INFORMASI

Syarat Beasiswa CIMB Niaga dan Informasi Lengkapnya

5 min read
Syarat Beasiswa CIMB Niaga dan Informasi Lengkapnya

Beasiswa CIMB Niaga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan bantuan pendidikan berupa dana serta lainnya. Berikut ini adalah persyaratan serta prosedur yang dapat dijalani ketika Anda mendaftar beasiswa tersebut.

Merupakan Program Bank CIMB

Penyelenggara beasiswa CIMB Niaga tidak lain dan tidak bukan adalah perusahaan Bank CIMB Niaga yang dibuat untuk mahasiswa S1. PT Bank CIMB Niaga sudah menjalankan program ini dari tahun 2006 hingga saat ini masih terus berjalan.

Dengan jangka waktu pelaksanaan yang sudah lumayan lama tadi, beasiswa CIMB Niaga sudah mendistribusikan dana kepada 1.077 mahasiswa. CIMB ingin memberikan kontribusi berupa solusi agar mahasiswa tetap bisa melanjutkan pendidikan.

Program ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mengejar mimpi tanpa terhalang biaya pendidikan atau faktor kesejateraan ekonomi. Dalam pelaksanaannya, berbagai manfaat dapat dirasakan oleh peserta yang menerima beasiswa tersebut.

Peserta akan mendapatkan bantuan biaya kuliah selama empat semester penuh jika lolos seleksi hingga tahap akhir dan dinyatakan menerima. Tak lupa beasiswa tersebut juga meng-cover biaya tunjangan lainnya seperti biaya pengembangan diri.

Untuk mahasiswa yang sedang melangsungkan tugas akhir, Anda bisa mendapatkan biaya penyusunan tugas akhir. Serta tak lupa fasilitas penunjang seperti laptop yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan perkuliahan Anda.

Bank CIMB Niaga sepertinya telah menyusun program dengan sangat baik, karena program ini dilengkapi dengan kegiatan penunjang lainnya. Seperti adanya pelatihan dari karyawan program Management Trainee, serta mendapat kesempatan untuk kegiatan lain.

Peserta dapat berpartisipasi sebagai suka relawan dalam kegiatan CSR yang digagas oleh Bank CIMB Niaga. Juga berkesempatan menjadi CIMB Niaga Brand Warrior, serta menjadi prioritas ketika seleksi Development Program ketika lulus.

Peluang diterima ketika lulus kuliah dan melamar di CIMB Niaga akan besar untuk peserta lolos seleksi Beasiswa CIMB Niaga. Oleh karena itu, dengan banyaknya manfaat serta keuntungan yang didapat, banyak pula pesaingnya.

Persyaratan Pendaftar

Demi mendapat hasil terbaik, peserta pendaftaran beasiswa CIMB Niaga dapat mengikuti persyaratan yang berlaku. Di bawah ini beberapa persyaratan yang harus dilaksanakan secara benar dan tepat.

1. Mahasiswa Aktif Semester 5

Mahasiswa yang bisa mengikuti seleksi beasiswa CIMB Niaga adalah mahasiswa aktif semester 5. Atau dengan umur maksimal 22 tahun ketika mendafta dengan melampirkan surat keterangan dari Universitas.

2. IPK Semester 1-5 Minimal 3.25

Karena beasiswa tersebut diperuntukkan kepada mahasiswa berprestasi, maka salah satu persyaratan utamanya adalah IPK. IPK yang dimiliki harus mencapai setidaknya 3.25 pada tiap semester tanpa penurunan.

Dibuktikan dengan transkrip nilai yang nantinya akan dilampirkan pada saat peserta mendaftarkan diri. Diharapkan Indeks Prestasi Kumulatif tiap semesternya mengalami peningkatan yang konsisten.

3. Memiliki Prestasi

Memiliki prestasi akademik maupun non-akademik diberbagai bidang misalnya kesenian, olahraga, dan lainnya. Dibuktikan dengan sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh penyelenggara lomba atau kompetisi.

Anda dapat melampirkan beberapa sertifikat atau piagam jika memiliki lebih dari satu prestasi akademik maupun non-akademik.

4. Tidak Menerima Beasiswa Pihak Lain

Untuk tetap menjaga loyalitas terhadap pihak penyelenggara beasiswa, serta memberikan kesempatan kepada lainnya. Maka, pendaftar yang ingin mengikuti serangkaian seleksi tidak boleh nemerima beasiswa dari manapun.

Hal tersebut diharapkan dapat menjadi peluang untuk mahasiswa lain yang juga memiliki kendala biaya, agar tetap terbantu. Sehingga menciptakan bantuan pendidikan yang merata dari berbagai pihak yang menyelenggarakan.

5. Mengikuti Seluruh Proses Seleksi

Wajib mengikuti serta memenuhi segala proses seleksi yang sudah dijadwalkan sedari awal hingga selesai. Mengisi formulir pendaftaran secara akurat sebagai langkah awal, lalu mematuhi apa yang sudah menjadi ketentuan.

Proses seleksi dimulai dari seleksi berkas atau dokumen yang tadi sudah dikumpulkan melalui website resmi. Jika lolos tahap tersebut, dapat mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yaitu aptitude test.

Persyaratan-persyaratan beasiswa CIMB Niaga di atas hendaknya diikuti dengan benar supaya proses pendaftaran berjalan lancar. Selain itu, persiapkan diri Anda untuk mengikuti serangkaian prosesi seleksi yang akan dilaksanakan oleh pihak penyelenggara.

Tahapan Seleksi Beasiswa CIMB Niaga

Tahapan seleksi dimulai dari proses screening atau proses seleksi terhadap berkas atau dokumen yang sudah dikumpulkan di awal. Proses ini dilakukan oleh petugas penyelenggara untuk menyaring dokumen-dokumen yang layak dan sesuai.

Selanjutnya jika sudah, akan ada pengumuman untuk mengetahui siapa saja yang lolos seleksi pemberkasan dan akan mengikuti tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya merupakan seleksi Aptitude tes, berupa tes yang mengukur kemampuan kognitif seseorang.

Selanjutnya peserta yang dinyatakan lolos seleksi aptitude test akan langsung mengikuti tes learning group discussion step. Hingga pada tahap tes akhir yaitu tes wawancara untuk menyaring siapa saja yang berhak mendapatkan beasiswa.

Dengan seleksi-seleksi tersebut, maka dibutuhkan wawasan yang luas untuk dapat melewati tes-tes di atas sejak awal. Apalagi pada bagian aptitude test yang memang dikhususkan untuk mengetahui kemampuan kognitif pesertanya.

Dibutuhkan kecerdasan berpikir serta public speaking yang baik untuk melewati learning group discussion step juga wawancara. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa berlatih mulai hari ini untuk mempersiapkan diri Anda.

Jika wawancara telah selesai, maka waktunya peserta untuk menunggu hasil tes dan mengetahui siapa saja yang berhak mendapatkan beasiswa. Lima puluh peserta beruntung mendapat beasiswa dengan berbagai tunjangan serta kegiatan bermanfaatnya tadi.

Tahun lalu, total pendaftar sekitar 26.369 orang, dimana peserta yang lolos tahap seleksi dokumen hanya ada 500 orang saja. Tak sampai di sana, membuktikan antusiasme sekaligus keketatan yang tinggi, penerima beasiswa adalah 50 orang saja.

50 orang tersebut adalah yang benar-benar memiliki kualifikasi yang sesuai dengan tujuan, cita-cita, serta misi diadakannya program ini. Untuk itu, persiapkan diri Anda serta tingkatkan kembali prestasi yang Anda miliki untuk mendaftar program satu ini.

Baca Juga: Sudah Lulus, Tetap Bisa SBMPTN Gap Year Lho! Ini Manfaatnya

Cara Mendaftar

Sama seperti beasiswa lainnya, cara untuk mendaftar beasiswa CIMB Niaga cukup mudah, Anda hanya perlu mengisi data diri untuk langkah awal. Pendaftaran dilakukan secara online pada awalnya, Anda dapat cek email untuk mengaktifkan akun.

Selanjutnya, Anda dapat mengunduh formulir pendaftaran Beasiswa CIMB Niaga lalu mengisi formulir dengan rinci dan lengkap. Unggah formulir beserta segala dokumen yang harus dilampirkan, termasuk sertifikat prestasi.

Lalu Anda tinggal menunggu pengumuman selanjutnya setelah proses seleksi berkas berlangsung, kurang lebih biasanya 2 bulan. Selama itu, Anda dapat menyiapkan diri untuk tes selanjutnya untuk kemungkinan lolos pemberkasan.

Pendaftaran hingga proses seleksi memiliki jadwal yang panjang, dilihat dari banyaknya pendaftar yang antusias sekali. Maka, jangan lupa untuk cek secara berkala website resmi agar tidak ketinggalan informasi mengenai beasiswa tersebut.

Sudah jelas tentang beasiswa CIMB Niaga, maka ini saatnya Anda untuk mencoba mendaftar pada program pendidikan tersebut. Tak hanya membantu biaya pendidikan, tetapi juga meningkatkan relasi serta mengembangkan skill Anda.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x