SBMPTN

Pelajari Soal SBMPTN Fisika dan Pembahasan Agar Nilai Menjadi Tinggi

5 min read

Dalam materi SBMPTN fisika dan pembahasan, biasanya banyak dibahas soal-soal yang memerlukan rumus maupun pemikiran cepat. Di bawah ini adalah beberapa materi yang sering dibahas dan masuk ke dalam soal SBMPTN.

Materi Energi dan Usaha

Salah satu materi yang keluar di soal adalah energi dan usaha, setelah ini akan dibahas materi SBMPTN fisika dan pembahasan. Karena materi tersebut sering sekali keluar di sub bab fisika pada ujian tulis berbasis komputer.

Materi ini diberikan kepada siswa kelas 10 Sekolah Menengah Atas yang dijabarkan biasanya dalam teori dan rumus. Dalam pengertiannya, usaha adalah besaran energi atau gaya yang diberikan untuk menggerakkan suatu benda.

Benda atau objek disini dapat bergerak karena adanya usaha yang dikeluarkan sehingga letaknya berubah. Untuk menghitung rumus energi dan usaha, Anda bisa memulai dengan memahami sebutan-sebutannya.

Misalnya usaha di dalam ilmu fisika disimbolkan dengan huruf W dengan satuan joule, rumus usaha adalah W= F.s dimana F adalah gaya. Huruf s kecil merupakan perpindahan dengan satuan meter sehingga untuk mencari usaha gaya dikali perpindahan.

Ada beberapa jenis usaha, misalnya usaha pada bidang datar, meski datar tidak menutup kemungkinan gaya yang ada tidak lurus. Dalam hal tersebut, gaya akan membentuk titik tertentu sehingga digunakan persamaan.

Rumus untuk usaha pada bidang datar dimana W = F.cos(sudut).s yang artinya untuk mencari usaha gaya dikali dengan cos sudut diketahui. Setelah itu dikali dengan perpindahan yang diketahui, dengan rumus tersebut usaha akan terlihat.

Untuk usaha pada bidang miring, sering menjadi soal SBMPTN fisika dan pembahasan biasanya banyak di media sosial. Tetapi rumusnya adalah W = m.g.sin(sudut).s m merupakan massa sedang g adalah gravitasi.

Rumus dan Pengertian Energi

Setelah materi usaha pada SBMPTN fisika dan pembahasan sudah, kini beralih pada pengertia dan rumus-rumus energi. Biasanya materi ini banyak ditemukan pada soal, termasuk ketika UTBK fisika berlangsung.

1. Pengertian Energi

Jika muncul SBMPTN fisika dan pembahasan materi energi, pasti yang paling sering dibahas adalah apa itu energi. Yang dimaksud dengan energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu usaha.

Usaha dan energi bergantung antara satu sama lain, karena usaha merupakan perubahan sebuah energi pada objek. Sehingga energi merupakan komponen yang memiliki hubungan erat dengan usaha.

2. Energi Kinetik

Dalam energi, terdapat beberapa jenis salah satunya adalah energi kinetik yang mana adalah sebuah energi dari benda bergerak. Maksudnya, benda atau objek yang bergerak karena kecepatan memiliki energi.

Rumusnya menggunakan Ek =1/2.m.v^2  dimana Ek adalah energi kinetik dengan satuan joule, dan m adalah massa dengan kilogram. Lalu v adalah kecepatan yang diukur dengan m/s dengan v pangkat dua.

3. Energi Potensial

Rumus energi potensial biasanya banyak masuk SBMPTN fisika dan pembahasan diberikan secara merinci di lembar ujian. Energi potensial merupakan suatu energi dari benda atau objek karena sebuah posisi atau susunannya.

Maka dengan hal tersebut, digunakan rumus persamaan sebagai berikut, Ep = m.g.h dimana h adalah ketinggian beda. Lalu g adalah simbol dari gravitasi dengan m/s pangkat dua.

4. Energi Potensial Pegas

Untuk energi potensial pegas merupakan sebuah energi yang berguna untuk meregangkan dan menekan pegas. Sehingga rumusnya adalah Ep=1/2 k(∆x)^2=1/2.k.x² di mana k merupakan konstanta pegas. Untuk x adalah perubahan panjang pegas menggunakan satuan meter.

5. Energi Mekanik

Yang berikutnya ada energi mekanik di mana dapat dikatakan bahwa energi mekanik adlaah total energi potensial dan mekanik. Hal tersebut karena energi mekanik adalah energi yang berkaitan dengan Gerakan.

Sehingga rumus dasarnya adalah Em=Ep+Ek yang berarti untuk mendapat hasil energi mekanik, ep dan ek harus ditambah.

6. Daya

Meski daya jarang dibahas di SBMPTN fisika dan pembahasan, tetapi pengertian daya dapat disimak di sini. Daya adalah kecepatan dalam melakukan suatu usaha, atau jumlah energi yang dihabiskan dalam waktu.

Oleh karena itu, rumusnya sebagai berikut, P=W/t=F.s/t=F.v  di mana P adalah daya dengan satuan watt. Lalu t adalah waktu dengan satuan detik dan v merupakan kecepatan, serta s adalah jarak.

Beberapa hal di atas sering menjadi bahan diskusi untuk soal SBMPTN fisika dan pembahasan yang seru sekali apalagi sambal latihan soal. Energi dan usaha merupakan materi fisika yang terlihat gampang, tetapi sebenarnya sulit sekali.

Contoh Soal Usaha

Misal dalam sebuah ujian, ada satu contoh soal SBMPTN fisika dan pembahasan dengan soal cerita yang menanyakan besaran usaha. Maka Anda dapat memasukkan rumus yang tadi sudah dibahas, contohnya:

Sebuah benda memiliki bentuk tabung dengan massa 6 kg yang bergerak lurus, lalu berubah beraturan dengan kecepatan awal 12m/s. Serta percepatan 4 m/s, maka besar usaha yang diberikan objek tersebut selama 3 detik bergerak adalah…

Untuk soal ini, maka dapat diketahui bahwa m = 6 kg, v0 = 12 m/s a = 4 m/s dan t = 3s dan yang menjadi pertanyaan adalah W. Maka langkah pertama Anda harus menghitung kecepaan akhir dengan rumus Vt.

Lalu dari rumus vt tadi ditemukan 24 m/s sehingga tinggal dimasukkan ke dalam rumus awal yaitu, W= ∆Ek=1/2.m.(v 2/2-v 2/1). Sehingga W = 12m (Vt2-V02) lalu mendapat hasil 126 (242-122) tinggal sisa 3 (576-144) hasilnya adalah 1296 J atau 1,296 KJ.

Baca Juga: Program-Progam Beasiswa Smart Scholarship untuk Pelajar Kelas XI

Contoh Soal Energi

Jika untuk SBMPTN dan pembahasan contoh soal energi, berikut adalah sebuah soal cerita yang keluar pada soal.

Misalnya, sebuah alat make up bermassa satu kilogram berada di atas meja dengan tinggi 0,8 meter, energi potensial yang dimiliki adalah. Dihitung dalam satuan J dengan gravitasi 10 m/s dengan cara menggunakan rumus energi potensial.

Diketahui massa 1 kg, dengan h1 0.8 m dan h2 0 m serta gravitasinya 10 m/s maka jawaban yang bisa disimpulkan adalah. W = m.g (h1-h2) sehingga (1) (10) (0.8-0) jawabannya adalah 8 joule saja.

Misalkan soal lain adalah sebuah lampu dengan daya 25 watt menyalama selama 15 menit, sehingga berapa banyak energi listrik yang diperlukan?

Mengerjakan SBMPTN fisika dan pembahasan soal berikut adalah diketahui bahwa P = 25 watt dan t = 15 menit atau 900 detik. Maka W + P.t = (25) (900) = 22500 joule, energi listrik yang diperlukan lampu itu adalah 22500 joule.

Tak hanya energi dan usaha, banyak soal SBMPTN fisika yang bisa dipelajari karena SBMPTN terdiri dari banyak tes.

Itu tadi adalah beberapa contoh soal SBMPTN fisika dan pembahasan yang fokus kepada materi energi dan usaha. Dalam SBMPTN utamanya mata pelajarn fisika, soal-soal seperti ini sering muncul dan menjadi satu yang paling seru.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x