INFORMASI

Program-Progam Beasiswa Smart Scholarship

5 min read

Beasiswa Smart Scholarship ditujukan untuk siswa Sekolah Menengah Atas yang diadakan oleh YBM Brilian bagi pelajar kelas XI. Program pendidikan ini merupakan pendayagunaan zakat YBM Brilian pada bidang pendidikan untuk menunjang kegiatan akademik.

Cakupan Beasiswa Smart Scholarship

Beasiswa Smartini meemiliki berbagai cakupan program yang tidak hanya dapat membantu pendidikan, juga melatih kemampuan. Dana bantuan dan program pendidikan yang digagas, cukup ideal untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak.

Cakupan yang ada juga sebenarnya berguna untuk menunjang visi dan misi mewujudkan program ini dari awal. Yaitu menghasilkan sumber daya manusia unggul, berkarakter, kompeten, serta berdaya saing tinggi.

Pelatihan soft skill menjadi salah satu hal penting yang diberikan oleh beasiswa Smart Scholarship yang sedari awal menawarkan keuntungan. Tak hanya masalah penguatan soft skill, ketika seseorang menerima beasiswa ini, jejaring semakin luas.

Memiliki jejaring sangatlah penting untuk membuat koneksi yang bermanfaat dan menunjang berbagai proses perkembangan diri. Jejaring ini didapat dari penerima-penerima beasiswa lainnya, juga dari pihak YBM Brilian.

Koneksi yang luas, akan membuat Anda dapat bertemu orang-orang hebat dan belajar banyak hal dari sana. Itulah mengapa mendapatkan keuntungan jejaring yang luas adalah salah satu hal besar dari beasiswa tersebut.

Cakupan yang paling penting dari beasiswa ini adalah tunjangan pendidikan berupa dana bantuan yang akan diberikan. Hal utamanya memang tunjangan prestasi bagi pendaftar terpilih yang sudah melalui berbagai seleksi hingga akhir.

Tunjangan tersebut bernilai sekitar Rp250 ribu tiap bulan untuk SMA, SMK, dan MA serta Rp500 ribu untuk perguruan tinggi. Nominal yang diberikan tergolong besar karena diberikan perbulan, terus menerus dan berkala.

Tahap Pendaftaran

Tahap pendaftaran beasiswa Smart Scholarship sama seperti beasiswa-beasiswa lain yang tidak sulit untuk dilakukan tahapannya. Berikut adalah tahapan pertama hingga terakhir untuk mendaftar beasiswa satu ini.

1. Menyiapkan Berkas Pendaftaran

Berkas pendaftaran harus dipersiapkan sebelum memulai daftar beasiswa Smart Scholarship selengkap-lengkapnya. Berkas tersebut meliputi scan kartu keluar, keterangan penghasilan orang tua, dan rapot terakhir.

Ada pula berkas berupa foto rumah tampak depan serta sertifikat penghargaan yang dimiliki pendaftar. Setelah selesai mempersiapkan, Anda bisa langsung melanjutkan registrasi selanjutnya secara online.

2. Registrasi Online

Anda bisa melakukan registrasi online, jika persyaratan di atas sudah terpenuhi berkas-berkasnya. Registrasi online dilakukan pada link pendaftaran yang sudah disedikana, jika Anda masuk dan memenuhi persyaratan.

3. Pengiriman Berkas

Setelah registrasi online untuk pendaftaran beasiswa Smart Scholarship, baru bisa melanjutkan tahap selanjutnya. Yaitu, mengirimkan berkas yang telah disebutkan sesuai dengan persyaratan.

Berkas tesebut diampirkan setelah Anda mendaftarkan diri pada program pendanaan pendidikan ini.

4.  Interview

Jika berkas-berkas dirasa benar, dan memenuhi kriteria Anda akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu wawancara. Pendaftar yang lolos seleksi berkas akan dihubungi untuk melakukan wawancar lanjutan.

Tahap ini menjadi tahap terakhir sebelum menunggu hasil pengumuman beasiswa Smart Scholarship. Wawancara menjadi langkah terakhir seleksi yang dilakukan selanjutnya dan menjadi penentu hasil.

5. Pengumuman Hasil

Dari tahap satu hingga empat sudah dilewati, yang artinya Anda tinggal menunggu hasil dari rangkaian seleksi. Pengumuman hasil akan diinformasikan dan dipublikasikan di dalam kanal website resmi YBM BRI.

Di atas adalah tahapan-tahapan seleksi jika Anda ingin mengikuti pendaftaran beasiswa Smart Scholarship. Jika dilihat dari susunan awal hingga proses akhir, terbilang cukup mudah dan bisa diatasi oleh pendaftar.

Timeline Pendaftaran

Yang jelas, beasiswa Smart Scholarship ini sudah direncanakan dan memiliki time line untuk tiap kegiatan yang dilakukan. Untuk tahun 2022, pendaftaran bisa dilakukan hingga tanggal 10 April 2022 untuk registrasi.

Jadwal ini diharapkan tidak terjadi kemoloran sehingga program beasiswa Smart Scholarship bisa didistribusikan tepat waktu. Apalagi jika pendaftar mencapai ratusan orang, maka sudah diantisipasi agar tetap tenang dan terjaga.

Untuk itu, setelah 10 April seleksi dinyatakan tutup dan dilanjutkan oleh seleksi yang dilakukan panitia penyelenggara. Setelah itu, keluarlah hasil siapa saja yang lolos dan bisa mengikuti interview untuk mendapat penerima beasiswa.

Biasanya isi wawancara meliputi apa yang akan dilakukan jika sudah menjadi penerima beasiswa Smart Scholarship. Atau hal apa yang bisa membuat penyelenggara menjadikan Anda sebagai salah satu penerima beasiswa?

Hal-hal semacam itu banyak ditanyakan ketika mengikuti wawancara seleksi beasiswa, apalagi beasiswa Yayasan. Karena nantinya, penerima beasiswa harus bisa memberikan kontribusi dan sedikit banyak memiliki skill.

Itulah mengapa, banyak yang gagal pada seleksi wawancara karena alasan dan jawaban yang dilontarkan kurang kuat. Hal tersebut membuat penyelenggara ragu untuk meloloskan Anda ke tahap selanjutnya.

Setelah wawancara, muncullah keresahan menunggu hasil pengumuman pemerolehan beasiswa satu ini. Pengumuman yang paling ditunggu-tunggu karena menjadi penentu, apakah Anda masuk ke dalam daftarnya?

Time line yang dibuat biasanya tidak bertele-tele dan selalu tepat waktu untuk supaya mengurangi keterlambatan yang bisa terjadi. Resiko keterlambatan pada satu langkah, dapat menghambat langkah-langkah selanjutnya, sehingga dibuat jadwal.

Baca Juga: Soal SBMPTN Fisika 2022 dan Pembahasan untuk Sukses Lulus Tahun Ini

YBM BRILiaN

YBM BRILiaN adalah sebuah NGO, atau organisasi non-profit yang merupakan lembaga Filantropi Islam yang mengelola dana. Dana-dana tersebut seperti dana zakat, infak, juga sedekah secara profesional sesuai syariat islam.

YBM BRILiaN juga membuat sebuah program pendanaan pendidikan Smart Scholarshipuntuk menyalurkan dana. Hal ini sangat berguna bagi kemajuan pendidikan secara tidak langsung, karena membantu kelangsungan.

Lembaga satu ini, memiliki komitmen untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas hidup, juga mobilitas vertical keluarga dhuafa. Hal tersebut dilakukan melalui serangkaian program pendidikan inkusif, pemberdayaan masyarakat, serta program sosial.

Dimana, lembaga non-profit tersebut membawa banyak bantuan melalui berbagai program yang digagas. Program-program tersebut tidak hanya dari segi pendidikan, tetapi juga ekonomi misal bantuan stimulus modal, dan lainnya.

YBM juga melakukan kegiatan melalui program-programnya yang bergerak dibidang sosial seperti pendayagunaan zakat untuk kebutuhan dasar. Dana-dana zakat akan disalurkan kepada yang membutuhkan untuk pembinaan keluarga dan kemanusiaan.

Dari awal dibentuk hingga sekarang, lembaga satu ini sudah memberikan manfaat kepada hampir 150 ribu orang. Dari sekian banyak tersebut ada penerima bantuan dana pendidikan, yaitu beasiswa kelolaannya.

Beasiswa dari NGO ini memang juga diberikan kepada masyarakat kurang mampu yang ingin melanjutkan sekolah. Maka itu, program ini diharapkan bisa terus ada setiap tahunnya untuk membantu kemajuan pendidikan.

Apalagi semakin lama, peminat beasiswa dan pemburu beasiswa semakin banyak karena biaya pendidikan yang juga semakin mahal. Sehingga dengan adanya program ini diharap YBM bisa sangat membantu.

Itulah di atas beberapa hal tentang beasiswa Smart Scholarship yang bisa jadi baru diketahui oleh Anda yang ingin daftar. Tentu saja, jangan lupa untuk melihat value beasiswa yang ditawarkan, apakah cocok dan bisa jadi opsi untuk Anda.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x