INFORMASI

Program Vokasi Berkualitas dengan Dukungan Beasiswa Astra

5 min read
Program Vokasi Berkualitas dengan Dukungan Beasiswa Astra

Bagi mahasiswa vokasi yang sedang menempuh pendidikan D3, beasiswa Astra ini bisa jadi pilihan untuk membantu studi Anda. Pendanaan ini hadir untuk lulusan SMA/SMK tahun 2021 dan 2022 yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Beasiswa Dari Politeknik Astra

Beasiswa Astra merupakan program yang ditawarkan oleh Politeknik Astra yang diberikan untuk tahun pelajaran 2022/2023. Sehingga beasiswa tersebut akan diberikan kepada pendaftar Politeknik Astra tahun 2022/2023 program vokasi D3.

Politeknik Astra yang berada di Cikarang merupakan sebuah institusi pendidikan yang dikelola di bawah naungan PT. Astra International Tbk. Beasiswa akan diberikan kepada calon mahasiswa baru yang lolos tahapan seleksi yang sudah dijadwalkan.

Peserta seleksi dengan skor hasil seleksi terbaik di masing-masing program studi akan terpilih untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan. Beasiswa yang diberikan nantinya adalah bebas biaya pendidikan hingga tiga tahun.

Tak lupa juga uang saku yang akan diberikan setiap bulannya yang besaran uangnya ditentukan oleh Surat Keputusan Direktur Politeknik Astra. Nantinya, tiap semester aka nada evaluasi hasil belajar atau evaluasi akademik untuk seleksi beasiswa.

Evaluasi tersebut dimaksud untuk mengetahui mana mahasiswa yang bisa tetap melanjutkan beasiswa dan mana yang harus dihentikan. Pemberian beasiswa tersebut memang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah diberlakukan sejak awal.

Banyak program studi yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan keahlian di bidang masing-masing yang menjurus ke jurusan teknik. Nantinya, lulusan Politeknik Astra dapat melanjutkan studi jenjang S1 atau D4 ke Universitas manapun baik negeri atau swasta.

Karena, Politeknik Astra sudah terakreditasi oleh BAN-PT sehingga alumni dapat menentukan jenjang pendidikan lanjutan sesuai minat. Rata-rata alumni Politeknik Astra direkrut untuk bekerja di perusahaan Grup Astra atau melanjutkan kuliah.

Tinggal pilih mana yang sesuai dengan minat dan urgensi Anda sebagai penerima beasiswa Astra dan mahasiswa Politeknik Astra.

Persyaratan Beasiswa Astra

Yang paling penting untuk diketahui dari beasiswa Astra adalah persyaratannya, agar dapat dipenuhi dan dipersiapkan mulai dini. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi persyaratan bagi pendaftar program tersebut.

1. Merupakan Warga Negara Republik Indonesia

Pendaftar beasiswa Astra harus merupakan seorang yang berkewarganegaraan Indonesia dibuktikan dengan sejumlah dokumen. Hal tersebut karena program ini memang ditujukan untuk siswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya.

2. Lulusan SMA/SMK Tahun 2021 atau Berusia 19 Tahun

Persyaratan selanjutnya adalah calon pendaftar berusia maksimal sembilan belas tahun ketika mendaftarkan diri. Atau, merupakan lulusan SMA/SMK seluruh jurusan pada tahun 2021 dan calon lulusan 2022.

Lebih diutamakan untuk siswa SMA yang berada pada jurusan MIPA atau SMK yang berada di bidang keahlian teknologi dan rekayasa. Maupun siswa yang merupakan alumni jurusan bidang keahlian teknologi informasi.

3. Sehat Jasmani dan Rohani

Beberapa hal yang wajib dicatat dari persyaratan sehat jasmani dan rohani ini adalah tidak buta warna atau berpenyakit jantung. Tak hanya jantung, tetapi tidak menderita penyakit yang terkait paru-paru atau hati.

Selain itu untuk pendaftar prodi Mesin Otomotif, tidak memiliki masalah indra pendengaran dan diutamakan pendaftar adalah laki-laki. Memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk Peminatan Alat Berat.

4. Nilai Rapor Rata-Rata 75

Pada semester satu hingga empat selama kelas sepuluh hingga kelas sebelas memiliki nilai rata-rata 75 atau B. Serta tidak memiliki satu pun nilai di bawah 75 untuk mata pelajaran matematika, fisika, maupun bahasa Inggris.

5. Tidak Sedang Mendapat Beasiswa Lain

Selain tidak sedang menerima atau mendapatkan beasiswa dari instansi atau sumber lainnya, ada hal lain yang penting. Yaitu, peserta diprioritaskan berasal dari keluarga dengan penghasilan di bawah Rp5.000.000 tiap bulannya.

Hal tersebut agar beasiswa diberikan benar-benar kepada peserta yang tepat dan sangat membutuhkan bantuan pendidikan. Apalagi jika peserta memiliki semangat meraih pendidikan yang tinggi.

Begitu sekiranya persyaratan jika Anda ingin mendaftarkan diri pada beasiswa Astra dan menjadi bagian dari Politeknik Astra. Program pendanaan pendidikan seperti ini tentunya menjadi sarana untuk memajukan pendidikan lebih baik lagi.

Program Studi Pilihan yang Dapat Diambil

Di dalam Politeknik Astra ada enam program studi yang bisa dipilih untuk menjalani perkuliahan dengan beasiswa Astra. Program studi tersebut berhubungan dengan teknik dan permesinan yang masih relevan dengan PT. Astra International Tbk.

Output dari pelaksanaan kuliah memang untuk menghasilkan alumni yang menguasai bidang tersebut dan bisa berkontribusi. Maka jurusan atau program studi yang ada juga menyesuaikan yayasan apa yang menaunginya.

Jurusan yang pertama adalah program studi Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi yang membutuhkan ketangkasan. Kemudian ada program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur yang pastinya banyak melakukan praktek.

Ada pula manajemen informatika yang cocok untuk lulusan SMA jurusan MIPA maupun SMK jurusan Teknik Informatika. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan ahli dibidang manajemen informatika, sehingga peluangnya cukup besar.

Jurusan lain yang ada pada Politeknik tersebut dan bisa dipilih oleh pendaftar beasiswa Astra adalah Mesin Otomotif. Siapa yang tidak tahu akan jurusan teknik yang satu ini? banyak sekali penggemar dan pendaftarnya di Universitas manapun.

Selanjutnya adalah jurusan Mekatronika, yang mempelajari tentang teknologi atau rekayasa yang menggabungkan beberapa hal. Mulai dari mesin, elektronika, dan informatika untuk merancang hingga mengoprasikan sistem yang diinginkan.

Jurusan tersebut bisa dibilang masih belum banyak di Indonesia, sehingga pembelajarannya juga lebih ekslusif dan visioner. Jurusan lain yang tak kalah keren adalah Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung yang bisa dilanjutkan ke Teknik Sipil.

Dari ke enam jurusan tersebut, Anda bisa memilih yang mana saja sesuai dengan persyaratan beasiswa Astra yang diminta. Pastikan pula Anda memilih jurusan atau program studi yang Anda sukai dan minati agar bersemangat kuliah.

Baca Juga: Beasiswa IDCloudhost untuk Camaba Telkom University

Berkas Dokumen yang Diperlukan

Untuk memenuhi persyaratan, ada beberapa berkas yang perlu dilampirkan supaya persyaratannya dapat diseleksi dengan benar. Tak banyak dokumen yang perlu disiapkan, tidak sulit juga mempersiapkan lampiran dokumen tersebut.

Dimulai dari salinan Akta Kelahiran juga Kartu Keluarga yang selalu menjadi syarat wajib ketika mendaftar diberbagai hal. Kemudian selanjutnya adalah Surat Keterangan Siswa Aktif pada tahun ajaran 2021/2022 yang bertanda tangan.

Tanda tangan tersebut merupakan tanda tangan kepala sekolah dan di bawa saat seleksi wawancara, lalu ada pula slip gaji orang tua. Karena ada persyaratan untuk jumlah maksimal gaji orang tua, maka slip gaji tersebut wajib dilampirkan.

Atau surat keterangan tidak mampu dari pemerintah daerah tempat tinggal pendaftar yang berwenang. Surat tersebut harus dibawa ketika melakukan seleksi wawancara setelah mengumpulkan persyaratan lainnya.

Mengunggah pas foto berwarna menggunakan pakaian formal dengan ukuran file maksimal 500 kb serta dokumen rekening listrik.

Begitulah sekiranya hal-hal mengenai beasiswa Astra yang diberikan kepada calon pendaftar Politeknik Astra yang ada di Jawa Barat. Tertarik untuk mendaftarkan diri Anda?


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x