SBMPTN

Materi-Materi SBMPTN Geografi dengan Cakupan yang Terintegrasi

5 min read
Materi-Materi SBMPTN Geografi dengan Cakupan yang Terintegrasi

Salah satu materi yang akan diujian dalam UTBK adalah SBMPTN geografi, di mana materi tersebut terdapat pada jalur SOSHUM. Materi-materi yang ada harus dipelajari dengan sungguh-sungguh agar bisa mendapat hasil tes yang memuaskan.

Pengetahuan Dasar Geografi

Untuk soal SBMPTN geografi, jika peserta ujian adalah siswa jurusan IPS pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai materinya. Tetapi, untuk lintas jurusan, Anda wajib mengetahui pengetahuan dasar geografi sebelum mempelajari selanjutnya.

Pengetahuan dasar geografi dapat dimulai dari mempelajari pengantar geografi yang berisi apa sebenarnya geografi itu. Lalu kemudian, Anda juga dapat mempelajari munculnya ilmu geografi, sejarah geografi, juga bagaimana penjelajahan terjadi.

Materi SBMPTN geografi sebenarnya sangat mengasyikkan dibanding dengan materi tes lainnya bagi peserta yang suka dengan hafalan. Banyak hal yang bisa dipelajari lewat geografi, hingga bagaimana lapisan tanah ataupun awan terbentuk.

Tak hanya itu, dalam pengetahuan dasar geografi Anda juga akan mempelajari bagaimana pemetaan terjadi dan apa saja hal-hal di dalamnya. Serta bagaimana perkembangan ilmu geografi dari masa ke masa hingga bagaimana lingkungan membentuk manusia.

Ilmu geografi mempelajari segala aspek, sehingga banyak materi yang setidaknya nanti harus diketahui meski hanya dasarnya. Dalam pengetahuan dasar, akan dipelajari materi tentang geografi modern seperti manusia mengubah lingkungan.

Di dalamnya akan dijabarkan apa saja hal-hal yang dilakukan manusia terhadap lingkungan, serta bagaimana jadinya lingkungan saat ini. Materi-materi tersebut tidak bisa dipelajari dalam waktu singkat, Anda harus banyak membaca agar lebih paham.

Dengan mengetahui pengetahuan dasar geografi, Anda dapat mempelajari materi lanjutan yang mungkin tingkat kesulitannya tinggi. Harapannya, Anda sudah dapat menemukan kerangka berpikir yang dibangun oleh Ilmu Geografi tersebut.

Beberapa Contoh Materi UTBK

Dalam pelaksanaannya, tidak semua materi masuk ke dalam soal uji SBMPTN geografi, yang mana berarti peserta harus selektif. Selektif untuk mempelajari materi mana saja dengan kemungkinan terbesar untuk keluar di soal ujian.

1. Dinamika Planet Bumi

Salah satu yang sering keluar menjadi soal SBMPTN geografi adalah soal dinamika planet bumi yang merupakan materi awal. Materi tersebut membahas tentang planet bumi dan berbagai hal mengenainya.

Dinamika planet bumi dianggap sebagai sebuah ruang kehidupan, yang membuat banyak penelitian terhadapnya. Bagaimana sejarah terbentuknya bumi, juga bagaimana bumi bisa dianggap layak untuk ditinggali selama ini.

2. Peta, Pengindraan Jauh, & SIG

Di dalam materi ini, Anda akan mempelajari soal fungsi-fungsi peta, apa itu peta, lalu fungsi peta sebagai komponen pengindraan jauh. Selain itu, mempelajari pula manfaat SIG yaitu memberikan gambaran permukaan bumi.

Materi ini banyak membicarakan mengenai teknologi SIG maupun bagaimana caa kerja pengindraan jauh. Apalagi untuk saat ini dengan berbagai kemudahan teknologinya yang dapat membuat masyarakat menggenggam peta.

3. Dinamika Lapisan

Dinamika lapisan termasuk ke dalamnya berbagai jenis lapisan mulai dari lapisan tanah atau dinamika lapisan litosfer. Maupun hidrosfer juga atmosfer yang terbagai ke berbagai jenis lapisan.

Di dalam materi ini, Anda akan diminta untuk banyak menghafal karena nama-nama dari tiap lapisan berbeda. Juga bagaimana ciri-ciri tiap lapisan, akan dibahas lebih jauh di dalam materi dinamika lapisan.

4. Sumber Daya Alam

Karena Indonesia memiliki banyak sekali keberagaman sumber daya alam yang harus dijaga kelesetariaannya, maka materi ini ada. Di dalamnya akan mempelajari apa saja jenis SDA yang dimiliki Indonesia.

Ditambah bagaimana kondisi SDA, lalu cara memanfaatkan tanpa merusak, juga bagaimana masyarakat dapat melestarikannya. Sumber daya alam sungguh beragam, yang membuat Indonesia semakin kaya akan keragaman.

5. Konsep Wilayah dan Tata Ruang

Dalam bab ini, Anda akan mempelajari hal-hal mengenai tata ruang dan wilayah mulai dari apa itu wilayah formal dan fungsional. Kemudian apa perbedaan dari ruang, lokasi, wilayah, daerah, serta Kawasan yang harus diketahui.

Bagaimana ciri-ciri wilayah serta tata ruang, mulai dari ciri-ciri lokasi, daerah, maupun Kawasan. Khususnya mempelajari bagaimana tata ruang di Indonesia dan hal yang membedakan tiap daerahnya.

6. Interaksi Negara Maju dan Berkembang

Negara maju dan berkembang juga menjadi aspek soal yang sering muncul pada UTBK SBMPTN geografi. Materi tersebut mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan negara maju maupun berkembang.

Seperti contohnya adalah ciri-ciri yang dimiliki negara maju atau negara berkembang, daftar negara-negara yang termasuk ke dalamnya. Hal tersebut dapat menambah khasanah akan tipe-tipe negara berdasarkan kualifikasi negara maju atau berkembang.

7. Interaksi Keruangan Desa dan Kota

Interaksi keruangan desa dan kota juga salah satu materi favorit yang sering keluar di dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer tersebut. Untuk itu, mempelajari materi ini sungguh dapat membantu meningkatkan peluang.

Contohnya mempelajari tentang pola keruangan desa-kota, bagaimana seseorang bisa mendeskripsikan kota atau desa. Lalu apa saja ciri-ciri kota dan juga ciri-ciri desa berdasarkan beberapa hal.

Dari sana, Anda dapat mengetahui mana saja materi SBMPTN geografi yang sering muncul pada ujian SBMPTN. Sehingga peserta dapat mempersiapkan diri untuk mempelajari materi yang tidak sedikit tersebut lebih cepat.

Baca Juga: Syarat Beasiswa CIMB Niaga dan Informasi Lengkapnya

Kesulitan yang Dihadapi Saat SBMPTN Geografi

Jika melihat banyak sekali materi SBMPTN Geografi yang harus dipelajari, pasti banyak peserta yang mengalami kesulitan ketika belajar. Hal tersebut sangat wajar dikarenakan ada banyak aspek yang harus segera dipahami sebelum pelaksanaan ujian.

Apa lagi untuk seseorang yang tidak mudah menghafalkan materi, usaha untuk memahami materi harus lebih keras dari yang lain. Agar tetap mengerti materi serta pemahaman yang nantinya akan keluar di soal ujian.

Kesulitan tersebut dapat dihadapi, jika peserta mempersiapkan diri untuk ujian mulai dari jauh-jauh hari dengan belajar. Membuat rangkuman, belajar, atau membaca dapat secara efektif membantu Anda untuk mengingat materi lebih baik.

Jika banyak yang harus dilakukan, maka yang utama adalah membaca sembari mempersiapkan materi lain untuk dipelajari. Gunakan waktu yang dimiliki agar penyerapan materi tetap maksimal, untuk hasil yang maksimal pula.

Materi SBMPTN geografi adalah salah satu dari banyak sub bab materi yang harus ditamatkan oleh peserta UTBK. Maka lebih baik untuk membuat strategi yang benar ketika mengerjakan soal agar terjawab dengan maksimal.

Misalnya, memaksimalkan belajar pada materi yang disukai atau dikuasai sembari belajar materi lainnya yang sulit dimengerti. Karena banyak yang harus dipahami, lebih baik untuk memiliki satu sub baba tau materi yang paling dikuasai.

Hal tersebut akan membantu Anda lebih percaya diri ketika mengerjakan soal, sembari mengamati soal-soal lainnya yang muncul. Sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memahami seluruh materi dari awal hingga akhir.

Materi-materi SBMPTN geografi di atas adalah segelintir dari banyaknya materi yang akan ditemui peserta ketika belajar. Tetapi jangan khawatir, karena sudah banyak rangkuman materi yang dapat memudahkan proses belajar Anda.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x