SBMPTN

Perihal Lokasi: SBMPTN Dilaksanakan Dimana? Jangan Ketinggalan info

5 min read
Perihal Lokasi: SBMPTN Dilaksanakan Dimana? Jangan Ketinggalan info

Masih ada beberapa peserta yang kurang tahu mengenai “SBMPTN dilaksanakan dimana”, tentunya ini juga berkaitan dengan Universitas yang dipilih. Mari dibahas bersama, hal penting apa saja yang perlu dibahas mengenai hal ini.

SBMPTN 2022 Kapan Dibuka?

Selain lanjut ke “SBMPTN dilaksanakan dimana” tentunya juga penting untuk membahas kapan seleksi ini dibuka, agar tidak salah tanggal. Seleksi bersama ini dibuka pendaftarannya mulai 23 Maret hingga 15 April 2022.

Untuk pelaksanaannya terbagi menjadi 2 gelombang, hal ini sama seperti tahun sebelumnya yang terbagi atas 2 gelombang. Pertama diadakan 17 hingga 23 Mei 2022, yang kedua dilaksanakan 28 Mei sampai 3 Juni 2022.

Tentunya peserta perlu mencatat tanggal tersebut, agar tidak ketinggalan untuk melakukan pendaftaran. Selain itu, tanggal juga sangat penting untuk diketahui agar peserta dapat memanajemen jadwalnya dengan baik.

Untuk pendaftaran akun LTMPT dan registrasi UTBK-SBMPTN dilakukan secara daring melalui http://ltmpt.ac.id/. Jangan lupa untuk menyiapkan berkas yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan mendaftar.

SBMPTN Dilaksanakan Dimana yang Baik?

Ada beberapa tempat atau lokasi yang dapat dipilih untuk mengikuti UTBK-SBMPTN, berikut SBMPTN Dilaksanakan dimana yang baik.

1. Domisili Terdekat

SBMPTN dilaksanakan dimana yang baik atau bagusnya adalah dengan memilih lokasi ujian satu domisili dengan tempat tinggal. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai alasan yang mungkin terjadi ketika mendekati hari ujian.

Dengan memilih domisili terdekat juga membuat peserta menghemat biaya transportasi dan tidak membuang waktu.

2. Kampus Tujuan

Ada beberapa siswa yang ingin merantau untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Selain memilih tempat ujian dekat dengan alamat tempat tinggal, peserta juga dapat memilih dekat dengan Universitas.

Dengan kata lain, peserta yang memilih perguruan tinggi di luar daerah sesegera mungkin untuk berangkat ke domisili tujuan. Setelah UTBK selesai dilaksanakan, hanya tinggal menunggu beberapa minggu saja untuk masuk kuliah di PT.

3. Mudah Diakses

Pastikan lokasi menuju tempat UTBK mudah dilalui atau diakses, peserta dapat memilih rute tercepat untuk menuju lokasi ujian. Dikhawatirkan jika menuju ke titik ujian dilaksanakan dengan memilih rute yang salah, maka akan mengakibatkan keterlambatan mengikuti UTBK.

4. Pilih Tempat yang Tidak Penuh

Beberapa tempat pelaksanaan UTBK-SBMPTN di suatu panitia lokasi bisa saja penuh. Umumnya tempat ujian yang akan dilaksanakan ketika sudah penuh, maka lokasi ujian tersebut tidak dapat dipilih sementara waktu.

Maka dari itu, mulailah pendaftaran sesegera mungkin agar tidak ketinggalan dalam memilih lokasi ujian nantinya. Anda dapat mendaftar SBPTM dari jauh hari sebelum tanggal pengumuman hasil SNMPTN.

SBMPTN 2022 Dilaksanakan Dimana?

Menurut sumber dari laman LTMPT, UTBK dilaksanakan di 74 titik di Indonesia yang menjadi tuan rumah. Titik tersebut mengarah ke perguruan tinggi atau Universitas di tiap daerah di Indonesia.

Sebagai contoh, jika peserta ingin melaksanakan UTBK di Banjarmasin, maka dapat memilih Universitas Lambung Mangkurat untuk mengikuti UTBK. Begitu pula dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia, Anda dapat memilih lokasi ujian yang diinginkan.

Pada saat pendaftaran UTBK-SBMPTN nanti peserta akan diminta untuk dimana lokasi pusat UTBK yang ingin dilaksanakan. Setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan cetak kartu peserta UTBK untuk dapat mengikuti ujian tersebut nantinya.

Untuk lokasi ujian dapat dilihat sehari sebelum UTBK dilaksanakan, hal ini penting untuk tidak salah ruangan atau tempat. Selain itu, pada kartu peserta tercetak jadwal, nama peserta, dan lokasi ujian yang dipilih.

Dari pusat lokasi UTBK-SBMPTN tersebut nantinya akan terbagi menjadi beberapa panitia lokasi yang menjadi tempat ujian peserta. Pastikan memilih tempat ujian sesuai dengan yang diinginkan ya.

SNMPTN Dilaksanakan Dimana?

Untuk seleksi nasional satu ini dilaksanakan secara daring, yaitu dengan melakukan unggah dokumen yang diminta. Siswa hanya melakukan seleksi dari nilai rapor semester1 hingga 5, prestasi, dan kriteria lainnya agar dianggap lolos.

Hal ini cukup berbeda dengan SBMPTN yang dilaksanakan di suatu tempat atau lokasi ujian. Ini dikarenakan SBMPTN terdapat yang namanya UTBK pada proses seleksinya.

Begitu pula dengan seleksi lainnya yang menerapkan sistem ujian pada seleksinya, tentu memiliki tempat untuk melaksanakan ujiannya. Salah satunya adalah seleksi jalur Mandiri yang diselenggarakan tiap PTN.

Penting pula untuk mencari tahu, apakah ada perubahan titik pusat lokasi pelaksanaan UTBK-SBMPTN di tahun tersebut atau tidak. Anda dapat melihatnya melalui sosial media LTMPT atau website resmi LTMPT.

Apakah Bisa Mengganti Tempat Ujian?

Tentunya pertanyaan ini mungkin sedikit dikeluhkan oleh peserta yang berpindah tempat tinggal atau alamat domisili. Sayang sekali untuk mengganti tempat ujian dilaksanakan tidak bisa diganti ketika peserta telah mencetak kartu peserta UTBK-SBMPTN.

Sesuai dengan peraturan pada saat pendaftaran, peserta diminta untuk melakukan input data dengan benar dan sesuai. Hal ini menghindari hal yang tidak diinginkan, maka dari itu peserta harus benar-benar memperhatikan data yang dikirim.

Bisakah SBMPTN Dilaksanakan di Luar Daerah?

Untuk Anda yang ingin merantau atau memilih perguruan tinggi di luar daerah tentunya mempertanyakan ini. Pembahasan ini juga masih termasuk tentang “SBMPTN dilaksanakan dimana”.

Anda dapat memilih pusat UTBK dimana saja yang ingin dipilih, selama domisili tujuan tersebut tersedia tempat untuk melaksanakan UTBK. Jika Anda memilih lokasi ujian di Bandung, maka dapat memilih Universitas Padjadjaran sebagai pusat ujian nantinya.

Jangan sampai salah ya dalam memilih lokasi ujian, ini berkaitan dengan data yang tidak dapat diubah ketika sudah terkirim.

Apakah Memilih Lokasi UTBK-SBMPTN Mempengaruhi Hasil?

Memilih lokasi UTBK-SBMPTN tidak ada hubungannya dengan hasil nilai ujian tersebut. Namun memilih pusat ujian dilaksanakan mempengaruhi peserta untuk menuju lokasi UTBK-SBMPTN nantinya.

Hal ini telah disampaikan oleh pihak LTMPT terkait memilih lokasi ujian yang akan dipilih nantinya. Baik domisili di Aceh lalu memilih lokasi ujian di Jakarta, hal ini tidak menjadi masalah dengan SBMPTN yang diikuti.

Ada baiknya untuk memilih lokasi ujian SBMPTN sesuai dengan rekomendasi yang disebutkan di atas tadi. Dengan tujuan untuk memudahkan Anda nantinya dalam menuju lokasi UTBK-SBMPTN.

Selain itu jangan lupa untuk membawa alat dan juga dokumen yang diminta sesuai dengan persyaratan UTBK. Persiapkan mental dan kesehatan untuk menghadapi UTBK agar berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Kesempatan ke Luar Negeri dengan Beasiswa Kominfo 2022

Kesimpulan Tentang SBMPTN Dilaksanakan Dimana

 Jangan malu bertanya mengenai “SBMPTN dilaksanakan dimana”, terkadang peserta juga perlu arahan untuk bisa mengikuti SBMPTN. Bahkan hari menjelang UTBK dilaksanakan juga perlu hal ini ditanyakan, seperti dimana lokasi dan ruangan ujian.

Selain itu juga perlu diperhatikan untuk memilih tempat ujian yang sesuai dengan pilihan dan juga mempermudah Anda nantinya. Hal ini berkaitan dengan data yang sudah diinput tidak dapat lagi diubah, termasuk tempat memilih lokasi ujian.

Semoga Anda diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengikuti UTBK-SBMPT, mulai dari latihan soal sampai ujian nanti. Jangan lupa berdoa dan minta dukungan orang terdekat untuk kelancaran ujian nantinya.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x