SNMPTN

SBMPTN dan SNMPTN Adalah Seleksi yang Butuh Rapor atau Tidak?

5 min read
SBMPTN dan SNMPTN Adalah Seleksi yang Butuh Rapor atau Tidak

SBMPTN dan SNMPTN adalah jalur seleksi yang bisa dicoba salah satunya maupun keduanya pada tahun yang sama. Selain itu penting untuk memperhatikan mengapa harus melihat kembali pada salah satu seleksi tersebut.

SBMPTN dan SNMPTN Adalah Seleksi Apa?

SBMPTN adalah jalur seleksi dengan cara melakukan ujian tulis berbasis komputer. Umumnya seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri pendaftaran dibuka sebelum pengumuman SNMPTN.

Sedangkan SNMPTN adalah jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dengan memilih siswa yang memenuhi syarat. Pada jalur ini peserta diminta untuk melakukan upload dokumen seperti nilai rapor semester 1 hingga 5.

Pada seleksi nasional siswa kelas 12 atau peserta juga diminta melakukan unggah dokumen pendukung lainnya. Seperti prestasi akademik, lomba yang pernah diikuti, dan lainnya.

SBMPTN dan SNMPTN adalah salah satu seleksi yang diselenggarakan oleh LTMPT Untuk masuk perguruan tinggi. Sekilas namanya cukup mirip, nyatanya keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok pada tahap seleksinya.

Kira-kira apakah Anda sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti salah satu seleksi ini. Pasalnya, kedua jalur seleksi ini selalu dinilai ketat tiap tahunnya.

Keuntungan Mengikuti SNMPTN

Hal yang cukup menarik untuk membahas mengapa harus memilih SNMPTN sebagai seleksi masuk perguruan tinggi. Ada 5 keuntungan mengikuti SNMPTN di 2022 atau di tahun ini.

1. Bebas Biaya Pendaftaran

SBMPTN dan SNMPTN adalah jalur seleksi yang memiliki perbedaan pada saat pendaftarannya. Salah satunya adalah adalah pada saat pendaftaran, SBMPTN mengharuskan pesertanya untuk membayar biaya ujian.

Hal ini cukup berbeda dengan SNMPTN, pada jalur ini siswa tidak dibebankan biaya pendaftaran. Biaya tersebut telah ditanggung pemerintah oada subsidi dana atau biaya anggaran.

2. Tidak Tes Tambahan

Siswa tidak akan mendapatkan tes lagi ketika masuk perguruan tinggi setelah berhasil lulus SNMPTN. Dengan demikian peserta atau siswa akan langsung mendaftar ke perguruan tinggi yang sudah menerimanya.

3. Subsidi Pemerintah

Untuk siswa yang berhasil lolos pada SNMPTN akan mendapatkan subsidi atau bantuan berupa potongan biaya kuliah. Yaitu siswa yang lolos akan dibebankan UKT pada golongan 1 atau 2.

4. Memiliki Waktu yang Banyak

Setelah dinyatakan lolos pada seleksi nasional, siswa memiliki waktu yang cukup panjang atau banyak untuk memulai kuliah. Maka peserta yang lolos dapat melakukan hobi, berkeliling di kampus yang telah dipilih, mempersiapkan syarat registrasi mahasiswa, dan lainnya.

5. Kebanggaan Tersendiri

Seperti yang diketahui bahwa, untuk masuk perguruan tinggi pada seleksi ini cukup ketat sekali. Selain itu, kuota yang diberikan agar lolos pada SNMPTN juga cukup sedikit dibandingkan seleksi lainnya.

Maka dari itu, jika sampai berhasil lulus pada seleksi nasional ini menjadi kebanggaan tersendiri. Bahkan siswa tidak perlu lagi repot-repot untuk masuk perguruan tinggi dengan cara tes atau lainnya.

Keuntungan Mengikuti SBMPTN

Tak hanya SNMPTN yang memberikan keuntungan bagi siswa atau pesertanya jika mengikuti seleksi tersebut. Berikut keuntungan mengikuti SBMPTN bagi siswa atau peserta.

1. Memahami Materi

Pada UTBK-SBMPTN, beberapa materi soal yang diujikan mengambil materi yang biasa diajarkan disekolah. Untuk dapat lolos pada seleksi ini, tentunya Anda mempersiapkan diri dengan latihan soal-soal yang akan diujikan.

Maka dari itu, mau tidak mau mengulang kembali pelajaran yang telah diajarkan disekolah. Hal ini membuat Anda lebih paham materi yang pernah diajarkan.

2. Bangga pada Diri Sendiri

Meskipun kuota pada jalur seleksi ini cukup banyak, nyatanya masih ada siswa atau peserta yang tidak lolos pada SBMPTN. Hal ini dikarenakan soal yang diberikan pada UTBK-SBMPTN melakukan sistem ranking.

Jika Anda lolos pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri, tentunya akan merasa sedikit bangga pada diri sendiri. Selain itu, pada seleksi ini akan membuat Anda juga lebih harus lebih banyak belajar.

3. Hemat Biaya Kuliah

Sama dengan SNMPTN, pada seleksi ini siswa atau peserta yang lolos akan dimasukan ke golongan UKT 1 atau 2. Bahkan kedua jalur seleksi ini juga tidak membebankan biaya uang pangkal kepada mahasiswanya.

Membahas mengenai SBMPTN dan SNMPTN adalah jalur seleksi yang memberikan keuntungan yang berbeda. Namun akan lebih baik jika sedini mungkin untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi tersebut.

Kapan Pendaftaran SBMPTN dan SNMPTN 2022?

Pendaftaran SNMPTN dimulai 14 Februari 2022 hingga 28 Februari 2022 dengan ketentuan siswa yang dinyatakan siswa yang eligle. Sedangkan pendaftaran SBMPTN dimulai 23 Maret 2022 sampai 15 April 2022.

Jika Anda melewatkan pendaftaran SNMPTN maka dapat mengikuti jalur seleksi lainnya seperti Mandiri dan SBMPTN. Jika ingin mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi dapat melihat jadwal resminya.

Untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN terbagi menjadi 2 gelombang yang bisa diikuti oleh peserta. Untuk gelombang pertama diadakan 17 sampai 23 Mei 2022 dan gelombang kedua 28 Mei sampai 3 Juni 2022.

Pengumuman hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi pada 29 Maret 2022 di jam 15.00 WIB. Sedangkan pengumuman hasil SBMPTN dijadwalkan 23 Juni 2022.

Catat ya tanggal penting tersebut, jangan sampai ada yang terlewat. Jika belum diberikan kesempatan untuk mengikuti SNMPTN, jangan berkecil hati, masih  seleksi lain pada perguruan tinggi yang mirip SNMPTN.

Selain itu, Anda dapat pula mengingatkan teman, saudara, atau kerabat yang ingin masuk perguruan tinggi melalui salah satu jalur. Perlu diingat bahwa, kedua seleksi tersebut pendaftarannya hanya melalui http://ltmpt.ac.id/.

Baca Juga: Kupas Tuntas 4 Info Tentang Beasiswa Dikti (D3, S1, S2, S3) 2022

Seleksi Lain Selain SBMPTN dan SNMPTN Adalah Jalur Mandiri

Sesuai dengan namanya, seleksi tersebut digunakan untuk memilih PTN atau PTS. Untuk masuk perguruan tinggi dapat mengikuti jalur Mandiri dan PTKIN jika tetap ingin melanjutkan pendidikan di tahun tesebut.

Tentunya ada kabar menarik lainnya mengenai UTBK, yaitu tidak hanya digunakan untuk mendaftar SBMPTN atau PTKIN. Beberapa PTS sekarang menggunakan hasil UTBK sebagai syarat untuk masuk perguruan tinggi.

Adapun kriteria nilai UTBK yang digunakan oleh tiap PTS tentu bervariasi atau berbeda-beda sesuai dengan prodi yang dipilih. Selain jalur Mandiri atau PTKIN yang dapat Anda pilih, beberapa Universitas memiliki beberapa seleksinya sendiri.

Salah satunya UGM, Anda dapat mengeceknya di website resmi UGM (Universitas Gadjah Mada). SBMPTN dan SNMPTN adalah seleksi yang dapat Anda pilih, namun bukan satu-satunya seleksi yang tersedia untuk masuk PTN/PTS.

Kesimpulannya, SBMPTN dan SNMPTN adalah seleksi yang cukup ketat tiap tahunnya dengan keunggulan masing-masing pada seleksi tersebut. Anda dapat mengikuti salah satu seleksi tersebut maupun mengikuti keduanya.

Selain itu, jangan berkecil hati dengan kedua seleksi tersebut jika belum diberikan kesempatan untuk dapat mengikutinya. Masih ada seleksi lainnya yang dapat Anda ikuti, salah satunya PBUTM, PBUK, PBUB yang dimiliki UGM.

Mari dari sekarang untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi yang ada untuk masuk perguruan tinggi. Jangan lupa pahami bagaimana Univeristas yang dipilih, selain itu apakah PT tersebut membuka jalur lain selain SBMPTN dan SNMPTN.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x