SBMPTN

Prosedur dan Tanggal Penting Terkait Pendaftaran Paket C SBMPTN

5 min read
Prosedur dan Tanggal Penting Terkait Pendaftaran Paket C SBMPTN

Tentunya selain membahas seleksi bersama, ada beberapa poin yang harus dibahas, seperti prosedur dan jadwal “Paket C SBMPTN”. Program pendidikan ini merpakan pelayanan pendidikan di jenjang menengah kejuruan melalui jalur non-formal.

Jadwal Lengkap Paket C SBMPTN

Syarat utama untuk dapat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi adalah dengan melihat persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah tanggal untuk Paket C SBMPTN kapandimulai, apakah berbeda dengan tanggal SMA/SMK?

Menurut persyaratan yang dijabarkan oleh LTMPT, yang dapat mengikuti SBMPTN adalah siswa SMKA/SMK/ dan Paket C. Namun dengan catatan bahwa siswa Paket C memiliki usia maksimal 25 tahun dihitung per 1 Juli.

Persyaratan tersebut dimaksud adalah sesuai dengan tahun berjalan. Jika mendaftar SBMPTN 2022, maka harus lulus atau masih menjado peserta didik kelas 12 di tahun 2022.

Jadi, tidak jauh berbeda ya dengan program pendidikan yang lainnya, baik SMA/SMK. Selama sesuai dengan persyaratan, tentunya dapat mengikuti seleksi tersebut tanpa ada kendala.

Untuk pendaftarannya sendiri dapat melalui lama http://ltmpt.ac.id/ melalui peramban masing-masing. Pendaftaran seleksi ini disesuaikan dengan kapan dibukanya registrasi ujian seleksi.

Untuk tanggal pendaftarannya sendiri dibuka 23 Maret sampai 15 April 2022. Sedangkan pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu terbagi menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama dilaksanakan 17 Mei sampai 23 Mei 2022. Sedangkan untuk gelombang kedua dilaksanakan 28 Mei sampai 3 Juni 2022.

Ketentuan Paket C SBMPTN

Ketentuan Paket C SBMPTN tentunya harus diikuti pleh peserta didik, tidak berbeda jauh dengan syarat atau ketentuan yang lainnya. Berikut ketentuannya untuk dapat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi.

1. Registrasi Paket C SBMPTN

Untuk pembuatan akun LTMPT tidak jauh berbeda dengan SMA maupun SMK. Tentunya peserta didik Paket C harus menyiapkan data yang cukup penting seperti tanggal lahir dan lainnya.

2. Tahun Lulus Paket C SBMPTN

Lulusan di tahun sebelumnya tentu dapat mengikuti SBMPTN dengan catatan maksimal hingga 2 tahun kelulusan. Ketentuan ini diberikan baik SMA, SMK, atau Paket C

3. Lulusan Sekolah Luar Negeri

Untuk siswa yang lulusan sekolah luar negeri non-SRI tentunya dapat mengikuti SBMPTN di tahun berjalan. Dengan catatan menyerahkan surat keterangan penyetaraan ijazah yang dikeluarkan oleh Kemdikbud.

4. Upload Dokumen Paket C SBMPTN

Pada tahap registrasi atau pendaftaran seleksi, peserta didik juga diminta untuk melakukan unggah dokumen. Seperti pas foto, KTP atau kartu keluarga, alamat email yang aktif, dan lainnya yang harus diikuti peserta.

5. Memilih Prodi dan PT

Peserta didik diminta untuk memilih perguruan tinggi yang ingin dipilih untuk belajar atau melanjutkan pendidikan. Selain itu juga diminta untuk memilih prodi serta jurusan yang diinginkan sesuai dengan ketersediaan jurusan di Universitas yang dipilih.

6. Verifikasi dan Validasi

Ketika semua data dan dokumen yang diunggah telah benar, peserta juga diminta untuk melakukan verifikasi dan validasi. Data yang telah diunggah serta dikirim tidak dapat lagi diganti, karena disimpan secara permanen.

7. Membayar UTBK

Ketika telah melakukan semua syarat yang dibutuhkan atau diminta, maka peserta melakukan pembayaran UTBK-SBMPTN. Besaran biaya yang dibayarkan sesuai dengan apa yang tertera pada akun atau pada laman informasi pembayaran UTBK-SBMPTN.

Informasi Tentang Paket C SBMPTN

Informasi tentang Paket C SBMPTN di 2022 ini tentunya harus diketahui oleh peserta yang mengikuti UTBK. Yang pertama adalah jika peserta ingin memilih jalur seleksi yang lain seperti SNMPTN.

Sayangnya di 2022 ada kebijakan baru oleh para Rektor PTN, hal ini dijabarkan oleh LTMPT. Yaitu peserta LTMPT benar-benar dari sekolah yang terbaik dengan ketentuan telah dipublikasikan melalui website LTMPT.

PKBM sebagai salah satu pihak penyelenggara pendidikan kesetaraan Paket C masih belum memenuhi standar dari LTMPT. Informasi ini dijelaskan oleh berbagai pihak atau sumber lainnya.

Dari kejadian sebelumnya, siswa yang telah diterima di perguruan tinggi nehero tidak cocok jurusannya. Serta ijazah sudah tidak dapat memenuhi syarat masuk PTN mendaftar sekolah di Paket C.

Ijazah dari Paket C hanya dapat digunakan untuk mendaftar ke PTN di jalur ini. Dari informasi ini dapat dikatakan bahwa, SBMPTN 2022 akan sedikit banyak pesertanya dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan pada jalur SNMPTN untuk siswa Paket C ditiadakan atau dibatasi. Oleh karena itu peserta didik Paket C harus lebih siap lagi untuk menghadapi UTBK.

Apakah Soal Ujian untuk Paket C Sama?

Pada laman pendaftaran atau laman resmi LTMPT, tidak ada pernyataan secara khusus untuk paket C. Yaitu bahwa Paket C akan mendapatkan soal ujian yang berbeda dengan program pendidikan yang lainnya (SMA/SMK).

UTBK-SBMPTN mengeluarkan prodi ujian berupa Soshum, Sainte, dan juga Bahasa Inggris yang diujikan pada UTBK. Adapun untuk Paket C yang mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi diberikan soal yang sama dengan lainnya.

Maka dari itu, penting untuk peserta SBMPTN, baik siswa atau lulusan SMA/SMK/Paket C untuk mempersiapkan diri. Yaitu dengan latihan soal yang akan diujikan nantinya pada UTBK-SBMPTN.

Selain itu, persiapkan diri pula terkait dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar SBMPTN. Jangan lupa untuk persiapkan diri dengan kesehatan serta mental yang baik untuk menghadapi UTBK-SBMPTN.

Apakah Paket C Bisa Gap Year SBMPTN?

Jika mengarah ke persyaratan untuk dapat mengikuti SBMPTN, maka lulusan Paket C dapat mengikuti SBMPTN tahun depan. Dengan catatan bahwa maksimal lulusan 2 tahun sebelumnya dari tahun berjalan, usia maksimal 25 tahun per 1 Juli.

Ada baiknya peserta SBMPTN baik dari Paket C, SMA, dan SMK mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi sesegera mungkin. Dikarenakan, jika gagal di tahun tersebut, maka masih ada kesempatan di tahun berikutnya untuk dapat mengikutinya.

Adapun syarat lainnya, peserta SBMPTN harus mengikuti aturan yang telah dibuat oleh LTMPT. Hal ini dapat dilihat pada laman atau website resmi LTMPT.

Baca Juga: Sistem Administrasi dan Jadwal Beasiswa KIP K (D2, D3, D4, S1) 2022

Kesimpulan Tentang Paket C SBMPTN

Paket C SBMPTN di 2022 ini mungkin ada sedikit perubahan atau perbedaan, hal ini tergantung dari para Rektor PTN.Untungnya seleksi perguruan tinggi pada jalur ini masih bisa diikuti oleh Paket C.

Jika dilihat dari persyaratan untuk dapat mengikuti tes ini, paket C dengan SMA atau SMK tidak memiliki perbedaan yang dikhususkan. Hanya saja ada batas usia yang menjadi syarat untuk dapat mendaftar SBMPTN.

Untuk dapat lebih lancar dalam mengikuti seleksi bersama ini ada baiknya terus memantau website LTMPT dan juga sosial media. Sangat penting untuk mendapatkan informasi terkait pendaftaran dan juga ujian tes seleksi masuk perguruan tinggi.

Selain itu, peserta didik Paket C masih tetap bisa mengikuti seleksi lainnya seperti jalur Mandiri. Beberapa perguruan tinggi swasta juga menerima peserta didik dari Paket C, masih banyak PTS yang bagus di Indonesia.

Semoga Anda diberikan kelancaran dalam mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, baik SNMPTN, SBMPTN atau Mandiri. Baik dari lulusan SMK, SMA, maupun Paket C atau yang saat ini masih menjadi siswa.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x