SBMPTN

SBMPTN Hukum UI, Salah Satu Pilihan Favorit Calon Maba

5 min read
SBMPTN Hukum UI, Salah Satu Pilihan Favorit Calon Maba

SBMPTN Hukum UI telah menjadi salah satu jurusan pilihan paling diminati pendaftar SBMPTN tahun demi tahun. Banyak faktor yang membuat program studi hukum di Universitas Indonesia menjadi salah yang paling banyak peminatnya.

Tujuan Pendidikan Tinggi Fakultas Hukum UI

Salah satu faktor yang menjadikan program studi ini menjadi salah satu jurusan SBMPTN Hukum UI yang terfavorit adalah tujuannya. Tujuan yang dibangun Fakultas Hukum Universitas Indonesia senantiasa membangun integritas dan kepercayaan di masyarakat.

Tujuan pertama yang harus diketahui camaba SBMPTN Hukum UI adalah menyiapkan mahasiswa yang menguasai hukum Indonesia. Hal pertama yang menjadi dasar serta tujuan dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia adalah agar mahasiswa menguasai hukum Indonesia.

Mengerti dan menguasai dasar-dasar ilmiah dan dasar-dasar kemahiran kerja, hal tersebut ditujukan untuk mengembangkan ilmu hukum dan hukum. Tujuan lainnya juga untuk mengenal dan memiliki kepekaan terhadap masalah-masalahan keadilan di masyarakat.

Diharapkan mahasiswanya mampu menganalisis masalah hukum tersebut dalam masyarakat dengan baik dan benar. Kemudian mahasiswa juga diharapkan dapat mengunakan hukum sebagai sarana utuk memecahkan masalah yang ada di masyarakat.

Tak hanya dapat memecahkan masalah, tetapi juga memecahkan masalah dengan kebijaksanaan serta tetap pada dasar dan prinsip hukum. Sehingga mahasiswa Hukum menjadi sebenar-benarnya mahasiswa yang mempelajari dan memperoleh ilmu hukum.

Ketika lulus, camaba SBMPTN Hukum UI akan mejadi Sarjana hukum yang diharapkan dapat menegakkan hukum dengan adil di dalam masyarakat. Mengerti bagaimana cara kerja hukum yang benar sesuai landasan serta dasar hukum yang berlaku di Indonesia.

Fakultas Hukum UI hanya memiliki satu program studi saja, yaitu program studi Ilmu Hukum yang menghasilkan Sarjana Hukum. Program S1 Reguler di FHUI juga sudah mendapat akreditasi BANPT dengan peringkat A.

Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan karena masih sedikit sekali program Hukum yang memiliki akreditasi A secara keseluruhan.

Keuntungan Berkuliah di Fakultas Hukum UI

Jika Anda adalah camaba SBMPTN Hukum UI, maka pastinya Anda memilih jurusan tersebut karena melihat berbagai manfaatnya. Itulah mengapa di bawah ini akan dijabarkan keuntungan berkuliah di jurusan Hukum Universitas Indonesia.

1. Dididik Menjadi Kritis serta Berkarakter

Peserta jalur SBMPTN Hukum UI harus mengetahui bahwa banyak sekali manfaat yang di dapat jika berkuliah di FHUI. Salah satunya adalah melatih karakter Anda menjadi lebih kritis serta berani berpendapat.

Karena banyak kasus yang dianalisis, maka pastinya cara berpikir harus semakin kritis untuk tetap fokus pada analisis kasusnya. Itulah mengapa mahasiswa hukum harus terbiasa dengan cara berpikir cepat tepat, serta berani berargumen.

Banyak hal yang harus dihafalkan dalam belajar Hukum, karena tidak hanya mempelajari hukum Indonesia. Hukum internasional pun tak luput dari pembahasan, maka pastinya sudah terlatih untuk berpikir kritis.

2. Memiliki Dosen dan Pengajar Berkualitas

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa tenaga pengajar di selingkung Universitas Indoenesia memiliki kualitas yang baik. Akreditasi program studi yang A juga menjadi salah satu bukti pengajarnya memiliki kualitas yang bagus.

Sudah tersohor apabila pengajar di sana merupakan seorang praktisi yang sudah berpengalaman di bidangnya. Sehingga materi dan pembelajaran yang dihasilkan juga lebih berkualitas tentunya.

3. Fasilitas Lengkap Dan Sepadan

Universitas Indonesia merupakan kampus ternama TOP 10 yang tidak perlu diragukan lagi kualitas dan fasilitas di dalamnya. Fasilitasnya yang lengkap membuat kegiatan belajar mengajar lebih nyaman dan terarah.

Terdapat perpustakaan, fasilitas olahraga, ibadah, juga terutama ruang belajar yang nyaman untuk meningkatkan fokus belajar. Hal tersebut sepadan dengan perjuangan Anda mengikuti SBMPTN hingga lolos dan masuk UI.

4. Lingkungan Belajar Edukatif dan Kondusif

Di Fakultas Hukum Universitas Indonesia banyak sekali disediakan ruang terbuka hijau sebagai tempat belajar dan berdiskusi. Yang mana hal tersebut merupakan salah satu fasilitas agar kegiatan belajar lebih kondusif.

Salah satu jurusan yang memiliki lingkungan belajar edukatif karena mahasiswanya terdiri dari berbagai macam orang. Diversity yang sesungguhnya membuat lingkungan belajar menjadi lebih edukatif dan teoleran.

5. Bekerja Sama dengan Banyak Pihak

Jika mendengar seseorang mengatakan dirinya adalah lulusan UI, pasti yang tergambar di kepala seseorang yang sukses. Hal tersebut dibarengi dengan banyaknya pihak yang menjadi mitra UI untuk mahasiswanya.

Dengan banyaknya pihak yang bekerja sama, maka tidak sulit untuk mencari tempat magang bagi mahasiswa. Atau, alumni lulusan UI akan mudah diterima kerja karena adanya ikatan kerja sama yang berlaku antara kedua belah pihak.

Tetapi tetap saja, segala hal tergantung dengan kemampuan dan skill yang dimiliki, sehingga jangan sepelekan hal tersebut.

Setelah mengetahui keuntungannya, sebagai camaba SBMPTN Hukum UI Anda pasti semakin tertarik untuk menjadi bagian di sana. Meski begitu, harus tetap diingat kualitas tersebut wajib dibarengi dengan keseriusan Anda dalam belajar di FHUI.

6. Bidang Studi

Selama menjadi mahasiswa, akan ada banyak mata kuliah atau bidang studi yang dipelajari untuk mendukung aktivitas Anda. Bidan studi tadi akan menjadi mata kuliah yang harus dituntaskan untuk menunjang kelulusan Anda.

Bidang-bidang studi yang wajib diketahui camaba SBMPTN Hukum UI antara lain ada Dasar-Dasar Ilmu Hukum. Yang biasanya diberikan pada semester awal untuk bekal mempelajari mata kuliah lanjutan yang tidak kalah seru.

Selanjutnya ada Hukum Islam dan Hukum Adat yang sering menjadi favorit karena banyak hal baru yang bisa diketahui di dalamnya. Kemudian ada Hukum Ekonomi dan Teknologi, Hukum Masyarakat dan Pembangunan, juga Hukum Acara.

Yang mana mata kuliah tersebut sudah mulai menyempit dan dibahas lebih dalam dengan berbagai macam analisis. Kemudian ada pula Hukum Internasional dan Hukum Administrasi Negara yang juga sering menjadi favorit anak hukum.

Baca Juga: Program Vokasi Berkualitas dengan Dukungan Beasiswa Astra

Siap Mengikuti SBMPTN Hukum UI?

Masih ada beberapa bidang studi lagi yang harus dipelajari camaba SBMPTN Hukum UI seperti Hukum Tata Negara, Pidana, dan Perdata. Semua mata kuliah tadi bisa dibahas meluas atau menyempit tergantung pada kurikulum yang berlaku.

Tetapi semua mata kuliah yang ada tentunya tetap seru untuk dipelajari apalagi bagi Anda yang memang sudah berminat sejak awal. Maka itu, perlu konsentrasi dan fokus untuk bisa mempelajari matkul tersebut.

Banyak hafalan, sehingga Anda perlu meningkatkan konsentrasi juga fokus agar hafalan-hafalan Undang-Undang atau lainnya lebih melekat. Itulah mengapa jurusan ini akan melahirkan lulusan yang memiliki daya ingat tinggi, apalagi soal peraturan.

Jika Anda tertarik, Anda harus melatihnya mulai hari ini dengan banyak membaca buku-buku hukum serta teori-teori. Semoga dengan hal tersebut, Anda semakin paham bidang studi yang dipelajari nantinya.

Camaba SBMPTN Hukum UI harus memiliki semangat dan konsentrasi yang tinggi agar dapat mengerjakan soal UTBK. Kemudian bisa lolos dan menikmati masa kuliah menjadi mahasiswa Hukum Universitas Indonesia yang membanggakan. Ingin bergabung? Yuk cek update infonya di situs resmi https://simak.ui.ac.id/ilmu-hukum.html.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x