INFORMASI

Jurusan Sepi Peminat di PTN Terbaik: Kesempatan Masuk Lebih Besar

5 min read
Jurusan Sepi Peminat di PTN Terbaik: Kesempatan Masuk Lebih Besar

Ingin masuk PTN terbaik tetapi takut dengan passing grade tinggi, maka tidak ada salahnya mempertimbangkan beberapa jurusan sepi peminat. Beberapa universitas seperti UGM, UI, ITB, dan universitas terbaik lainnya memiliki beberapa jurusan sepi peminat.

Jurusan Sepi Peminat Universitas Terbaik

Berdasarkan data SNMPTN tahun lalu, didapatkan kesimpulan beberapa jurusan di universitas terbaik ini sangat sepi peminat. Berikut, informasinya!

1. Universitas Indonesia (UI)

Siapa yang tidak kenal UI, salah satu universitas terbaik yang selalu digandrungi calon mahasiswa setiap tahunnya. Akan tetapi, UI ternyata punya jurusan yang sepi peminatnya, teman.

Yang pertama adalah Sastra Jawa. Sastra Jawa disebut tidak jadi favorit calon mahasiswa karena dianggap tidak jelas prospek kerjanya.

Padahal, beberapa profesi mulia seperti pelestari kebudayaan Jawa, penerjemah, penulis atau bahkan peneliti budaya, bisa dijadikan tujuan masa depan. Nah, bagi Anda yang tertarik pada jurusan Sastra Jawa, gambaran mata kuliah yang akan dipelajari salah satunya religi Jawa.

Selain itu, jurusan sepi peminat lainnya adalah Sastra Rusia, Sastra Belanda, Sastra Jerman, dan Sastra Cina. Ditambah lagi, Ilmu Filsafat, Ilmu Ekonomi, Arkeologi, Geologi, juga Sejarah.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Pernah terpikir di universitas terbaik terdapat jurusan sepi peminatnya? ITB ternyata juga punya jurusan yang kurang diminati peserta seleksi, SNMPTN ataupun SBMPTN.

Di artikel jurusan sepi peminat  ini, ada beberapa jurusan di ITB yang sangat sepi peminat. Terdata dari seleksi tahun lalu, peminatnya hanya berjumlah puluhan atau paling banyak sekitar seratusan.

Sekolah Ilmu Tekno dan Hayati adalah salah satunya. Jurusan ini mempelajari berbagai pengetahuan alam, seperti biologi sel, termodinamika, biologi tumbuhan, dan lain-lain.

Pada dasarnya, jurusan ini tidak jauh berbeda dengan Ilmu Teknik. Hanya saja, di Rekayasa Hati, objek yang digunakan merupakan agen hayati.

Selain Rekayasa Hati, jurusan lain seperti Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Teknik Mesin dan Dirgantara juga sepi peminat. Beberapa jurusan tadi bisa Anda coba cari tahu lebih lanjut kalau berminat.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas terbaik selanjutnya yang memiliki jurusan sepi peminat adalah UGM. Sebagaimana di Universitas Indonesia, jurusan Sastra Jawa di UGM juga kurang peminatnya.

Bagi Anda yang suka mendalami kebudayaan Jawa, jurusan ini bisa Anda pilih agar kesempatan masuk UGM lebih besar.

Sementara itu, jurusan lain yang kurang diminati calon mahasiswa di antaranya, Mikrobiologi Pertanian dan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Geofisika, Ilmu Tanah, Akuakultur, dan Fisika juga ternyata kurang favorit bagi calon mahasiswa yang punya impian masuk UGM.

4. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Di UNS terdapat sepuluh jurusan sepi peminat. Anda bisa memilih salah satunya guna memperbesar peluang masuk salah satu universitas terbaik ini.

Jurusan itu di antaranya, Pendidikan IPA, Pendidikan Kimia, Teknik Mesin, Pengelolaan Hutan, Fisika, Biologi, dan Kimia. Selain itu, ada juga Pendidikan Teknik Bangunan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Pendidikan Fisika yang kurang difavoritkan di UNS.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Jika Anda punya impian masuk IPB, jurusan berikut dapat dijadikan alternatif supaya lebih mudah lolos ke IPB. Dengan jurusan sepi peminat , impian Anda sedikit lebih dekat ke terwujud.

Jurusan tersepi di IPB tahun lalu adalah Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap. Total siswa yang memilih jurusan ini hanya sekitar 95 orang.

Dengan lingkup persaingan yang lebih kecil, tentu peluang yang diberikan akan lebih besar. Selain itu, jurusan sepi lainnya adalah Biokimia, Manajemen Sumber Daya Lahan, Proteksi Tanaman, serta Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan.

6. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Jurusan sepi peminat  di universitas terbaik selanjutnya Teknik Sistem Perkapalan di ITS. Sistem gelar ganda yang diberikan jurusan ini ternyata kurang menarik bagi calon mahasiswa.

Tahun lalu, sekitar 125 orang yang memilih jurusan ini di seleksi SBMPTN. Jika Anda tertarik dengan jurusan tersebut, kesempatan lolos Anda bisa lebih besar, terlebih dengan memulai banyak prepare dari sekarang.

Selain jurusan di atas, terdapat empat jurusan lain yang kurang digandrungi calon mahasiswa ITS. Di antaranya, Fisika, Biologi, Teknik Transportasi Laut, dan Teknik Kelautan.

7. Universitas Airlangga

Akuakultur lagi-lagi menjadi jurusan yang kurang difavoritkan calon mahasiswa. Jika Anda tertarik dengan jurusan ini, mata kuliah yang akan dipelajari di sini menyangkut segala hal tentang budidaya perairan.

Penangkaran ikan, pemeliharaan biota laut atau tawar, ukuran konsumsi, produksi benih, dan masih banyak lagi. Lulusan prodi ini bisa jadi pengusaha atau pengembang akuakultur, Anda juga bisa menjadi konsultan, tenaga pendidik, peneliti, atau manajer.

8. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Di UNDIP, Anda bisa menakar pertimbangan jurusan-jurusan berikut agar kesempatan masuk PTN ini lebih besar. Sastra Inggris, Fisika Perikanan Tangkap, Bioteknologi, atau Akuakultur.

9. Universitas Brawijaya (UB)

Bagi Anda yang suka bermusik, UB bisa jadi universitas pilihan Anda. Sebab, jurusan instrumentasi di universitas ini merupakan jurusan sepi peminat .

Tercatat hanya 88 peminat yang memilih jurusan ini di Universitas Brawijaya, tahun lalu. Selain itu, jika ingin jurusan lain yang memungkinkan masuk PTN ini, prodi Seni Rupa Murni atau Peternakan bisa Anda pilih.

10. Universitas Jember (UNEJ)

Tahun lalu, terdapat dua jurusan dengan peminat sekitar 50-an, yakni Ilmu Tanah dan Proteksi Tanaman. Sebagai informasi, prodi Ilmu Tanah menjadi salah satu prodi yang masih langka.

Jika Anda tertarik, prospek kerja dari jurusan ini cukup banyak. Di bidang pertanian salah satunya, ada banyak pilihan pekerjaan di satu bidang ini, contohnya surveyor dan peneliti.

Selain itu, jurusan sepi peminat  lainnya adalah Ekonomi Syariah dan prodi Fisika. Jika Anda suka dengan dunia pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah juga bisa Anda pilih.

Jurusan Sepi Peminat yang Prospektif untuk Masa Depan

Setelah Anda mengetahui jurusan sepi peminat  bagi Anda, mungkin itu bisa jadi referensi. Namun, sebelum memilih sebaiknya pertimbangkan juga kemampuan diri sendiri, ya.

Sebab, jika memaksakan diri hanya untuk masuk Universitas Ternama, takutnya berakhir dengan pindah jurusan di semester berikutnya. Bahkan, sangat tidak baik jika harus mengulang kuliah dari awal karena merasa tidak cocok di jurusan yang pertama dipilih.

Jadikan referensi ini sebagai dorongan. Jika Anda benar-benar siap menempuh semuanya, tentu pilihan di atas bisa dijadikan acuan.

Dengan catatan, tetap belajar dan selalu tambah pengetahuan tentang jurusan yang Anda tandai agar jurusan itu jadi keberuntungan. Terlebih, seperti yang Anda tahu, keuntungan kuliah di PTN adalah banyaknya beasiswa yang bisa didapatkan, terutama PTN terbaik.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x