INFORMASI

Jadi Berprestasi dan Ikuti Beasiswa Bank Indonesia untuk Mahasiswa

5 min read
Jadi Berprestasi dan Ikuti Beasiswa Bank Indonesia untuk Mahasiswa

Beasiswa Bank Indonesia adalah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa dari Perguruan Tinggi terpilih yang diselenggarakan oleh BI. Mahasiswa S1 diberbagai Perguruan Tinggi bisa mendaftar program pendidikan favorit tersebut.

Beasiswa Generasi Baru Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia sering disebut dengan beasiswa GenBI, dimana nantinya pendaftar yang lolos akan disatukan dalam kelompok. Kelompok ini disebut dengan Generasi Baru Indonesia yang akan melakukan banyak kegiatan nantinya.

GenBI nanti akan banyak melakukan kegiatan yang sifatnya pendidikan serta melakukan sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia itu seperti apa. Akan ada program-program pemberdayaan ke daerah-daerah sesuai dengan kelompok penerima.

Misalnya GenBI pada daerah Riau melakukan kegiatan Library Reborn sebagai bentuk upaya peningkatan angka literasi. Mahasiswa-mahasiswa yang terpilih mendapatkan bantuan dana pendidikan, akan didorong untuk berkontribusi.

Serunya lagi, kegiatan ini dipimpin dan dijalankan oleh mahasiswa itu sendiri, sehingga nanti mereka akan turun dan mengatur sendiri. Kegiatan lain yang dilakukan GenBI salah satunya adalah pengabidan sosial misalnya distribusi air bersih.

Tak hanya distribusi air bersih, mereka juga melakukan kegiatan sosial seperti berbagi masker dan sembako kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memberikan kesempatan GenBI untuk berkegiatan positif dan terarah.

Sehingga selain mendapatkan dana bantuan berupa Beasiswa Bank Indonesia, penerima juga bisa mendapatkan insight yang lebih. Yaitu empati, simpati, dan rasa kemanusiaan yang tinggi terhadap sesama khususnya dibidang pendidikan.

Itulah mengapa banyak sekali orang yang menantikan pembukaan pendaftaran beasiswa GenBI, karena banyak sekali keuntungannya. Salah satunya memperluas relasi dan memberikan pengalaman berharga turun ke masyarakat secara langsung.

Kriteria Umum Pendaftar

Bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan untuk mendaftar Beasiswa Bank Indonesia ini, maka berikut adalah kriteria umumnya. Bisa dijadikan referensi untuk memperbaiki hal yang kurang dan memperbesar peluang lolos.

1. Mahasiswa Aktif Program S1

Beasiswa Bank Indonesia diperuntukan bagi mahasiswa aktif, tidak berada dalam status cuti akademik. aktif berkuliah dan mengambil program Sarjana dengan ketentuan program studi yang sudah dicantumkan.

2. Setidaknya Telah Menyelesaikan 40 SKS atau 3 Semester

Untuk melamar program bantuan dana dari Bank Indonesia, Anda sudah harus menyelesaikan setidaknya 40 SKS. Hal tersebut setara dengan sekitar 3 semester, sehingga Anda bisa mulai daftar di semester 4.

3. IPK Minimal 3,00 dari Skala 4

Dana pendidikan ini menargetkan mahasiswa dengan IPK minimal 3,00 paling kecil dan diharapkan tidak turun. Diharapkan, pendaftar dapat mempertahankan nilai akademiknya tetap stabil bahkan meningkat.

4. Maksimal Belum Berusia 24 Tahun Saat Menerima

Anda bisa mendaftar jika usia kurang dari 24 tahun, atau berusia 23 tahun ketika mendaftarkan diri. Anda bisa mendapatkan beasiswa ini jika usia Anda kurang dari 24 tahun ketika menerimanya beasiswanya.

5. Tidak Sedang Menerima Beasiswa Lain/Dalam Ikatan Lembaga

Pastikan tidak sedang terikat oleh beasiswa lain yang ada ketika memutuskan untuk mendaftar pada program pendidikan ini. Juga, tidak memiliki ikatan dinas dari lembaga maupun  instansi lainnya demi kelancaran proses daftar.

6. Mempunyai Pengalaman Kegiatan Sosial yang Berdampak Positif

Dengan pengalaman berorganisasi atau kegiatan sosial yang membawa dampak dan manfaat, Anda mendapat nilai plus. Sehingga disarankan untuk mencantumkan kegiatan-kegiatan positif yang sudah pernah dilakukan.

7. Bersedia Berperan Aktif, Mengelola, dan Mengembangkan GenBI

Nantinya jika menerima, Anda akan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan yang ada di kelompok GenBI. Mulai dari bakti sosial, sosialisasi, melakukan program kerja yang bermanfaat, dan lainnya.

Diutamakan Mahasiswa Dengan Keluarga Kurang Mampu

Jika Anda berasal dari keluarga dengan latar belakang kurang mampu, Anda bisa mencoba mendaftar pada bantuan dana ini. Bisa dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan TIdak Mampu.

8. Program Studi Prioritas yang Dipersyaratkan

Ada beberapa rekomendasi program studi yang menjadi prioritas dan dipersyaratkan dari awal. Misalnya Ilmu Komunikasi, Ekonomi, maupun akutansi juga beberapa seperti pertanian, statistika, dan teknologi informasi.

Di atas adalah beberapa kriteria umum yang menjadi kriteria penerima Beasiswa Bank Indonesia tiap tahunnya. Adanya kriteria umum ini membantu pendaftar mengenal bagaimana mahasiswa yang akan menerima program pemerintah tersebut.

Baca Juga: Informasi Lengkap Seputar Daya Tampung SBMPTN FK Unair

Kuota Penerimaan Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia sama dengan program bantuan dana pendidikan lain yang memberikan batas kuota penerima. Di dalam Universitas selingkup Malang, tiap kampus diberikan kuota sekitar 75 orang.

Yang artinya, 75 orang mahasiswa tersebut adalah jumlah untuk satu universitas yang ada, bukan seluruh universitas. Nilai dana yang diberikan juga cukup banyak dibanding dana lain, yaitu sekitar satu juta rupiah tiap bulan.

Setiap orang akan mendapat satu juta perbulan atau sama dengan dua belas juta tiap tahunnya. Sangat lumayan untuk kategori bantuan dana pendidikan dengan banyak benefit dan persyaratan yang mudah.

Ada beberapa tahap pendaftaran hingga  menunggu pengumumannya, dimulai dari pengumpulan berkas ke masing-masing perguruan. Setelah menyelesaikan pengumpulan berkas di tiap perguruan tinggi, selanjutnya akan diadakan seleksi berkas.

Seleksi berkas ini nanti yang akan menentukan langkah awal pendaftar, jika lolos maka mahasiswa bisa lanjut tahap selanjutnya. Dimana tahap selanjutnya adalah seleksi wawancara untuk menentukan apakah Anda layak mendapatkannya.

Setelah seleksi wawancara, tinggal menunggu pengumuman akhir apakah Anda lolos atau tidak dari seleksi beasiswa ini. Jika lolos, nama Anda akan tercantum dipengumuman hasil akhir dan akan segera memproses pencairan dana.

Anda pun harus sudah siap mengikuti berbagai kegiatan yang sudah disusun untuk penerima beasiswa atau GenBI. Hal ini tentunya akan membuat Anda memiliki pengalaman yang dapat membantu meniti karier.

Visi dan Misi Beasiwa Bank Indonesia untuk Bangsa

Selayaknya program yang terstruktur dan tertata, Beasiswa Bank Indonesia hadir dengan berbagai visi dan misi yang ditawarkan. Visi kegiatan ini adalah menjadikan kaum muda Indonesia sebagai generasi kompeten di dalam berbagai bidang.

Lanjutnya, bidang yang dimaksud adalah bidang keilmuan serta bisa membawa dampak perubahan positif. Menjadi inspirasi bagi bangsa dan juga negara Indonesia, maupun anak-anak muda lainnya.

Selain itu, misi pertama adalah menggagas banyak kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk Indonesia lebih baik. Lalu menjadi garda depan dalam melakukan aksi nyata pembangunan bangsa (ACT).

Selanjutnya adalah peduli dan berkontribusi untuk memberdayakan masyarakat (SHARE). Lalu dapat berbagi inspirasi dan memotivasi menjadi energi bagi negeri (INSPIRE) dimana hal tersebut penting.

Adapun tujuan diadakannya Beasiswa Bank Indonesia ini adalah sebagai frontline Bank Indonesia, Change Agents, dan Futur Leaders. Maka itu, banyak kegiatan yang diusung ketika Anda sudah menjadi bagian dari beasiswa keren tersebut.

Beasiswa GenBI selain memberikan bantuan dana pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dan tidak mampu. Juga dapat menjadi wadah untuk anak muda berkembang dan membantu pemberdayaan masyarakat luas.

Itulah beberapa hal dari Beasiswa Bank Indonesia juga GenBI yang bisa menambah wawasan Anda terhadap beasiwa. Jangan lupa untuk membaca ketentuan dan mempersiapkan berkas dengan benar dan lengkap.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x