INFORMASI

Kejar Beasiswa Prestasi Talenta (S1): Jangan Ketinggalan Jadwalnya´┐╝

5 min read
Kejar Beasiswa Prestasi Talenta (S1): Jangan Ketinggalan Jadwalnya

Untuk bisa mendapatkan Beasiswa Prestasi Talenta (S1) ini, tentunya harus banyak menggali informasi yang dibutuhkan. Baik beberapa sumber atau artikel yang menjabarkan tentang persyaratan serta tanggal pendaftaran, atau lainnya.

Apa Itu Beasiswa Prestasi Talenta (S1)?

Darmasiswa ini merupakan biaya untuk berkuliah di salah satu perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Beasiswa Prestasi Talenta (S1) merupakan salah satu produk dari BPI yang diberikan amanat oleh Dewan LPDP.

Selain itu, pilihan darmasiswa ini terdapat pada laman resmi beasiswa kemdikbud yang bisa diakses melalui peramban masing-masing. Pilihan lainnya ada beasiswa D4 atau S1, S2, dan S3 yang bisa Anda pilih sesuai dengan ketentuan.

Untuk Anda yang ingin mendaftar bisa langsung menuju link https://beasiswa.kemdikbud.go.id/ agar lebih cepat dan mudah. Selain itu, pada link tersebut juga berisikan informasi yang dibutuhkan terkait pendaftaran darmasiswa ini.

Untuk mengunduh lampiran format beasiswa ini juga dapat menekannya di bagian persyaratan beasiswa D4/S1 Prestasi Talenta. Format tersebut merupakan surat pernyataan yang harus diisi oleh pelamar beasiswa Prestasi Talenta (S1).

Selain itu, jangan lupa untuk melampirkan materai pada surat pernyataan tersebut dan juga tanda tangan dari pelamar darmasiswa. Jangan lupa untuk membaca 13 poin atau ikrar yang harus diikuti oleh pelamar beasiswa.

Sasaran Beasiswa Prestasi Talenta (S1)

Sasaran dari program beasiswa Prestasi Talenta (S1), yaitu

  • Pemenang

Yaitu pemenang lomba/festival/kompetensi pada tingkat nasional maupun internasional yang diadakan oleh pusat prestasi nasional. Kementerian Pendidikan Kebudayaan untuk S1 dan S2 luar negeri atau dalam negeri.

Lomba tersebut meliputi 4 bidang pengembangan talenta, antara lain sains riset dan teknologi. Kedua seni budaya serta literasi, vokasi dan kewirausahaan, terakhir olahraga dan kebugaran jasmani.

  • Peraih Medali

Peraih penghargaan atau medali untuk pemenang pada ajang talenta internasional yang tidak dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lomba tersebut juga dimaksud yang tidak difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  • Non Pemenang

Sasaran selanjutnya adalah peserta didik pra-sejahtera tidak pemenang kompetensi maupun lomba atau festival. Yaitu yang berhasil diterima untuk melanjutkan pendidikan S1 luar negeri pada 15 perguruan tinggi utama dunia yang ditetapkan LPDP.

Beasiswa Prestasi Talenta (S1) ini juga memiliki skema masa belajar 4 tahun paling lama untuk yang di dalam negeri. Begitu pula dengan S1 yang di luar negeri memiliki masa belajar yang sama, yaitu 4 tahun. Khusus untuk prodi Kedokteran tidak termasuk ke dalam beasiswa prestasi talenta ini.

Kapan Beasiswa Prestasi Talenta (S1) Dilaksanakan?

Pada tanggal 25 Februari hingga 27 Maret 2022 merupakan jadwal untuk pendaftaran beasiswa ini. untuk seleksi administrasi, pada 28 Maret 2022.

Untuk tanggal yang lainnya seperti tes seleksi sampai dengan wawancara ada di laman resmi penyelenggara beasiswa ini. Jangan sampai terlewat ya tanggal pentingnya.

Apa Saja yang Pembiayaan yang Didapatkan Peserta?

Untuk Anda yang memilih beasiswa Prestasi Talenta ini pada jenjang S1 dalam negeri akan mendapatkan beberapa pembiayaan. Antara lain biaya pendaftaran, SPP, tunjangan buku, dan biaya skripsi, semua pemberian ini merupakan anggaran pendidikan.

Untuk anggaran pendukung atau biaya pendukung, yaitu transportasi, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, keadaan darurat, dan bayaran kedatangan. Namun ada anggaran tambahan untuk penerima beasiswa distabilitas.

Yang pertama dana transportasi pendamping, pendamping, asuransi kesehatan, dan biaya-biaya pendukung lainnya yang dibenarkan LPDP.

Untuk pembiayaan S1 luar negeri ada sedikit perbedaan, yaitu pada biaya pendukungnya saja seperti aplikasi Visa.

Baca Juga: SBMPTN Campuran: Apakah Pengertian dan Kelompok Ujiannya?

Apa Itu Darmasiswa Prestasi Talenta?

Darmasiswa ini merupakan bentuk penghargaan yang diberikan untuk peserta didik berprestasi atau pra-sejahtera. Sebagai bentuk kemudahan pengembangan karier belajar dan profesional talenta emas Indonesia.

Yaitu dalam rangka tata laksana talenta nasional degan mengacu pada skala prioritas berdasarkan kriteria serta persyaratan yang telah ditetapkan. Melalui pusat prestasi nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan NKRI berusaha memberhasilkan rencana manajemen talenta nasional.

Yaitu dengan membangun SDM yang unggul pada hulu proses pengembangan. Pembentukan talenta ini dilaksanakan dalam ruang lingkup peserta didik, jenjang pendidikan anak usia dini sampai dengan jenjang perguruan tinggi.

Dalam membangun dan mengembangkan potensi talenta seluruh anak-anak di Indonesia, perlu adanya kolaborasi yang konsisten dari seluruh lapisan bangsa. Maka dari itu, dalam rangka mewujudkan lingkungan belajar yang membantu untuk talenta yang berprestasi.

Kemdikbud melalui Pusat Prestasi Nasional bersama dana dari LPDP memberikan kesempatan beasiswa prestasi untuk program S1. Program S1 tersebut baik dalam maupun luar negeri dalam bentuk memberikan kesuksesan karier belajar talenta muda Indonesia.

Kriteria yang Dibutuhkan Oleh Beasiswa Ini

Ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar, yaitu kriteria yang dibutuhkan oleh beasiswa Kemdikbud. Yang pertama adalah warga negara Indonesia dengan membukti KTP maupun fotokopi kartu keluarga.

Selanjutnya telah menyelesaikan pendidikan di SMA/SMK/ atau sederajat, selanjutnya pemenang lomba. Untuk pemenang lomba dapat dilihat kembali pada laman bagian atas, sasaran beasiswa prestasi.

Selanjutnya, tidak sedang berada pada beasiswa dari sumber lainnya, telah diterima di perguruan tinggi yang telah ditentukan. Mengikuti beberapa seleksi yang telah ditetapkan serta mengikuti peraturan dari pihak penyelenggara beasiswa Prestasi Talenta. Selanjutnya, beasiswa ditujukan kepada jalur reguler, afirmasi dan juga distabilitas.

Persyaratan Khusus Pendaftaran Beasiswa

Pada prodi S1 dalam negeri, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar darmasiswa. Yang pertama adalah pemenang lomba pendidikan SMA/SMK dan juga DIKTI.

Pelamar wajib melalukan unggah sertifikat juara pemenang lomba maupun kompetensi dan festival di tingkat nasional atau internasional. Selanjutnya adalah mendapatkan LoA dalam batas sebelum waktu pendaftaran berakhir.

Yang ketiga, mahasiswa aktif atau yang telah masuk perguruan tinggi hanya dapat mengikuti beasiswa ini maksimal di semester 4. Mahasiswa juga diminta untuk melakukan uploud transkrip nilai akademik.

Persyaratan IPK Saintek adalah 3.25, dan 3 bidang lainnya adalah 2.75 di skala 4.00. Pelamar juga diminta untuk menyusun tulisan yang terdiri dari personal statate.

Yaitu tulisan yang berisi rencana kontribusi pada Indonesia setelah studi atau pasca studi.

Untuk pemenang lomba pendidikan khusus difabel sedikit ada tambahan yang harus dipenuhi oleh pelamar. Yaitu melampirkan surat keterangan dari rumah sakit menyatakan jenis kekhususan.

Selanjutnya untuk difabel juga diminta melampirkan surat pernyataan izin dari orang tua yang ditanda tangani di atas materai 10000. Calon mahasiswa yang dapat mengajukan darmasiswa ini adalah autis, tuna runggu, netra, wicara, dan tuna daksa. Terakhir melampirkan surat permohonan pendamping untuk calon penerima beasiswa.

Pastikan untuk Update di Situs Kemdikbud

Tentunya beasiswa ini cukup menarik sekali untuk Anda memiliki talenta, yaitu pernah memenangkan lomba di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, pastikan jangan sampai tanggal penting darmasiswa ini terlewat ya.

Untuk informasi serta pendaftarannya hanya melalui laman resmi Kemdikbud go id. Semoga sukses dan dilancarkan ya dalam seleksi beasiswa ini.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x