengaruhi akreditasi sekolah. Akreditasi sekolah merupakan penilaian yang diberikan BAN (Badan Akreditasi Nasional), nilainya ini dalam bentuk alfabet seperti A, B, atau C.

Apa hubungan akreditasi sekolah dengan takdir siswanya dalam seleksi masuk PTN?

Hanya akan berlaku untuk jalur SNMPTN saja, akreditasi akan menentukan berapa jumlah siswa di sekolah itu yang berhak mengikuti seleksi SNMPTN.

Sekolah dengan akreditasi A bisa mendaftarkan 40% siswanya untuk mengikuti SNMPTN, untuk sekolah akreditasi B hanya bisa 25% saja, sedangkan untuk akreditasi C bisa mendaftarkan 5%.

3.    Passing Grade Dalam Seleksi Masuk PTN

Berikutnya ada juga passing grade, merupakan nilai terendah yang harus dilampaui peserta seleksi masuk kuliah dalam tes yang diikuti. Istilah ini hanya berlaku untuk tes jalur SBMPTN saja.

Jika Anda bingung mencerna penjelasannya, coba simak contohnya. Misal Anda ingin kuliah di jurusan farmasi Universitas Indonesia. passing grade untuk program studi ini dan universitas tersebut adalah 65, maka saat ikut tes SBMPTN nanti nilai Anda harus lebih dari 65.

Bukan untuk menjamin diterima atau tidak, kalaupun ternyata banyak peserta yang mendapatkan nilai di atas 65, Anda tetap akan bersaing dengan mereka.

4.    UTBK

Merupakan singkatan dari Ujian Tertulis Berbasis Komputer. Wujud soalnya tetap sama dengan ujian tertulis pada umumnya, ada opsi A, B, C, D, ada soalnya, dan ciri yang lainnya, hanya saja dikerjakan dengan komputer. Soal akan ditayangkan di layar komputer dan peserta akan memilih jawaban di sana juga.

5.    NISN

NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional, ibaratnya merupakan nomor absen yang Anda miliki skala nasional atau se negara. Untuk mendaftar di LTMPT nanti, Anda akan disuruh mengisi data ini sehingga Anda harus tahu dulu apa itu NISN.

6.    NPSN

Ada NISN, juga ada NPSN, keduanya sama-sama akan ditanyakan dalam pendaftaran di akun LTMPT nanti. Jika NPSN adalah nomor induk Anda sendiri, NPSN merupakan Nomor Pokok Sekolah Nasional. Merupakan nomor sebagai identitas suatu sekolah dalam skala negara.

7.    PDSS

Ada juga PDSS dan mungkin Anda belum tahu apa itu PDSS. PDSS ini singkatan untuk Pangkalan Data Siswa dan Sekolah. ‘Pangkalan’, bisa Anda artikan sebagai platform atau sistem yang berisi data-data sekolah dan siswanya yang mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

8.    TPS

TPS, mungkin masih asing bagi Anda. Merupakan salah satu bentuk soal yang akan diujikan dalam SBMPTN. Adapun kepanjangannya adalah Tes Potensi Skolastik. Kelompok tes yang akan menjadi kompetisi kemampuan kognitif antara peserta satu dengan lainnya. Sebab dalam tes ini, logika atau penalaran akan lebih diutamakan.

9.  TKA

Selain TPS, dalam SBMPTN juga akan diujikan TKA atau Tes Kompetensi Akademik. Ada TKA saintek juga ada TKA soshum, tergantung kelompok program studi apa yang dipilih peserta.

10.  SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, tes yang diadakan serentak dalam satu negara untuk masuk ke PTN.

11.  SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, biasa disebut dengan jalur undangan. Merupakan seleksi yang dilakukan berdasarkan nilai rapor pesertanya sebagai pertimbangan.

12.  Tes Mandiri Seleksi Masuk PTN

Sama halnya dengan dua istilah sebelumnya, hanya saja tes mandiri ini yang mengadakan universitas atau perguruan tinggi. Universitas mana saja bisa mengadakan tes mandiri, termasuk universitas swasta sekalipun.

Tes mandiri ini diperuntukkan calon mahasiswa yang ingin kuliah di jurusan tertentu dalam universitas yang bersangkutan, namun tidak lolos dalam SNMPTN maupun tes SBMPTN.

13.  LTMPT

Istilah dalam seleksi masuk PTN ini menjadi istilah yang baru sekaligus istilah yang akan sering Anda temukan. Merupakan singkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dari artinya saja sudah bisa langsung dimaklumi akan sering dijumpai peserta seleksi.

Namun sayang, tidak banyak calon peserta seleksi di luar sana yang tahu apa itu LTMPT maupun kepanjangannya. Sekarang Anda sudah tahu, tidak perlu bingung-bingung lagi kedepannya.

LTMPT ini merupakan sebuah lembaga, lembaga yang punya tugas untuk menyelenggarakan tes SNMPTN maupun tes SBMPTN. Tidak untuk tes mandiri, sebab tes mandiri diadakan oleh setiap kampus.

Tak Awam Lagi Dengan Istilah Seleksi Masuk PTN Baru Maupun Lama

Empat belas istilah di atas akan sering Anda jumpai dari awal seleksi masuk PTN sampai akhir. Hingga keterima di universitas atau perguruan tinggi negeri pun, istilah-istilah di atas mungkin masih akan Anda jumpai.

Karena Anda sudah tahu apa saja itu, mulai dari yang sudah lama hingga yang asing, Anda sudah tak perlu lagi merasa bingung saat mengikuti seleksi masuk PTN nanti. 


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x