SBMPTN

Tak Perlu Panik, Begini Atas Masalah UTBK SBMPTN Error

5 min read
Tak Perlu Panik, Begini Atas Masalah Beberapa UTBK SBMPTN Error

Tak sedikit peserta yang mengalami SBMPTN error, baik ketika mendaftar, memasukkan akun, alamat email, profil dan lainnya. Mari simak pembahasan mengenai permasalahan ini.

Jadwal SBMPTN Tahun 2022

Sebelum berhadapan dengan SBMPTN error, tentunya harus memastikan apakah masih ada waktu tersisa untuk memperbaiki yang salah ketika mendaftar. Salah satunya adalah menyimpan tanggal atau jadwal penting mengenai UTBK-SBMPTN.

Tanggal pendaftaran dibuka mulai 23 Maret hingga 15 April 2022. Sedangkan pelaksanaan UTBK-SBMPTN terbagi menjadi dua sesi yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Yaitu  17 Mei hingga 23 Mei 2022 untuk pelaksanaan UTBK gelombang satu. Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada 28 Mei 2022 hingga 3 Juni 2022.

Adapun pendaftaran SBMPTN dilakukan secara daring melalui  laman LTMPT di peramban masing-masing. Untuk hasil pengumuman dapat dilihat laman LTMPT di 23 Juni 2022.

Akun LTMPT SBMPTN Error

Permasalahan ini terjadi jika berhubungan dengan API PUSDATIN, maka dapat mengunjungi https://link.ltmpt.ac.id/masalahapi/ serta ada 2 langkah yang bisa diselesaikan.

  • Operator EMIS

Anda dapat langsung mengkomunikasikan masalah NKISN dengan benar ke Operator EMIS atau Dapodik Sekolah. Selain itu juga pastikan bahwa NKISN tercatat pada laman vervalpd data Kemendikbud pada browser masing-masing.

  • Verifikasi Mandiri

Anda dapat pula melakukan verval secara bebas di halaman website NISN kemdikbud melalui peramban masing-masing.

Jika NISN yang dimiliki masih ada serta masih mengalami masalah yang sama usai 2×24 jam. Maka Anda dapat membuat tiket halo LTMPT dengan menampilkan screenshot data tadi yang ada di Dapodik dan vervalPD.

Atasi Beberapa Permasalahan SBMPTN Error

Ada beberapa tips atau cara yang dapat diselesaikan jika menemui masalah SBMPTN error ketika pendaftaran. Berikut cara menyelesaikannya:

  • API Pusdatin

Jika masalah berhubungan dengan API Pusdatin, Anda langsung dapat melakukan konfirmasi ke operator sekolah. Lalu lakukan verifikasi serta validasi melalui laman website NISN data Kemdikbud.

Jika NISN terverifikasi ada, langkah selanjutnya dapat menghubungi Halo LTMPT melalui browser masing-masing.

  • Muncul Error 500

Apabila terjadi error ketika log-in, maka dapat mencoba kembali log-in secara berkala. Namun jika terjadi error saat melakukan upload pas foto, maka pastikan sekali ukuran yang diminta sudah benar.

Yaitu berukuran 4×6 dengan kapasitas ukuran file 80 hingga 300 KB.

  • NIK dan Jurusan Kosong

Jika permasalahan ini terjadi, Anda langsung dapat menghubungi atau menyampaikan keluhan ke Halo LTMPT.

  • Data Pribadi dan Riwayat Sekolah

Jika kesalahan tersebut terjadi, maka Anda langsung dapat menghubungi operator sekolah serta lakukan perbaikan data. Selanjutnya perbaikan data juga dapat dilakukan melalui NISN data Kemdikbud melalui browser masing-masing.

  • Email dan Password Salah

Jika Anda merasa password dan email yang dimasukkan telah benar namun mendapatkan notifikasi bahwa email atau password salah. Maka dapat menggunakan fitur lupa kata sandi, yaitu masukkan alamat email yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Lalu buka pesan masuk pada akun email yang sudah terkait dengan akun LTMPT. Selanjutnya dapat mengikuti langkah yang ada melalui pesan masuk dari LTMPT.

Beberapa permasalahan di atas merupakan kesalahan atau masalah yang sering terjadi. Maka tak perlu panik untuk menyelesaikannya.

Tips Atasi Error Portal LTMPT

Permasalahan yang sering ditemui adalah SBMPTN error ketika melakukan pendaftaran dan lainnya. Maka dari itu, Anda dapat mencoba beberapa tips yang cukup berguna untuk menghindari error.

Yang pertama, Anda dapat melakukan pendaftaran akun LTMPT baik untuk SNMPTN dan SBMPTN di waktu dini hari. Ada banyak sekali calon peserta yang mendaftar untuk membuat akun LTMPT untuk SBMPTN atau SNMPTN.

Maka dari itu, server portal LTMPT sering penuh dan siswa diminta untuk melakukan antrean di jam-jam sibuk tersebut. Maka masalah error ini dapat diatasi dengan melakukan pendaftaran di jam-jam sepi.

Yang kedua, melakukan pendaftaran di jam sekolah dan juga jam ibadah. Pada kedua jam ini, siswa sedang melakukan aktivitas belajar dan juga beribadah.

Maka dua waktu tersebut dapat menjadi kesempatan untuk Anda melakukan pendaftaran LTMPT SBMPTN atau SNMPTN. Yang terakhir adalah dengan melakukan pemantauan terhadap web tersebut dalam satu harinya.

Tentunya jika web LTMPT tersebut error karena server yang penuh dan kendala lainnya. Maka Anda dapat mengeceknya kembali nanti secara berkala untuk memastikan bahwa pendaftaran dapat dilakukan.

Selain itu, waktu memuat atau loading menuju ke laman portal LTMPT dapat dikatakan cukup lama. Maka dari itu, penting untuk melakukan pengecekan atau memantaunya secara berkala.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pendaftaran LTMPT baik untuk SBMPTN atau SNMPTN.

Portal LTMPT Tidak Dapat Dibuka

Jika permasalahan portal LTMPT SBMPTN error satu ini terjadi, maka tak perlu panik untuk menyelesaikannya. Beberapa waktu portal LTMPT melakukan penyesuaian atau pembaharuan website.

Anda dapat masuk atau mengaksesnya kembali ketika website portal LTMPT kembali normal. Umumnya pemberitahuan penyesuaian website diberitahukan melalui sosial media LTMPT.

Baca Juga: Telah Dibuka Beasiswa Bangka Belitung (D2, S1) Angkatan 2022

Pengumuman Hasil SBMPTN Error

Tak sedikit siswa yang mengalami masalah pengumuman hasil SBMPTN error. Banyaknya data yang tersimpan oleh LTMPT membuat server atau website LTMPT mengalami error.

Hal ini dikarenakan LTMPT diakses oleh banyak orang secara bersamaan. Pengumuman hasil SBMPTN dapat dilihat di siaran langsung Youtube dan juga Instagram LTMPT.

Selain itu, untuk mengatasi masalah tersebut mengenai pengumuman hasil SBMPTN dapat diakses melalui 12 tautan miror. Dengan adanya 12 tautan miror PTN tersebut diharapkan dapat mengatasi kendala masalah tersebut.

Untuk beberapa PTN yang belum memiliki tautan miror, maka siswa dapat bersabar untuk menunggu pembuatan tautan miror tersebut. Adapun pengumuman hasil SBMPTN tetap dapat dilihat dengan membuka website LTMPT secara berkala dan di jam sepi.

Kesalahan Data Akun Siswa atau Sekolah

Jika permasalahan ini terjadi pada saat melakukan pendaftaran SBMPTN, maka dapat memastikan kembali data di Dapodik sekolah. Anda dapat mengeceknya di laman PD Data Kemdikbud kemudian tekan perbaharui data pada akun LTMPT.

Selain itu, untuk permasalahan lainnya yang cukup sering ditanyakan, dapat mengunjungi laman LTMPT pada bagian “FAQ”.

Beberapa permasalahan mengenai SBMPTN error baik pada saat pendaftaran, pembaharuan akun, dan lainnya dapat diatasi. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan pendaftaran SBMPTN dengan benar.

Dikarenakan, untuk melakukan akses ke portal LTMTP dapat dikatakan cukup sulit, karena server yang sering penuh. Selain itu, beberapa permasalahan dapat diatasi dengan mudah, baik mengenai API Pusdatin, NISN, atau lainnya.

Jika masih ada permasalahan lainnya yang ingin diatasi atau ditanyakan, dapat mengunjungi portal LTMPT pada bagian FAQ. Untuk permasalahan lainnya juga dapat diakses melalui halo LTMPT.

Semoga pendaftaran SBMPTN Anda di tahun ini tidak terjadi kendala atau permasalahan yang signifikan. Jangan lupa untuk mempersiapkan berkas dan juga jaringan internet yang bagus untuk melakukan pendaftaran atau akses laman LTMPT.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x