SBMPTN

Skema, Jadwal, dan Keuntungan Mengikuti SBMPTN Gelombang 2 2022

5 min read
Skema, Jadwal, dan Keuntungan Mengikuti SBMPTN Gelombang 2 2022

Tahun ini, ada dua kali pelaksanaan UTBK SBMPTN gelombang satu dan juga SBMPTN gelombang 2 2022 yang berbeda tanggalnya. Perbedaan jadwal pelaksanaan tersebut dibuat untuk meminimalisir lonjakan COVID-19 di Indonesia, karena peserta cukup banyak.

SBMPTN 2 Gelombang

SBMPTN gelombang 2 2022 dilaksanakan 5 hari setelah pelaksanaan gelombang pertama selesai, dimana gelombang pertama tanggal 17-23 Mei. Untuk gelombang ke dua nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei hingga 03 Juni 2022.

Diadakannya SBMPTN gelombang 2 2022 adalah sebagai usaha agar pelaksanaan UTBK tidak menghasilkan lonjakan COVID-19. Meski Indonesia sudah melewati masa kritis pandemi, tetap saja pencegahan harus tetap dilaksanakan sampai kondisi yang kondusif.

Dengan jumlah pendaftar UTBK tahun ini yang menyentuh angka 800.852 orang lebih memang lebih efektif untuk membuat dua gelombang. Di mana kedua gelombang tersebut memiliki jeda hari yang lumayan panjang untuk meredakan membludaknya peserta di tiap pusat lokasi.

Dua waktu yang tersedia dapat menjadi kesempatan yang berarti untuk peserta, karena memiliki peluang untuk belajar. Apalagi untuk peserta gelombang dua, memiliki kesempatan untuk mendalami materi lebih lagi sebelum melakukan tes.

SBMPTN gelombang 2 2022 tidak memiliki banyak perbedaan dengan gelombang awal, hanya perbedaan pada waktu pelaksanaan saja. Selebihnya, tetap sesuai dengan ketentuan dan aturan UTBK yang berlaku di tiap lokasi ujian.

Setelah resmi dibuka, pendaftarn UTBK memang diserbu banyak peserta baik peserta baru lulus atau pun gap year yang ingin mengikuti. Untuk itu, dengan adanya perbedaan waktu pelaksanaan, peserta yang mengikuti dapat dibagi secara rata.

Perbedaan waktu pelaksaan tersebut juga dapat memudahkan penilaian hasil ujian peserta yang nantinya akan diumumkan. Itulah mengapa dengan adanya dua gelombang ini lebih membantu dan memberikan keuntungan untuk peserta maupun penyelenggara.

Keuntungan SBMPTN Gelombang 2 2022

Tentunya setiap hal memiliki manfaat bagi Anda, SBMPTN gelombang 2 2022 pun juga demikian memiliki keuntungan diberbagai aspek. Hal tersebut akan dibahas di bawah ini untuk memberitahu Anda apa saja yang dapat dirasakan sebagai peserta.

1. Waktu Belajar Lebih Panjang

Dari gelombang satu menuju gelombang dua, ada jeda sekitar 5 hari untuk mempelajari lebih lanjut materi yang diujikan. Anda dapat mendalami materi, serta mengingat-ingat soal yang sekiranya akan keluar.

Waktu belajar yang lebih panjang tersebut, dapat dimanfaatkan dengan benar agar lebih yakin nanti ketika menjawab soal ujian. Salah satu keuntungan yang sangat jelas didapatkan oleh peserta gelombang dua UTBK.

2. Diri Lebih Siap

Karena ada waktu lebih untuk mempersiapkan diri dari segi materi belajar serta mental, maka Anda akan merasa lebih siap. Hal tersebut akan berpengaruh kepada bagaimana Anda nantinya menjawab soal.

Anda bisa menjadi lebih tenang, sehingga lebih mudah berpikir untuk menentukan jawaban yang benar dari soal. Diri yang lebih siap juga akan membuat diri Anda lebih positif terhadap ujian yang sedang dilewati, tanpa keraguan.

3. Menghindari Penularan Virus

Dari awal, adanya perbedaan gelombang pelaksaan bertujuan untuk meminimalisir terjangkitnya virus Corona. Bagi Anda yang mendapat jadwal untuk gelombang dua, maka ini sebuah kesempatan emas bagi Anda.

Selain hal akademis, Anda juga bisa lebih yakin untuk tidak tertular virus tersebut karena adanya perbedaan waktu. Tidak terjadi kerumunan dan terlalu banyak orang, sehingga kesempatan tertular lebih kecil.

4. Lebih Percaya Diri

Kepercayaan diri Anda juga akan meningkat seiring dengan pelaksanaan UTBK yang kedua karena sudah banyak yang selesai. Dengan kesiapan diri, Anda jadi tidak banyak merasa ragu atau gerogi ketika menyelesaikan soal.

SBMPTN gelombang 2 2022 membuat Anda lebih tenang karena merasa sudah siap dengan soal-soal yang akan dihadapi. Itulah mengapa Anda akan lebih merasa percaya diri untuk menaklukkan soal-soal HOTS tersebut.

5. Memahami Pola Soal

Memang, antara gelombang satu dengan gelombang dua soal yang keluar akan berbeda satu sama lainnya. Tetapi, Anda dapat belajar lebih banyak untuk lebih memahami pola soal yang akan keluar di ujian.

Hal tersebut membantu Anda lebih mudah memahami pola soal dengan adanya waktu ekstra sembari menunggu gelombang sebelumnya. Memahami pola soal dapat sangat membantu untuk pengerjaan soal-soal yang sulit dimengerti.

SBMPTN gelombang 2 2022 dapat memberikan keuntungan jika peserta memanfaatkannya dengan baik, apalagi dari segi waktu. Baik gelombang satu atau pun dua, tetap akan mendapatkan hasil yang sama tergantung pengerjaan Anda ketika pelaksanaan.

Kelompok Tes SBMPTN

Dalam SBMPTN gelombang 2 2022, tidak ada yang berbeda dari segi kelompok tes yaitu Saintek, Soshum, dan Campuran. Masih sama dengan gelombang satu, juga tahun-tahun sebelumnya yang juga memiliki tiga kelompok tes.

Yang akan diujikan untuk kelompok Saintek nantinya adalah Biologi, Kimia, Fisika, juga Matematika serta Tes Potensi Skolastik. Untuk Soshum, Anda akan mendapatkan sub tes Ekonomi, Geografi, Sosiologi, juga Sejarah dengan Tes Potensi Skolastik.

Kemudian, untuk kelompok tes Campuran, Anda akan menerima ujian dengan sub tes Saintek, Soshum, serta TPS. Tak lupa perihal Tes Bahasa Inggris yang ternyata juga ditambahkan secara terpisah sebagai sub tes tersendiri.

UTBK tahun ini akan menghadapi paket soal bahasa Inggris terpisah, dimana nantinya akan masuk ke dalam salah satu sub tes TPS. Soal yang keluar merupakan soal HOTS yang dibutuhkan ketelitian di dalam pengerjaannya.

Kemampuan Bahasa Inggris dari segi kemampuan menulis serta membaca akan diuji pada tes kemampuan bahasa Inggris tersebut. Maka, jangan sampai melupakan cara terpenting dalam memahami soal-soal bahasa Inggris yang akan muncul.

Ketiga kelompok tes di atas adalah kelompok yang Anda pilih di awal untuk menentukan program studi yang ingin dimasuki. Maka itu, persiapan untuk dapat menjawab soal-soal cukup panjang karena materinya cukup banyak.

Baca Juga: Pahami Step by Step Cara Melihat SBMPTN Hasil 2022 dan Skor

Persyaratan SBMPTN

SBMPTN gelombang 2 2022 memiliki persyaratan yang sama dengan gelombang sebelumnya, mulai dari berkas hingga lainnya. Berkas-berkas yang perlu disiapkan meliputi SKL atau Surat Keterangan Lulus maupun Ijazah jika ada.

Kartu Ujian Peserta UTBK juga menjadi salah satu hal wajib yang tidak boleh lupa disiapkan ketika akan melaksanakan ujian. Kemudian KTP atau Kartu Pelajar, juga berkas-berkas lainnya yang sudah ditentukan sejak awal.

Persyaratan lainnya adalah pembayaran biaya pendaftaran dengan harga sekitar Rp200.000 hingga Rp300.00 tergantung kelompok ujian. Kemudian peserta harus sudah mendapatkan setidaknya dua kali vaksin COVID-19 dibuktikan dengan sertifikat.

Peserta rumpun Soshum tidak dapat mengambil Program Studi rumpun Saintek seperti Kedokteran Umum atau Kedokteran Gigi. Sebaliknya, peserta Saintek tidak dapat memilih Program Studi rumpun soshum seperti Ilmu Komunikasi atau Pendidikan.

Itulah hal-hal mengenai pelaksanaan SBMPTN gelombang 2 2022 yang sebentar lagi akan dilaksanakan serentak. Untuk itu, jangan lupa mempersiapkan diri dengan memahami materi dan membangun kepercayaan diri Anda.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x