INFORMASI

Pendaftaran Beasiswa NTB 2022 untuk Peningkatan SDM Daerah

5 min read
Pendaftaran Beasiswa NTB 2022 untuk Peningkatan SDM Daerah

Beasiswa NTB merupakan program darmasiswa yang diadakan atau diselenggarakan oleh Pemprov NTB melalui pengelola darmasiswa ke luar negeri. Pemprov NTB memiliki rancangan atau rencana untuk mengirim 1000 pemuda-pemudi NTB untuk belajar ke luar negeri.

Yaitu menggunakan dana dari para donatur bukan dari APBD yang digunakan untuk pemuda-pemudi NTB mendapatkan beasiswa. Pihak penyelenggara darmasiswa ini adalah LPPNTB atau Lembaga Pengembangan Pendidikan NTB.

Kapan Beasiswa NTB 2022 Dibuka?

Pendaftaran beasiswa NTB 2022 dibuka mulai 6 Maret 2022 hingga 22 April 2022. Pendaftaran tersebut diumumkan melalui sosial media, media Humas Pemprov NTB, dan website.

Untuk tautan pendaftaran beasiswa NTB melalui http://Bntb.site/pembukaanpendaftaranbeasiswantb2022/ melalui peramban masing-masing. Untuk mendaftar darmasiswa ini dilakukan mandiri secara daring dan registrasi beasiswa tidak dapat dilakukan secara langsung.

Pelamar wajib melengkapi berkas serta mengisi pendaftaran daring secara baik dan juga jujur. Pelamar dapat mengikuti panduan pengisian formulir pendaftaran beasiswa melalui buklet yang dapat diunduh pada website LPPNTB.

Jadwal serta Alur Beasiswa NTB 2022

Jadwal beasiswa NTB 2022 merupakan tanggal amat penting untuk diperhatikan agar tidak terlewat, termasuk tanggal pendaftaran. Berikut jadwal-jadwal darmasiswa ini:

  • Seleksi Administrasi (Tahap 1)

Seleksi administrasi dilakukan atau dilaksanakan segera setelah tanggal pendaftaran ditutup. Selanjutnya berkas diseleksi dengan mengutamakan namun tidak terbatas pada nilai IPK dan skor bahas.

Seleksi administrasi ini dilaksanakan paling lama selama 2 minggu setelah pendaftaran ditutup. Yaitu dari 18 April 2022 hingga 27 Apri 2022 untuk jadwal seleksi administrasi.

  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

Pelamar beasiswa yang dinyatakan lulus seleksi berkas akan diumumkan melalui website resmi LPPNTB dan email yang digunakan ketika mendaftar. Untuk peserta seleksi beasiswa ini yang tidak lulus, maka akan mendapatkan pengumuman “tidak lulus”

Untuk peserta yang dinyatakan lulus pada tahap 1 (seleksi administrasi) maka dapat mengikuti tahap kedua. Adapun untuk jadwalnya ada di tanggal 2 Mei 2022.

  • Konfirmasi Tahap 1

Untuk pelamar yang telah dinyatakan lulus tahap 1 wajib untuk melakukan konfirmasi kesediaan mengikuti seleksi interview atau wawancara. Yang mana waktu serta tempat atau metode yang sudah ditentukan oleh pihak LPPNTB.

Konfirmasi dapat dilakukan dengan mengisi tautan formulir yang sudah disediakan ketika pengumuman seleksi tahap 1. Formulir dikonfirmasi dibuka paling lambat 5 hari sejak pengumuman seleksi administrasi atau tahap 1.

 Jika calon penerima darmasiswa yang lulus tahap 1 tidak melakukan konfirmasi pada waktu yang telah ditentukan. Maka peserta dianggap gugur, aturan yang sama berlaku jika calon penerima beasiswa tidak datang pada jadwal yang telah ditentukan.

Jadwal dan Alur Beasiswa NTB

Masih membahas mengenai jadwal serta alur dari darmasiswa NTB ini, berikut alur dan juga jadwalnya:

  • Seleksi Tahap 2

Seleksi interview dilaksanakan paling lambat lima hari sesudah batas akhir konfirmasi pada tahap 1. Interview dapat dilakukan secara daring dan atau tatap muka.

Wawancara dilaksanakan minimal 2 orang per kelompok wawancara yang memiliki kualifikasi minimal S2 dari luar negeri. Selain itu juga memiliki pengalaman dalam melakukan wawancara.

Untuk jadwalnya sendiri diadakan mulai 7 Mei hingga 9 Mei 2022.

  • Pengumuman Tahap 2

Calon penerima beasiswa atau peserta yang telah dinyatakan lulus pada seleksi wawancara akan diumumkan melalui surel yang telah didaftarkan. Untuk peserta yang tidak lolos akan mendapatkan pengumuman “tidak lulus”.

Pengumuman seleksi tahap kedua ini disertai dengan tautan formulir konfirmasi kesediaan atau tidak bersedia menerima darmasiswa. Untuk tanggal pengumuman tahap 2 ini jatuh pada 23 Mei 2022.

Tentunya semua jadwal beserta alur-alur tersebut harus diingat atau disimpan agar tidak terlewat. Yang mana tanggal-tanggal tersebut amat penting untuk calon penerima beasiswa ini.

Batas Waktu Tujuan S2 Eropa dan Malaysia

Ada delapan batas waktu darmasiswa di tahun 2022 ini untuk S2 tujuan Eropa dan juga Malaysia. Dari tanggal pendaftaran sama saja dengan aturan tanggal serta alur daftarnya.

Yaitu jadwal yang dimulai dari tanggal 7 Maret 2022 hingga 23 Mei 2022. Yang mana tanggal-tanggal tersebut jadwal dan alur pendaftaran sekaligus batas waktu tujuan S2 Eropa dan Malaysia.

Untuk tanggal selanjutnya, 25 Mei hingga 25 Juni 2022 merupakan jadwal untuk persiapan aplikasi kampus. 1 Juli hingga 29 Agustus merupakan tanggal pendaftaran aplikasi Visa EMGS Malaysia.

Sedangkan untuk pendaftaran aplikasi Visa Eropa ada di 18 Agustus sampai dengan 19 September 2022.

Persyaratan Umum (S2)

Syarat umum yang pertama untuk melamar beasiswa ini adalah memiliki KTP dengan domisili NTB, atau diaspora NTB. Melampirkan transkrip nilai serta ijazah terakhir.

Selanjutnya melampirkan sertifikat skor bahasa dengan minimal TOEFL ITP 450 untuk S2 tujuan Malaysia. Sedangkan S2 untuk tujuan Eropa memiliki skor TOEFL ITP minimal 500 dan 400 nilai ITP untuk beasiswa guru SMK.

Yang keempat, pelamar diminta untuk membuat CV atau curriculum vitae dalam bentuk bahasa Inggris. Membuat study plan atau rencana studi dengan maksimal penulisan 1000 kata.

Selain itu juga diminta untuk motivation letter atau surat motivasi dengan maksimal 1000 kata. Selanjutnya melampirkan surat keterangan sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas.

Jenis-Jenis Beasiswa Nusa Tenggara Barat

Jenis-jenis darmasiswa NTB untuk luar negeri ini memiliki 3 kategori, yaitu kategori A, B, dan C. Untuk kelompok A, darmasiswa ini memberikan fully funded atau dibiayai secara penuh.

Yang mana untuk kategori A  komponen yang masuk ke dalam biaya tersebut adalah tuition fee, living allowance. Selanjutnya settlement allowance aplikasi Visa, asuransi kesehatan, dan biaya penerbangan.

Sedangkan untuk kategori B, darmasiswa ini membiayai studi hanya sebagian saja atau partial funded. Pada kelompok B ini komponen yang dibiayai oleh LPPNTB adalah sebagai dari kategori A atau salah satunya.

Yang terakhir untuk kategori C, darmasiswa untuk short course, program pengembangan diri, dan internship. Yang mana pendanaan yang diberikan kepada penerima beasiswa dibiayai secara penuh atau hanya sebagian.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa KJMU 2022 Telah Dibuka, Ikuti Prosedurnya

Negara Tujuan

Untuk negara tujuan darmasiswa Nusa Tenggara Barat di 2022 ini ada sebanyak 3 pilihan yang dapat dipilih oleh pelamar. Yaitu negara Malaysia, Polandia, dan Republik Czech.

Tentunya beasiswa ini merupakan kesempatan untuk masyarakat atau warga Nusa Tenggara Barat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Yang mana untuk tanggal pendaftaran serta jadwal seleksi tersebut telah diumumkan pada website resmi LPPNTB dan juga sosial media.

Tentunya untuk Anda yang berminat atau ingin melamar beasiswa ini dapat mempersiapkan diri dan juga berkas yang diperlukan. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai jurusan kuliah untuk tujuan Malaysia atau Eropa dapat dilihat pada bukletnya.

Selanjutnya untuk mengenai profil beasiswa, Visi dan Misi, serta struktur lembaga dari darmasiswa ini juga dapat dilihat di bukletnya. Yuk dari sekarang daftarkan diri di beasiswa NTB melalui website resmi LPPNTB.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Gunawan Mahendra
28 days ago

Assalamualaikum

Related Posts

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x