INFORMASI

Kesempatan ke Luar Negeri dengan Beasiswa Kominfo 2022

5 min read
Kesempatan ke Luar Negeri dengan Beasiswa Kominfo 2022

Beasiswa Kominfo (S2) merupakan program bantuan pendidikan tinggi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kominfo membuka program darmasiswa S2 di luar negeri untuk mendukung rancangan prioritas percepatan transformasi digitalisasi nasional.

Kapan Beasiswa Kominfo S2 Luar Negeri Dibuka?

Beasiswa Kominfo diadakan 2 tahap, yang pertama dibuka awal Februari hingga akhir Februari 2022 dengan tujuan studi Universitas Tsinghua. Untuk tahap kedua di adakan hingga 31 Maret 2022 dengan negara tujuan studi lainnya.

Tentunya jadwal pendaftaran ini jangan sampai terlewatkan, selain itu juga penting untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh peserta atau pelamar jika ingin mengambil darmasiswa ini, yaitu ada persyaratan umum dan khusus.

Persyaratan Umum Beasiswa Kominfo

Persyaratan umum beasiswa Kominfo merupakan hal yang wajib dilakukan atau diikuti oleh pelamar. Syarat tersebut berlaku untuk seluruh skema darmasiswa pada seluruh negara tujuan studi  dan Universitas.

Persyaratan umum yang pertama adalah warga negara Indonesia, berlatar belakang pekerjaan di bidang TIK. Memiliki usia maksimal 37 tahun untuk ASN/TNI/POLRI dan 44 tahun untuk masyarakat umum ketika pendaftaran ditutup.

Syarat umum selanjutnya belum bergelar S2 serta sedang tidak menerima darmasiswa lain. Hal ini juga berlaku untuk tidak sedang mengikuti program pendidikan S2 dengan biaya sendiri maupun lembaga lain.

Syarat kelima yang selanjutnya mendapatkan izin dari pejabat berwenang untuk dapat mengikuti beasiswa Kominfo ini. Selanjutnya memiliki pengalaman kerja dengan minimal lamanya 2 tahun.

Pendidikan tinggi dilaksanakan di luar negeri, akan kembali ke Indonesia ketika telah menyelesaikan pendidikan. Syarat selanjutnya untuk lulusan sarjana/S1 dengan IPK 3.00, sedangkan penyandang disabilitas minimal 2.50.

Syarat selanjutnya memiliki sertifikat TOEFL iBT dengan skor 90 atau TOEFL ITP dengan skor 530. Nilai tersebut merupakan angka minimal untuk dapat melamar darmasiswa Kominfo ini.

Dapat pula menggunakan skor IELTS dengan skor 6.5. Syarat selanjutnya yang terakhir pelamar wajib melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi untuk penerimaan Agustus atau September 2022. Tentu saja memenuhi persyaratan khusus dari perguruan tinggi negeri yang dipilih atau dituju.

Persyaratan Khusus Beasiswa Kominfo

Persyaratan khusus merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar jika memilih Universitas tertentu. Tentunya tiap perguruan tinggi menetapkan aturan yang berbeda dengan perguruan tinggi yang lain.

1. Universitas Tsinghua

Pelamar darmasiswa wajib mendaftar serta mengikuti tahap seleksi beasiswa ke Kementerian Komunikasi dan Informasi terlebih dahulu. Bersamaan dengan berkas yang dipersiapkan untuk persyaratan khusus perguruan tinggi.

Syarat selanjutnya dokumen harus diupload ke sistem aplikasi secara daring melalui link berikut  https://yz.tsinghua.edu.cn/en/Admissions/How_to_Apply.htm. Adapun batas untuk melakukan pengiriman data yang telah diunggah adalah sampai 1 Maret 2022.

Syarat yang terakhir biaya pendaftaran ditanggung oleh Kementerian Kominfo untuk pendaftar yang telah dinyatakan penerima darmasiswa Kominfo 2022.

2. Universitas Eotvos Lorand-Hungaria

Untuk pelamar atau peserta diwajibkan untuk mendaftar ke perguruan tinggi secara mandiri untuk mendapatkan LoA. Bersamaan dengan pendaftaran darmasiswa ke Kementerian Kominfo. Adapun batas pendaftaran ke Universitas Eotvos Lorand adalah 30 April 2022.

3. Institut Teknologi Informasi Bangalore Internasional

Pelamar atau peserta diwajibkan untuk mengikuti tes secara daring yang akan diadakan oleh IIITB serta akan difasilitasi oleh Kementerian Kominfo. Tes tersebut dilaksanakan pada pertengahan Mei 2022, jadwal ini akan diinformasikan lebih lanjut nantinya.

Untuk tes yang akan diujikan nantinya adalah kemampuan berbahasa Inggris, TPA, dan wawancara secara online dengan tim admission IIITB.

4. Universitas Twente

Pelamar darmasiswa wajib melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi secara mandiri untuk mendapatkan LoA. Bersamaan dengan pendaftaran darmasiswa ke Kementerian Kominfo, dengan batas waktu pendaftaran adalah 1 Mei 2022.

5. Jepang (UEC)

Pelamar melakukan pendaftaran darmasiswa ke Kementerian Kominfo bersama dengan berkas yang harus dipersiapkan untuk pendaftaran.

Dimana Anda Bisa Mendaftar Beasiswa Kominfo?

Untuk mendaftar darmasiswa Kominfo dilakukan di website resmi mereka, yaitu di LPDP Kemenkeu go id. Adapun link untuk pendaftaran sesuai dengan persyaratan khusus beasiswa tersebut dapat dilihat di website Kominfo go ide melalui peramban atau browser masing-masing.

Pendaftaran beasiswa dilakukan bersamaan dengan pendaftaran Universitas atau perguruan tinggi yang dipilih sesuai dengan persyaratan khusus di atas.

Tahapan Pendaftaran Darmasiswa Kominfo

Tahapan tentu saja diperlukan untuk mengetahui bagaimana alur dari pendaftaran darmasiswa tersebut. Tahap yang pertama dimulai dari pengumuman, pengumuman biasanya diinformasikan melalui sosial media dan website resmi penyelenggara beasiswa.

Selanjutnya melakukan pendaftaran seleksi administrasi pada tim pengembangan sumber daya manusia. Yang ketiga jika dinyatakan lolos pada seleksi administrasi maka tahap selanjutnya mengikuti tes psikotes.

Jika pada seleksi psikotes dinyatakan lulus, maka pelamar dapat mengikuti tahap selanjutnya yaitu tes wawancara pimpinan Kemenkominfo. Jika lolos pada tahap tersebut maka dapat menunggu pengumuman kelulusan seleksi di perguruan tinggi.

Pada tahap pengumuman kelulusan tersebut bersamaan pula pelamar melakukan pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Selanjutnya peserta diminta untuk mengikuti seleksi perguruan tinggi dan terakhir menunggu pengumuman kelulusan.

Tahap yang terakhir adalah menunggu pengumuman final penerimaan beasiswa. Jika dinyatakan lolos maka dapat melakukan administrasi persiapan keberangkatan dan memulai pendidikan di perkuliahan. Untuk tahapan tersebut jika ingin lebih lengkapnya dapat mengunduhnya di website resmi Kominfo.

Baca Juga: SBMPTN dan SNMPTN Adalah Seleksi yang Butuh Rapor atau Tidak?

Dokumen yang Diperlukan

Berkas pendaftaran atau dokumen yang harus dilampirkan ketika mendaftar beasiswa ini yang pertama formulir pendaftaran. Selanjutnya scan KTP, paspor berwarna hijau untuk masyarakat umum dan biru untuk ASN.

Selanjutnya melampirkan fotokopi SK PNS untuk pelamar yang bekerja sebagai PNS. Salinan surat keterangan pengangkatan atau perjanjian kontrak dan atau portofolio.

Dokumen selanjutnya melampirkan salinan Ijazah S1 atau D4, transkrip nilai akademik, scan sertifikat TOEFL atau IELTS. Selanjutnya membuat outline rencana tugas akhir dengan maksimal 1 halaman yang sesuai dengan program transformasi digitalisasi nasional.

Dokumen yang penting selanjutnya adalah adanya surat rekomendasi dari dosen, atasan atau pihak lainnya. Terakhir melengkapi cek list berkas pendaftaran.

Formulir pendaftaran, surat rekomendasi, surat izin atasan, formulir cek list berkas pendaftaran dapat diunduh di website Kominfo juga.  Seluruh berkas atau dokumen pendaftaran dapat dikirim melalui email dalam satu PDF dengan format nama; dokumen beasiswa_kominfo2022_nama lengkap.

Untuk alamat email yang dituju untuk mengirimkan berkas tersebut adalah beasiswaln@mail.kominfo.go.id. Jangan sampai salah ya membuat format dan alamat email yang dituju.

Darmasiswa ini tentunya merupakan peluang untuk dapat melanjutkan pendidikan jenjang S2 di luar negeri. Maka dari itu, penting untuk Anda tidak melewatkannya, adapun syarat pendaftaran dapat dilihat teks di atas.

Untuk Anda yang tertarik dengan beasiswa S2 lainnya yang masih di dalam negeri, tentu saja dapat mengikutinya. Yaitu dengan cara membuka laman LPDP Kemenkeu, pastikan bahwa pendaftaran tersebut telah dibuka.

Semoga informasi yang disampaikan mengenai darmasiswa Kominfo ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan beasiswa. Semoga Anda diberikan kemudahan dan kesempatan untuk dapat lolos melamar beasiswa ini.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x