SBMPTN

SBMPTN Adalah Jalur Seleksi Perguruan Tinggi Melalui UTBK

4 min read
SBMPTN Adalah Jalur Seleksi Perguruan Tinggi Melalui UTBK

Hal yang perlu diketahui SBMPTN adalah jalur seleksi perguruan tinggi melalui tes kemampuan akademik, berbahasa, dan skolastik. Maka dari itu penting untuk memahaminya sedari awal bagaimana tahapan yang benar untuk masuk perguruan tinggi melalui seleksi ini.

SBMPTN Adalah Jalur Seleksi Perguruan Tinggi dalam 2 Gelombang

SBMPTN adalah jalur seleksi perguruan tinggi melalui 2 gelombang yang merupakan jadwal yang sering dilaksanakan tiap tahun. Untuk 2022, gelombang 1 diadakan 17 sampai 23 Mei 2022 dan satunya di 28 Mei hingga 3 Juni 2022.

Maka dari itu, selalu pastikan untuk mengecek ulang kapan UTBK Anda dilaksanakan, apakah berada di gelombang pertama atau kedua.

Pengumuman

Mulai dari tanggal pendaftaran hingga hasil test UTBK akan diumumkan secara daring atau online. Anda dapat mengetahui semua informasi tersebut melalui sosial media SBMPTN dan LTMPT.

Jangan sampai ya Anda melewatkan satu berita penting, karena amat berkaitan dengan seleksi nantinya. Untuk pendaftaran seleksi ini dapat dilakukan dengan membuat akun LTMPT di portal ltmpt.ac.id.

Selain itu, ada beberapa link khusus atau miror yang sediakan oleh pihak penyelenggara SBMPTN. Salah satu contohnya untuk pendaftaran SBMPTN di UGM bisa menggunakan https://sbmptn.ugm.ac.id/.

Begitu pula dengan PTN negeri lainnya, tentu perlu banyak informasi yang harus digali untuk mendapatkan mirroring link tersebut. Penting pula untuk memastikan bahwa jangan sampai salah tanggal mengenai UTBK-SBMPTN yang akan dilaksanakan.

Fakta menarik dari SBMPTN 2022 adalah menjadi tahun keempat diadakannya SBMPTN dengan menggunakan sistem UTBK. Artinya, peserta yang mendaftar SBMPTN di 2021 dan 2022 akan merasakan sistem test baru ini.

SBMPTN Adalah Jalur Seleksi Perguruan Tinggi dengan Fakta Unik

SBMPTN adalah jalur seleksi perguruan tinggi melaluisistem UTBK atau dikenal dengan ujian tulis berbasis komputer. Faktanya, peserta hanya diizinkan untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi-SBMPTN sebanyak satu kali.

Tak perlu khawatir soal fakta yang pertama. Nyatanya Anda tetap dapat bisa mengikuti SBMPTN tahun berikutnya jika kurang beruntung di tahun ini.

Fakta yang kedua, adanya kebijakan SSO atau single sign on. Untuk masuk ke perguruan tinggi, Anda harus memiliki akun LTMPT terlebih dahulu sebelum mengikuti UTBK.

Cara bisa langsung melakukan registrasi atau pembuatan akun melalui portal.ltmpt.ac.id melalui laman peramban. Kebijakan ini merupakan syarat utama atau kewajiban pertama untuk dapat mengikuti UTBK-SBMPTN.

Terakhir, adanya kelompok ujian campuran, yaitu Saintek dan juga Soshum. Kebijakan ini merupakan keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Pada tahun ajaran sebelumnya hanya diperkenankan untuk memilih salah satu dari kelompok ujian. Maka, pada 2022 ini diperbolehkan untuk mengambil keduanya atau campuran yang memungkin untuk lebih bebas memilih jurusan yang diinginkan.

Perlu diingat jika memilih kelompok ujian campuran, artinya Anda akan menghadapi ujian kelompok TKA, TPS, dan TPS-TKA.  Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mempelajari materi yang akan diujikan pada kelompok campuran ini ya.

Fungsi UTBK

UTBK merupakan ujian atau tes untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang diselenggarakan oleh LTMPT.  Lembaga tersebut merupakan satu-satunya pihak pelaksana tes perguruan tinggi yang memiliki standar di Indonesia.

Keunggulan pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer oleh LTMPT merupakan hasil yang diberikan secara individu. UTBK sendiri adalah syarat paling utama untuk mengikuti SBMPTN yang Anda pilih.

Di mana UTBK sendiri bertujuan untuk memperkirakan atau memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di PTN dengan baik. Selain itu juga diberikan kesempatan untuk calon mahasiswa mengikuti ujian secara fleksibel dalam memilih waktu serta lokasi UTBK.

Disimpulkan bahwa, SBMPTN adalah jalur seleksi perguruan tinggi melaluipenilaian yang telahmemiliki standar dari LTMPT. Di mana calon mahasiswa diuji seberapa mampu menyelesaikan studi PTN tepat waktu serta dengan baik.

Apa UTBK Wajib?

Untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi khususnya negeri (PTN). Mengikuti ujian tulis berbasis komputer merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan atau dilakukan.

Ujian tulis berbasis komputer sendiri menjadi syarat wajib calon mahasiswa sebelum mendaftar SBMPTN. Tidak hanya di situ saja, nilai tes tersebut nantinya juga menjadi salah satu syarat untuk mengikuti jalur Mandiri.

Jadi SBMPTN adalah jalur seleksi perguruan tinggi melaluites UTBK. Bahkan nilai UTBK akan menjadi persyaratan pula dalam memilih seleksi jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh PTN tujuan.

Cara Melihat Nilai UTBK

SBMPTN adalah jalur seleksi perguruan tinggi melalui UTBK. Maka dari itu, penting untuk melihat berapa nilai yang diperoleh dari tes tersebut.

Anda dapat melihat hasil atau nilai UTBK melalui peramban atau browser masing-masing. Yaitu dengan cara mengakses laman pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk meng-input atau mengisi username serta password yang digunakan saat pendaftaran UTBK. Akun tersebut digunakan untuk bisa masuk ke laman pengumuman.

Terakhir, Anda dapat melihat pengumuman atau bisa mengaksesnya. Jangan patah semangat ya sama hasilnya.

SBMPTN Adalah Jalur Seleksi Perguruan Tinggi yang Harus Dilalui dengan Tahapan UTBK

Secara umum, langkah untuk melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN adalah dengan cara membuat akun di LTMPT. Selanjutnya login ke portal.ltmpt.ac.id lalu melakukan verifikasi dan validasi data.

Selanjutnya untuk memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN lalu melakukan pembayaran biaya UTBK jika sudah memilih menu pendaftaran UTBK. Terakhir mencetak kartu peserta untuk ujian tulis berbasis komputer SBMPTN dan mengikuti ujiannya.

Kesimpulan

SBMPTN adalah jalur seleksi perguruan tinggi melaluites atau ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan oleh LTMPT. Ada beberapa fakta yang perlu diketahui seputar SBMPTN yang cukup penting berkaitan dengan UTBK.

Selain itu, jalur seleksi SBMPTN hanya dapat ditempuh dengan mengikuti UTBK yang menjadi persyaratan utama dan wajib. Mengenai pengumuman serta informasi-informasi terkait UTBK dan juga SBMPTN bisa didapat dengan mengikuti sosial media LTMPT dan SBMPTN-UTBK.

Demikian hal yang perlu diketahui mengenai SBMPTN adalah jalur seleksi perguruan tinggi melaluidengan cara mengikuti UTBK. Mengikuti seleksi tersebut bisai dikatakan memiliki banyak peluang untuk lolos, karena kuota yang tersedia sebanyak 40 persen.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x