SBMPTN

Soal SBMPTN Fisika 2022 dan Pembahasan untuk Sukses Lulus Tahun Ini

5 min read

Soal SBMPTN fisika 2022 tentu harus dipelajari secara matang dan detail, untuk bisa diterima pada jurusan kuliah terkait. Sub tes satu ini memang menjadi favorit peserta ujian karena banyak mengandalkan hafalan rumus dan berhitung.

Sub Tes dalam SBMPTN Fisika 2022

Setelah mendaftar dan dapat kartu ujian dari https://portal.ltmpt.ac.id/, tentunya Anda harus banyak belajar tentang berbagai materi terkait. Sub tes atau materi SBMPTN fisika yang diujikan ada begitu banyak, mulai dari yang dipelajari dari semester satu hingga akhir. Di sekolah, guru pasti sudah mengajarkan beberapa rumus, teori, dan materi yang sering keluar diujian.

Cukup banyak materi yang dikeluarkan di dalam ujian SBMPTN fisika 2022, misalnya tentang alat-alat optik dan juga besaran vektor. Alat-alat optik dipelajari mulai dari benda optik seperti kaca, lensa, atau seperti prisma.

Soal ini termasuk yang mudah untuk dijawab dan dikerjakan karena merupakan soal pada semester-semester pertama SMA. Kemudian ada elastisitas dan getaran, fisika atom, gaya, gelombang dan bunyi, teori-teori, serta termodinamika.

Memang tak semua materi akan keluar dalam bentuk soal, tetapi banyak sekali soal-soal tidak terduga yang muncul. Jadi, Anda tetap harus belajar juga melakukan latihan soal sesering mungkin untuk mengasah daya ingat.

Apalagi jika berhubungan dengan rumus-rumus perhitungan seperti gaya, relativitas, waktu, juga lainnya di dalam soal. Penting untuk mempelajari bagaimana pola soal yang kira-kira nanti akan keluar di soal SBMPTN.

Membahas soal SBMPTN fisika 2022 sebenarnya tidak jauh dari yang namanya gerak, gaya, serta energi begitu pula ketik berlatih soal. Maka itu, Anda harus bisa memahami soal-soal yang sering muncul supaya berkesempatan besar menjawab benar.

Beberapa topik yang sering muncul disoal SBMPTN fisika 2022 misalnya seperti medan magnet, gravitasi, lsitrik, serta fluida. Masih banyak lainnya yang sering muncul dengan bahasa soal menggunakan HOTS.

Pembahasan Contoh Soal SBMPTN Fisika

Berikut di bawah adalah beberapa soal yang pernah keluar pada ujian SBMPTN Fisika 2022, beserta pembahasan jawaban benar. Perlu diperhatikan, agar lebih maksimal silakan mencoba untuk mengerjakan soal yang mirip dengan contoh.

1. Pertanyaan Berapa Perpindahan dan Percepatan

Dalam sebuah soal SBMPTN fisika 2022 ditanyakan perpindahan serta percepatan rata-rata dari benda yang disebutkan. Misalnya, posisi benda berada di sepanjang sumbu x dengan rumus x(t) yang sudah ditentukan.

Dengan satuan posisi (x) adalah meter dan (t) adalah detik, lalu selang waktu 2 sampai 4 detik. Maka, jawaban yang benar adalah 16 m dan 4 meter persekon menggunakan rumus x = -4t + 2t kuadrat.

2. Pernyataan Yang Benar Tentang Gas

Ketika suatu bejana kokoh berisi gas ideal dikocok berulang kali, maka apa yang akan terjadi pada keadaan gas di dalamnya? Jawabannya adalah temperature gas di dalam bejana akan bertambah tanpa gas melakukan usaha.

Hal tersebut karena bejana tersebut mengalami perubahan volume, sehingga dapat dihitung menggunakan hukum I Termodinamika. Jika Anda mengamati, maka w=0 itulah mengapa tempraturnya bertambah.

3. Menghitung Besar Usaha

Jika dalam sebuah permainan biola, pemain biola menarik senar dengan gaya 4 N sehingga bertambah panjang 4 mm. Maka pertanyaannya adalah besar usaha yang dilakukan oleh pemain biola tersebut adalah.

Jawaban yang tepat adalah 8 mJ karena menggunakan rumus W = ½ F x s, maka w = ½ 4 x 4 = 8 mJ. Itulah jawaban dari pertanyaan tersebut yang benar, sesuai dengan pernyataan yang diketahui F = 4 s = 4 mm.

4. Pertanyaan Tentang Gelombang

Sebuah pertanyaan muncul pada soal SBMPTN 2022 mengenaik manakah penyataan tentang gelombang yang benar. Soal cerita yang dijabarkan menggambarkan bahwa balok A dan B terapung di permukaan danau.

Dengan jarak 150 cm dan waktu 0 detik, balok A berada di puncak sedangkan B berada di lembah. Maka jawabannya adalah frekuensi gelombang 0,25 Hz karena f = 1/T sedangkan ¼ T = 1 s dan T = 4 s.

5. Pertanyaan Sistem Mekanik

Yang ditanyakan dari sistem mekanik adalah sebagai berikut, jika sudut kemiringan sebuah sistem mekanik adalah 30. Lalu bidang miring licin, dengan sistem berada di keadaan setimbang serta massa katrol dan pegas diabaikan.

Maka, salah satu cara agar sistem tetap seimbang adalah dengan konstanta pegas tetap juga pertambahan panjang pegas. Pertambahan panjang pegas ditambah menjadi 2x semula.

Soal-soal SBMPTN Fisika 2022 di atas adalah jenis yang paling sering keluar, dengan pola soal cerita HOTS seperti di atas. Maka dibutuhkan ketelitian dengan daya ingat tinggi untuk mengingat rumus juga teori yang berlaku.

Pentingnya Membuat Rangkuman Rumus Soal SBMPTN Fisika 2022

Untuk memudahkan cara belajar, Anda bisa membuat rangkuman rumus juga teori-teori yang paling sering digunakan dalam soal. Fisika dipelajari dengan tujuan agar mengetahui bagaimana interaksi antar benda sehingga menghasilkan sesuatu.

Maka itu, untuk membuat catatan rangkuman, buat sesuai dengan urgensi dari soal-soal tersebut agar mudah dipelajari. Anda bisa menyusun dari yang paling harus dihafalkan dan dipelajari, hingga yang Anda sudah paham.

Jika kesulitan, disarankan untuk membaca beberapa contoh soal yang fokus membahas fisika demi membantu mengetahui pola soal. Sehingga peserta ujian dapat mengkonstruksikan soal dan merangkum dengan lebih mudah.

Soal-soal SBMPTN fisika 2022 termasuk ke dalam soal baru yang menjadi bank soal, bisa sewktu-waktu muncul kembali. Polanya bisa dipelajari sesuai dengan materi yang biasa Anda baca di kelas saat pelajaran berlangsung.

Fungsi dari rangkuman sebenarnya untuk memudahkan cara belajar agar lebih tertata dan mudah karena mempertajam daya ingat. Selain itu, dapat digunakan untuk melatih pemahaman Anda terhadap materi yang akan dihadapi saat SBMPTN nanti.

Baca Juga: Jadilah Bagian dari 4.418 Pendaftar Beasiswa Bank Syariah Indonesia

Untuk Jurusan SAINTEK

Tentunya, soal-soal SBMPTN fisika 2022 maupun tahun ini hanya diperuntukan bagi Anda yang mengambil jurusan SAINTEK. Bersamaan dengan mata pelajaran lain seperti biologi juga kimia yang biasa diujian di UTBK.

Maka, jika Anda berniat untuk lintas jurusan pastikan dasar pemahaman SAINTEK bisa dipahami oleh Anda dengan cepat. Banyak sekali yang harus dipelajari, sehingga harus dimulai secepatnya untuk belajar mulai awal.

SBMPTN fisika 2022 sudah menggunakan soal dengan teknik HOTS yang membutuhkan fokus juga konsentrasi yang tinggi. Maka itu, amati dengan cermat apa soal yang dimaksud lalu bandingan dengan jawaban yang disediakan.

Baru setelah itu dihitung atau diamati sebelum menjawab agar jawaban Anda memiliki kesempatan besar untuk benar. Anda yang ingin mendaftar pada jurusan teknik, kedokteran, dan teknologi wajib untuk mengerti.

Karena program studi di atas termasuk SAINTEK, nantinya soal SBMPTN yang diujikan juga dari rumpun SAINTEK. Soal-soalnya eksak dan jawabannya pasti, tinggal bagaimana nantinya peserta ujian berlogika.

Jika sudah hafal bagaimana rumus dan teori soal SBMPTN fisika 2022, tidak akan sulit untuk menemukan jawaban tepat.Tetapi, harus dengan konsentrasi penuh ketika mengerjakan, agar tidak terkecoh soal yang menjebak.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x