INFORMASI

Mahasiswa Universitas Ini Bisa Daftar Beasiswa Paragon Scholarship

5 min read
Mahasiswa Universitas Ini Bisa Daftar Beasiswa Paragon Scholarship

Banyak beasiswa yang menerapkan sistem mitra perguruan tinggi untuk menyebarkan informasi, salah satunya Beasiswa Paragon Scholarship. Program pendidikan satu ini membuat relasi dengan perguruan tinggi di Indonesia untuk menyebarkan informasi mengenai programnya.

Misi Ke-6 Paragon Tentang Beasiswa

Beasiswa Paragon Scholarship adalah sebuah misi ke enam yang ingin dicapai oleh Paragon yaitu sebuah dukungan pendidikan dan kesehatan bangsa. Program tersebut memberikan dukungan kepada mahasiswa di 15 kampus mitra pilihan dengan memberikan bantuan dana pendidikan.

Paragon memberikan sebuah solusi untuk menangani permasalahan pendidikan yang seringkali berkaitan dengan kesejahteraan keluarga. Maka itu, hal yang pertama dilakukan adalah membuat sebuah program bantuan dana pendidikan untuk membantu mahasiswa.

Tak hanya diberikan sebuah bantuan dana pendidikan, tetapi di dalam Beasiswa Paragon Scholarship akan ada beberapa pelatihan dasara. Di mana harapannya pelatihan dasar tadi dapat membentuk karakter mahasiswa lebih baik, serta kegiatan lain seperti kontribusi sosial.

PT Paragon Technology and Innovation merupakan sebuah kompani yang sudah ada sejak tahun 1985 dan bergerak di industri kosmetik. Di dalam kegiatannya mengembangkan kosmetik, Paragon tak melupakan tanggungjawab sosial kepada masyarakat.

Itulah mengapa, dalam Beasiswa Paragon Scholarship yang dibuat Paragon tak lupa untuk menyisipkan kontribusi sosial sebagai kegiatan peserta. Serta dorongan untuk membuat inovasi keren untuk negeri melalui program yang ada.

Karena program pendidikan tersebut tidak hanya ingin membantu secara materi, tetapi juga membantu secara sosial. Hal ini tentu akan berdampak baik bagi penerima beasiswa, karena dengan begitu mereka memiliki pengalaman di masyarakat.

Serta, akan ada kontribusi nyata yang diberikan oleh mahasiswa-mahasiswa tersebut di dalam kehidupan bermasyarakatnya. Kegiatan satu ini tidak hanya akan mendukung biaya pendidikan, tetapi juga mendukung upaya penerima untuk melatih soft skill.

Maka itulah beasiswa tersebut sangat sayang untuk dilewatkan oleh siapapun, terutama mahasiswa di kampus mitra.

Cakupan dan Jenis Beasiswa

Ada 3 jenis Beasiswa Paragon Scholarship yang dibuat pada program bantuan pendidikan tersebut, dengan masing-masing mitra kampus. Juga beberapa cakupan yang akan diterima oleh pendaftar beasiswa yang lolos dan berhasil mendapatkan bantuan.

1. Beasiswa Pemberdayaan

Tiap mitra kampus memiliki jenis beasiswa tersendiri dari Paragon yang dapat diikuti oleh mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. Untuk beasiswa pemberdayaan, ditujukan sebagai dukungan terhadap mahasiswa berprestasi dalam pendidikan tinggi.

Yang nantinya juga akan memberikan pendampingan yang intensif untuk melakukan self development, serta persiapan karir. Mitra kampusnya dari USU, UNTIRTA, UIN Jakarta, UNAND, Polban, serta UNAIR, mahasiswa dari kampus tersebut dapat mendaftar.

2. Beasiswa Prestasi

Beasiswa prestasi diberikan untuk mendukung mahasiswa yang berprestasi di dalam menjalankan perkulaiahan. Baik akademik maupun akademik yang menginginkan pula bantuan pengembangan diri serta persiapan karir.

Untuk kampus mitra yang dapat mendaftarkan mahasiswanya ada dari UGM, ITB, UI, UIPB< UB, UNDIP, UNPAD, Telkom University, juga ITS. Tiap mahasiswa wajib mengisi data dengan benar, sesuai ketentuan yang sudah diberlakukan oleh penyelenggara.

3. Beasiswa Inovasi

Beaiswa inovasi sebenarnya adalah bantuan pendidikanyang dikhususkan kepada mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas akhir. Beasiswa ini akan memberikan cakupan dana, serta berbagai program yang mendukung penelitian tugas akhirnya.

Mitra perguruan tinggi yang dapat mendaftar adalah UGM, ITB, UI, IPB, UB, UNDIP, UNPAD, Tekom University, juga ITS. Program ini khusus untuk mahasiswa semester akhir, untuk yang belum melakukan tugas akhir dapat mendaftar di kedua program di atasnya.

4. Bantuan Dana Pendidikan

Bantuan dana pendidikan adalah sebesar Rp6,2 juta tiap semester hingga pelaksanaan tahun ke-4 untuk jenis beasiswa pertama dan kedua. Sedangkan untuk beasiswa tugas akhir, akan menerima bantuan dana pendidikan sebesar Rp5 juta sebagai dana penelitian.

Tentu nominal tersebut amat besar bagi mahasiswa dari kampus mitra yang telah lolos seleksi pendaftaran. Sehingga beasiswa tersebut sangat layak untuk diperjuangkan demi mendapatkannya.

5. Program Pengembangan Diri

Tak hanya bantuan pendidikan berupa dana, dalam Beasiswa Paragon Scholarship juga diberikan bekal self improvement. Di mana ada banyak kegiatan untuk pengembangan diri peserta terpilih yang berhasil mendapat beasiswa.

Contohnya adalah program leadership, personal mastery, problem solving, negotiation and conflict resolution, critical thinking. Serta creative thinking juga beberapa lainnya yang dapat menjadi sebuah kegiatan pelatihan skill yang wajib dimiliki Anda.

Tak hanya sebuah kegiatan untuk diri sendiri, program tersebut juga mengadakan kegiatan proyek sosial. Dimana artinya proyek sosial membuat mahasiswa penerima beasiswa memiliki kesempatan untuk terjun langsung ke masyarakat.

Itulah jenis-jenis Beasiswa Paragon Scholarship juga cakupannya yang cukup luas serta banyak sehingga memberikan banyak manfaat. Tak hanya dibidang pendidikan, tetapi juga melatih diri untuk terjun langsung ke masyarakat dan memberikan manfaat.

Persyaratan Beasiswa

Untuk beasiswa prestasi dan pemberdayaan, beberapa persyaratan yang berbeda dimulai dari status mahasiswa adalah D3 hingga S1. Merupakan mahasiswa dari kampus mitra dengan IPK minimal 3 serta sudah mendapatkan rekomendasi dari pihak kampus.

Sedangkan untuk beasiswa inovasi adalah mahasiswa S1 thun ke 4 yang sedang berupaya untuk mengerjakan skripsi atau tugas akhir. IPK minimal 3 serta tidak sedang mendapat beasiswa dari lembaga atau industri lainnya.

Proposal penelitian yang digarap memiliki korelasi dengan industri FMCG atau Beauty Industry, meski tidak wajib tetapi akan ada nilai tambah. Setelah program selesai, peserta harus berkomitmen untuk mengikuti tes seleksi karyawan.

Berkas yang dapat diajukan meliputi identitas diri di mana ada scan KTP, scan KTM, scan Kartu Keluarga, juga Curriculum Vitae (CV). Juga ada scan Surat Keterangan Fakultas bahwa Anda tidak sedang menerima bantuan beasiswa lain termasuk bidikmisi.

Memiliki sertifikat pendukung prestasi, jika ada silakan dilampirkan untuk memberikan poin plus dalam penilaian diri. Untuk pendaftar beasiswa inovasi, silakan lampirkan proposal penelitian skripsi yang sedang Anda kerjakan saat itu.

Jika dilihat sekilas, memang tidak banyak persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar Beasiswa Paragon Scholarship. Tetapi Anda harus tetap memahami apa saja yang wajib terlampir agar pendaftaran Anda dapat dipertimbangkan penyelenggara program.

Baca Juga: SBMPTN Hukum UI, Salah Satu Pilihan Favorit Calon Maba

Cara Mendaftar Beasiswa Paragon Scholarship

Untuk cara mendaftar, tidak sulit Anda cukup mendaftar pada link yang sudah disediakan (pendaftaran dilakukan secara daring). Kemudian silakan Anda unggah berkas-berkas yang sudah lengkap tadi ketika melakukan pendaftaran beasiswa tersebut.

Anda hanya tinggal menunggu seleksi berkas serta pengumuman hasil untuk lanjut ke seleksi selanjutnya yaitu sebuah tes online. Jika tes tersebut mampu dilewati, peserta akan melakukan wawancara dengan penyelenggara sebagai tahap seleksi akhir.

Tinggal menunggu pengumuman siapa saja yang berhasil mendapatkan Beasiswa Paragon Scholarship yang banyak keuntungannya. Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar sehingga data bisa dianggap valid dan dipertimbangkan.

Beasiswa Paragon Scholarship adalah definisi dari program bantuan pendidikan yang to the point dan memiliki berbagai manfaat. Jika tertarik untuk mencobanya, silakan perhatikan jadwal pendaftaran beasiswa itu.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x