INFORMASI

Program Mahasiswa dalam Negeri, Beasiswa Bintang Mandiri

5 min read
Program Mahasiswa dalam Negeri, Beasiswa Bintang Mandiri

Beasiswa Bintang Mandiri dibuka kembali untuk tahun 2022 ini yang diprogramkan oleh yayasan Mandiri Amal Insani. Cakupan beasiswa tersebut juga sangat membantu keberlangsungan pendidikan mahasiswa dan pemuda dalam negeri.

Mandiri Amal Insani Foundation      

Penggerak dari program Beasiswa Bintang Mandiri adalah salah satu yayasan atau lembaga amil zakat nasional Indonesia. Lembaga tersebut bernama mandiri Amal Insani Foundation yang sudah ada sejak Oktober 2014 silam.

Lembaga ini menjalankan fungsinya sebagai yayasan yang menghimpun, mengelola, dan mendistribusikan dana zakat dsb. Salah satu bentuk tanggungjawab yang sudah didistribusikan adalah pembentukan program beasiswa.

Lembaga tersebut juga berdiri untuk mewujudkan masyarakat Indonesia madani yang sejahtera dengan menjunjung visi yayasan. Visi yang disampaikan adalah menjadi lembaga zakat yang terpercaya, modern, dan rahmatan lil alamin.

Tak hanya pada bidang pendidikan, pemberdayaan juga dilakukan dalam bidang lain mulai dari ekonomi, sosial, kesehatan juga sarana fisik. Ke lima bidang program atau kelompok program tersebut terus diupayakan untuk membantu masyarakat.

Beasiswa Bintang Mandiri yang menjadi salah satu program pemberdayaan dibidang pendidikan bisa diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia. Khususnya mahasiswa semester lima dan semester tujuh yang memenuhi persyaratan pendaftarannya.

Yayasan sendiri tidak banyak mencantumkan persyaratan, alias persyaratan pendaftarannya dapat dikatakan sederhana dan mudah. Sehingga akan memudahkan pula bagi calon pendaftar yang sudah memperhatikan persyaratan tersebut.

Banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh peserta penerima Beasiswa Bintang Mandiri serta berkesempatan ikut berbagai pelatihan. Tiap tahunnya, dana yang dikeluarkan tidak main-main, sehingga mampu membantu pendidikan Anda.

Di bawah ini adala beberapa cakupan beasiswa yang ditawarkan oleh program bantuan dana pendidikan yang dikelola yayasan tersebut. Sekiranya dapat membantu Anda mempertimbangkan, apakah program ini adalah yang Anda cari.

Simak informasi di bawah ini, untuk memahami apa saja esensi dari terciptanya program bantuan pendidikan tersebut.

Cakupan Beasiswa Bintang Mandiri

Beberapa cakupan atau manfaat dari Beasiswa Bintang Mandiri di bawah ini diharapkan dapat menjadi informasi untuk calon pendaftar. Hal tersebut juga mampu menjadi pertimbangan apakah beasiswa tersebut cocok untuk Anda.

1. Dana Beasiswa Per bulan

Cakupan utama dari program tersebut adalah bantuan dana pendidikan untuk mahasiswa penerima yang lolos seleksi. Dana tersebut akan diberikan selama kurun waktu dua belas bulan atau satu tahun lamanya.

Dana itu nantinya akan diberikan tiap bulan selama jangka waktu yang ditentukan, juga selama penerima berhak. Maksudnya, tidak ada aturan atau kasus yang menyeret penerima sehingga masih berhak atas bantuan.

2. Self Development Program

Self development program merupakan salah satu rangkaian benefit yang ikut serta di dalam Beasiswa Bintang Mandiri. Program ini diharapkan dapat membantu mahasiswa melihat potensi diri dan berkembang.

Program pengembangan diri juga akan membantu penerima lebih percaya diri serta berjiwa kepemimpinan tinggi. Yang mana, skill tersebut dibutuhkan ketika mahasiswa memasuki dunia kerja dan terjun ke masyarakat langsung.

3. Social Contribute Challenge

Nantinya, penerima berkesempatan mengikuti kegiatan kontribusi sosial kepada masyarakat langsung selama beasiswa berlangsung. Program kontribusi sosial akan membuat peserta belajar bagaimana terjun ke masyarakat.

Membuat peserta berkesempatan merasakan problem solving dan memberikan pengalaman untuk melatih skill. Nantinya social contribute challenge adalah suatu hal yang dapat menjadi pelajaran berharga bagi penerima.

Kegiatan tersebut wajib dilakukan oleh setiap penerima Beasiswa Bintang Mandiri yang sudah ditetapkan. Supaya, tak hanya mendapat bantuan dana, tetapi juga ilmu serta pengalaman luar biasa.

4. Mendapat Coaching Prestasi

Demi untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dibidang akademik maupun non akademik, penyelenggara memberi pelatihan. Pelatihan tersebut diharapkan mampu membantu mahasiswa mempertahankan prestasinya selama ini.

Program tersebut juga diharapkan dapat membantu mahasiswa menemukan kembali motivasi menempuh pendidikan. Supaya tidak ada nilai akademis yang turun, dan mahasiswa bisa mengatur waktu lebih baik.

5. Program Volunteering

Program sukarela ini banyak bentuknya, yang mana inti dari program tersebut adalah untuk membantu mahasiswa berkembang. Memberikan kontribusi dalam bentuk lain ke masyarakat luas yang sifatnya sukarela.

Penerima bantuan dilatih untuk memberikan yang terbaik ketika tenaga atau kebisaannya sangat dibutuhkan kala itu. Sehingga mahasiswa dapat mengerti bagaimana rasanya terjun ke lapangan secara langsung untuk menangani sesuatu.

Program volunteering membantu peserta untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik. Program tersebut akan jadi salah satu program paling berkesan karena keterlibatan peserta sendiri.

Baca Juga: Pahami Step by Step Cara Melihat SBMPTN Hasil 2022 dan Skor

Jejaring Seluruh Indonesia

Hal yang paling utama dari pelaksanaan berbagai program tersebut adalah mendapatkan relasi yang luas. Karena peserta atau penerima beasiswa tersebut dari berbagai macam daerah, maka Anda bisa mengenal banyak orang.

Yang mana itu penting untuk memperluas relasi atau jejaring yang dibutuhkan oleh Anda hingga nanti bekerja. Jejaring juga membantu Anda bertukar informasi penting seputar Indonesia dan isu-isu di dalamnya.

Cakupan Beasiswa Bintang Mandiri di atas menjadi pusat perhatian dari segala informasi mengenai pelaksanaan program. Diharapkan setelah mengetahui hal ini, peserta dapat termotivasi agar bisa menjadi yang terpilih nantinya.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Persyaratan dari beasiswa tersebut tergolong sederhana karena tidak membutuhkan suatu hal yang rumit atau menyulitkan. Yang pertama jika ingin mengikuti pendaftaran, pastikan Anda merupakan mahasiswa beragama islam.

Beasiswa Bintang Mandiri merupakan program yang dirancang oleh sebuah lembaga islam, sehingga syarat tersebut sangat penting. kemudian, program tersebut dapat diikuti oleh mahasiswa yang sudah memasuki semester 5 atau 7.

Peserta dapat mengikuti pendaftaran jika sudah menginjak semester lima maupun ketika sudah semester akhir alias tujuh. Hal penting lain adalah, syarat minimal IPK yaitu tidak boleh kurang dari 3.00 tiap semesternya.

Persyaratan tersebut untuk memudahkan peserta karena minimal IPK yang diminta tidak begitu tinggi seperti program lainnya. Kemudian mahasiswa pendaftar diharapkan aktif berorganisasi dengan bukti sertifikat organisasi.

Keaktifan mahasiswa juga dinilai ketika mengikuti pendaftaran, itulah mengapa sangat penting agar mahasiswa aktif berorganisasi. Hal tersebut menunjukkan Anda sebagai seseorang yang memiliki kontribusi nyata dalam sebuah organisasi.

Kemudian persyaratan yang selanjutnya adalah, peserta yang diputuskan menerima dana bantuan bersedia mengikuti pembinaan. Serangkaian cakupan pelatihan dan pembinaan tadi wajib diikuti oleh mahasiswa penerima beasiswa.

Hal tersebut merupakan kewajiban serta hak yang dimiliki oleh peserta yang sudah diterima dan dinyatakan lolos seleksi. Kemudian peserta diwajibkan untuk mengikuti sosial media Instagram official miliki penyelenggara.

Tak sampai di sana, peserta wajib mengisi pertanyaan terkait apa motivasi Anda untuk mendaftar program beasiswa ini. Pertanyaan tersebut berada pada formulir pendaftaran dan wajib hukumnya untuk dijawab dengan jujur.

Itulah beberapa persyaratan Beasiswa Bintang Mandiri yang wajib dilaksanakan dengan sebaik mungkin untuk menunjang penerimaan. Informasi di atas diharapkan dapat membantu sebagai suatu insight yang baik dan penting. Lebih lanjut, Anda bisa mendaftar langsung ke https://mandiriamalinsani.or.id/beasiswa-bintang-mandiri-2022/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x