INFORMASI

Seputar Registrasi Akun LTMPT Sekolah Tahun 2022

4 min read
Seputar Registrasi Akun LTMPT Sekolah Tahun 2022

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi telah membuka kembali sistemnya untuk registrasi akun LTMPT sekolah pada 04 Januari kemarin. Bersamaan dengan itu, pihak lembaga juga mengumumkan jadwal seleksi disertai tahapan untuk mendaftarkan diri ikut seleksi.

Adapun seleksi yang dimaksud adalah SNMPTN dan SBMPTN. Terkhusus SNMPTN, pihak sekolah yang dapat menunjuk siswa mana yang berhak ikut.

Berbeda dengan SBMPTN, yang mana siswa dapat mengajukan diri sendiri, SNMPTN hanya dapat diikuti oleh siswa berprestasi. Selain itu, seleksi ini juga hanya boleh diikuti oleh siswa kelas 12 di setiap tahunnya.

Karena kewenangan penuh adalah hak sekolah maka pihak sekolah harus ikut andil dalam sistem LTMPT untuk menginformasikan siswa eligible. Tiap-tiap sekolah diberikan kuota untuk pengajuan siswa eligible sesuai akreditasinya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai siswa eligible, poin utama pembahasan adalah cara registrasi akun LTMPT sekolah. Maka dari itu, langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Serba-serbi Registrasi Akun LTMPT Sekolah 2022

Penutupan masa pendaftaran akun LTMPT sekolah akan segera berakhir, tepatnya tanggal 15 Februari mendatang. Segera lakukan registrasi dengan mengikuti tahapan berikut ini guna menghindari sistem error.

1. Cara Registrasi Akun LTMPT Sekolah

Salin atau langsung klik tautan www.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran. Sebelum itu, pastikan sudah menyiapkan data berupa nomor pokok sekolah nasional dan kode registrasi Dapodik atau EMIS.

Masuk ke portal LTMPT, klik daftar untuk sekolah. Kemudian masukkan data yang telah disiapkan tadi.

Selanjutnya, masukkan nama kepala sekolah beserta tanggal lahirnya, atau nama Anda sebagai operator sekolah. Tambahkan email dan password yang mudah diingat.

Aktivasi akun setelah mendapat pesan melalui email dari LTMPT. Setelah itu, Anda bisa masuk ke portal PDSS dengan email dan kata sandi tadi untuk mendata siswa eligible.

2. Bagaimana Jika Lupa Password?

Tidak jarang, pendaftar akun melupakan password-nya sendiri. Bahkan meski selang waktu pendaftaran ke waktu masuk ke PDSS hanya beberapa menit saja.

Hal itu bisa terjadi kepada siapa saja, terlebih orang-orang dengan banyak pikiran. Nah, untuk mengatasi hal itu, sebaiknya simpan pulpen dan kertas di dekat Anda saat melakukan registrasi.

Kemudian tulis password yang Anda simpan di sistem. Anda juga bisa menyiapkan kata sandi itu sebelumnya, atau yang paling mudah, aktifkan simpan sandi otomatis di chrome.

Jika belum tahu, cek setelan di aplikasi chrome, kemudian pilih “sandi” atau “password”. Klik “simpan sandi” dan “verifikasi otomatis”.

3. Untuk Apa Akun LTMPT Sekolah?

Sebagaimana yang telah disinggung sejak awal, supaya anak didik dapat mengikuti SNMPTN, sekolah wajib mendaftarkannya. Dengan mendaftar akun di LTMPT, pihak sekolah dapat memasuki situs web PDSS.

Di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa itulah siswa eligible dapat diajukan sebagai calon peserta SNMPTN. Jika sekolah tidak melakukan registrasi akun LTMPT sekolah, siswa tidak bisa ikut seleksi.

4. Perlukah Mendaftar Ulang Akun?

Meski tahun lalu sudah mendaftar, tahun ini sekolah tetap harus mendaftar kembali. Pasalnya, data siswa eligible tentu akan berubah.

Selain itu, sebagaimana aturan sistem LTMPT, ketika data difinalisasi, data tidak dapat diubah kembali. Dengan demikian, setiap pergantian tahun, baik siswa ataupun sekolah harus mendaftar ulang.

Dalam hal ini, siswa yang dimaksud adalah siswa gap year yang akan ikut UTBK SBMPTN. Sebagai informasi, registrasi akun LTMPT siswa juga telah dibuka sejak 10 Januari lalu.

5. Bagaimana Jika Sistem Sulit Dibuka?

Website error atau sulit dibuka, tampilan layar putih tidak ada aksara. Bagaimana cara mengatasinya?

Jika Anda mengalami kendala demikian, itu berarti sistem sedang masa sibuk-sibuknya. Cobalah cari waktu di mana hanya sedikit orang-orang yang berkemungkinan memasuki sistem, contohnya dini hari.

Gunakan saat-saat yang masih jauh dari hari terakhir pendaftaran guna menghindari kesulitan masuk web. Anda bisa segera melakukan registrasi akun LTMPT sekolah hari ini.

6. Syarat Registrasi Akun LTMPT Sekolah dan SNMPTN

Syarat utama mendaftar akun di LTMPT adalah NPSN dan Emis. Sementara itu, untuk mengikutsertakan siswa ke seleksi SNMPTN, sekolah harus memakai kurikulum nasional sebagai metode ajarnya.

LTMPT juga memberikan ketentuan bagi tiap-tiap sekolah dengan akreditasi berbeda. Akreditasi A, kuota siswa yang dapat ikut SNMPTN adalah 40%.

Selanjutnya, kuota siswa eligible di sekolah dengan akreditasi B adalah 25%. Sementara untuk sekolah dengan akreditasi C, kuota siswa yang dapat ikut SNMPTN adalah 5%.

Syarat lain pendaftaran akun LTMPT adalah mendaftar di hari yang telah ditentukan, yakni 04 Januari hingga 15 Februari 2022. Anda tidak bisa mendaftar jika masa pendaftaran telah berakhir, tepatnya pukul tiga sore di hari terakhir pendaftaran.

7. Mengalami Kendala Lain

Jika Anda mengalami kendala dalam registrasi akun LTMPT sekolah, seperti NPSN sudah benar, tetapi belum bisa terdaftar. Silakan hubungi pihak LTMPT melalui www.halo.ltmpt.ac.id.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor (021)3104041 untuk meminta bantuan akibat masalah yang belum teratasi. Jangan lupa berikan feedback, ya.

Mulai Registrasi Akun LTMPT Sekolah untuk Daftarkan Siswa Eligible

Tahun ini, siswa dan sekolah diminta kembali mendaftarkan para siswa berprestasi di bidang akademik dan non-akademik untuk SNMPTN. Namun, sebelum mendaftarkan diri ke seleksi, sejak 2019 LTMPT hadir menjadi penghubung yang punya misi besar.

Menjadikan seleksi lebih mudah, dapat dilakukan di daerah terdekat siswa, menerapkan sistem pure, serta hasil seleksi tidak bisa dicurangi. Siswa dan sekolah diharuskan melakukan registrasi di website LTMPT.

Terdapat dua menu pendaftaran, yakni untuk siswa dan sekolah. Siswa dapat ikut seleksi SNMPTN jika sekolah mendaftarkan siswa tersebut.

Nah, karena hal itu, sebelum pendaftaran siswa dibuka, LTMPT telah membuka pendaftaran untuk sekolah lebih dulu. Dari itu pula, sebaiknya segera lakukan registrasi akun LTMPT sekolah untuk mengikutsertakan siswa ke SNMPTN.

Demikianlah sedikit informasi mengenai registrasi akun LTMPT sekolah dan beberapa solusi untuk kendala yang dialami saat pendaftaran. Semoga informasi ini membantu.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x