SBMPTN

Spesial untuk Pengguna KIP: Tips dan Trik Bisa Ikut SBMPTN Gratis

5 min read
Spesial untuk Pengguna KIP: Tips dan Trik Bisa Ikut SBMPTN Gratis

Bagi pengguna serta pemilik Kartu Indonesia Pintar, tidak perlu membayar uang pendaftaran alias SBMPTN gratis. Peserta bisa mendaftar KIP untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN jika memenuhi kriteria pendaftar.

Apa Itu Kartu Indonesia Pintar?

Kartu Indonesia Pintar atau KIP merupakan sebuah program pemerintah yang disebut Program Indonesia Pintar. Program Indonesia Pintar sebenarnya adalah hasil kerjasama Kemendikbud, Kemensos, serta Kemenag.

PIP menghadirkan Kartu Indonesia Pintar sebagai upaya untuk mencegah peserta didik dari putus sekolah akibat kemiskinan. Diharapkan dengan adanya bantuan berupa KIP, siswa dan mahasiswa tetap bisa melangsungkan pendidikan dengan nyaman.

Salah satu keuntungan memiliki KIP bagi peserta didik yang berhak adalah SBMPTN gratis, melalui KIP tidak perlu lagi membayar pendaftaran. Sehingga tetap bisa ikut melakukan ujian tulis SBMPTN tanpa takut akan biayanya.

KIP diberikan sebagai identitas penerima-penerima bantuan dari program Indonesia pintar yang memberi jaminan untuk peserta didik. Di mana jaminan tersebut berupa kepastian bahwa terdaftar tetap dapat menempuh pendidikan dengan bantuan pendidikan.

Selain itu, jika melakukan tes SBMPTN gratis memalui KIP lalu Anda dinyatakan lolos maka otomatis kuliah juga gratis. Karena hanya butuh mendaftar satu kali untuk dapat dipakai seterusnya, nantinya pendaftar akan banyak menerima bantuan.

Program Indonesia Pintar dengan menggunakan Kartu Indonesia Pintar merupakan suatu upaya untuk meningkatkan angka pendidikan. Diharapkan dapat menarik peserta didik yang putus sekolah, untuk bersekolah kembali tanpa kendala biaya.

Selain melakukan SBMPTN gratis bagi pemilik KIP, akan ada beasiswa yang diberikan secara berkelanjutan kepada siswa dan mahasiswa. Yang mana untuk mahasiswa akan diberikan bantuan berupa pembayaran UKT.

Cara Daftar SBMPTN Gratis

Jika ingin terdaftar sebagai peserta SBMPTN gratis, Anda perlu tahu alur pendaftaran yang benar agar memenuhi syarat. Berikut ini cara mendaftar untuk melakukan tes UTBK SBMPTN secara gratis.

1. Harus Terdaftar KIP Kuliah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa yang terdaftar SBMPTN gratis adalah penerima Program KIP kuliah. Sehingga, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu ke laman KIP Kuliah lalu lakukan registrasi di sana.

Lakukan validasi pada berkas-berkas yang diminta, setelah itu akan diberitahukan pengumuman hasil validasi. Jika berhasil, peserta dapat menerima Nomor Pendaftaran serta Kode Akses ke alamat terdaftar.

2. Pilih Proses Seleksi, Tekan UTBK-SBMPTN

Jika sudah, peserta dapat masuk ke dalam lama KIP Kuliah menggunakan nomor pendaftaran serta kode akses tadi. Lalu Anda dapat memiliki proses seleksi, lalu pilih bagian UTBK-SBMPTN untuk diakses.

Di dalamnya, Anda dapat melakukan pengisian secara terperinci agar tidak ada data yang salah. Karena akan sulit melakukan perbaikan terhadap kesalahan data, juga bisa-bisa menjadi invalid bagi penerima KIP.

3 Selesaikan Pendaftaran Hingga Selesai

Setelahnya, peserta dapat melakukan pendaftaran SBMPTN seperti pendaftaran pada umumnya hingga selesai. Pilih tempat tes, jam, dan sebagainya dilaman tersebut hingga benar-benar sudah siap serta selesai.

4. Peserta Login Ke Akun LTMPT

Setelah itu, peserta bisa mulai kembali masuk ke akun LTMPT untuk melakukan proses pendaftaran UTBK SBMPTN akhir. Tinggal menunggu selanjutnya untuk ikuti langkahnya hingga bertemu menu biaya pendaftaran.

Sama seperti peserta lain, Anda sudah bisa melakukan aksesn LTMPT untuk melakukan SBMPTN gratis. sesuai tanggal, tempat, serta rincian pendaftaran yang sudah dilakukan sebelumnya oleh pendaftar.

5. Klik Ambil Kartu Peserta Pada Menu Biaya Pendaftaran

Setelah menekan menu biaya pendaftaran, Anda bisa skip pembayaran karena sudah terdaftar KIP. Peserta tinggal menekan tulisan “Ambil Kartu Peserta” dan SBMPTN secara gratis sudah bisa dinikmati oleh Anda.

Anda tidak perlu melakukan pembayaran, tetapi langsung mendapat kartu peserta SBMPTN secara gratis. Setelahnya, peserta tinggal menunggu kegiatan SBMPTN berlangsung sesuai dengan jadwal yang dipilih.

SBMPTN gratis memang tidak semata-mata bisa didapat dan dirasakan oleh semua calon pendaftar SBMPTN, tetapi bagi penerima KIP. Untuk itu langkah-langkah pendaftaran yang benar perlu dilakukan serta diperhatikan agar tidak salah.

Manfaat Mendaftar KIP

SBMPTN gratis adalah hal paling awal setelah Anda menerima Kartu Indonesia Pintar, program ini mirip dengan bidikmisi. Ketika ternyata lulus pada SBMPTN, Anda akan resmi menjadi mahasiswa KIP yang tidak perlu pusing memikirkan uang kuliah.

Uang kuliah yang dikeluarkan penerima KIP adalah Rp0-, yang mana hal tersebut sudah sangat membantu meringankan bebas. Karena dana bantuan yang dikeluarkan cukup besar maka akses untuk mendapatkan KIP tidak mudah.

Pendaftar harus merupakan seseorang dari keluarga tidak mampu, dibuktikan dengan sejumlah berkas yang mendukung hal tersebut. Akan dilakukan survei terhadap data yang dituliskan oleh pendaftar, agar tidak terjadi salah target.

Selain itu, peserta KIP yang lulus SBMPTN, akan mendapat sejumlah uang tiap bulannya untuk menunjang kebutuhan hidup. Biaya hidup ini diberikan satu bulan atau satu semester sekali sebagai bentuk bantuan uang saku.

Pedaftar KIP tidak perlu pusing memikirkan biaya hidup karena sudah ditanggung oleh kementerian penyelenggara program. Dalam sebulan biasanya penerima KIP mendapatkan sekitar Rp700.000 setiap orangnya.

Tetapi angka pasti, tetap disesuaikan oleh kondisi daerah dimana penerima bantuan berkuliah, agar lebih adil dan merata. Ada pula penggantian biaya kedatangan pertama, untuk pendaftar KIP kuliah yang sudah ditetapkan sebagai penerima.

Lalu, bebas biaya pendidikan sejumlah yang seharusnya dibayarkan, artinya peserta didik tidak perlu membayar biaya kuliah lagi. Karena biaya tersebut sudah dibayarkan langsung oleh PIP kepada perguruan tinggi yang menaungi.

Itulah manfaat-manfaat yang diperoleh dari KIP selain pendaftaran jalur tes seperti tes SBMPTN gratis. Maka dari itu, jika Anda memenuhi persyaratan yang ditetapkan, ada baiknya Anda langsung melakukan pendaftaran.

Baca Juga: Program Beasiswa Bank Mandiri Sebagai Bentuk Dedikasi untuk Negara

Hal-Hal yang Menjadi Tanggungjawab Peserta

Dengan menggunakan KIP kuliah seperti SBMPTN secara gratis, ada beberapa poin yang harus dilakukan oleh penerima KIP. Kewajiban ini harus dipenuhi oleh peserta didik yang menerima dana bantuan dari Program Indonesia Pintar.

Misalnya, peserta didik harus menyimpan serta menjaga Kartu Indonesia Pintar dengan baik supaya tidak rusak maupun hilang. Peserta harus menjaganya tetap bagus hingga selesai menerima bantuan PIP yang jangka panjang.

Selain itu, peserta didik harus memanfaatkan bantuan yang diberikan sejalan dengan tujuan bantuan tersebut, yaitu dalam bidang pendidikan. Maksudnya, pemanfaatan dana bantuan harus dihabiskan untuk keperluan yang relevan.

Lalu, kembali kepada tujuan utamanya, yaitu fokus terhadap pendidikan. Diharapkan penerima bantuan tetap giat belajar, bersekolah, serta menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

Rajin, disiplin, dan tekun untuk mencetak prestasi di dalam pendidikan yang membantu Anda mencapai mimpi. Sehingga bantuan yang diberikan benar-benar digunakan untuk hal-hal baik yang berhubungan dengan bidang pendidikan.

Hal-hal di atas adalah keuntungan yang didapat oleh pemilik KIP disamping mendapat kesempatan tes SBMPTN gratis. Harapannya bantuan tersebut meningkatkan semangat peserta didik dalam meraih kesuksesan. Cek bagaimana status Anda di https://indonesiapintar.kemdikbud.go.id/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x