SBMPTN

SBMPTN Unair: Daya Tampung, Peminat, dan Program Studi 2022

4 min read
SBMPTN Unair: Daya Tampung, Peminat, dan Program Studi 2022

Universitas Airlangga atau dikenal dengan sebutan Unair, membuka penerimaan mahasiswa baru 2022 dengan tiga jalur, salah satunya SBMPTN Unair. Kuota yang diberikan LTMPT untuk jalur SBMPTN di Airlangga sama seperti universitas lain, yakni 30 persen.

Meski terbilang angka tersebut cukup besar, tetapi saat melihat berapa daya tampung dan peminatnya, Anda seharusnya tidak terkejut. Mengingat banyak sekali prestasi bangunan yang disebut-sebut sebagai kampus elit itu.

Bagi Anda yang tertarik menempuh pendidikan di universitas ini, sebelum memutuskan memilihnya, wajib tahu data-data penting kampus. Seperti, peminat dan daya tampung guna mendapat angka peluang kelulusan.

Serba-serbi SBMPTN UNAIR

Sebagaimana yang Anda tahu, Unair punya 43 prodi yang bisa dipilih ribuan calon mahasiswa, termasuk Anda. Bagi yang berminat dengan universitas ini, simak data berikut supaya tau daya saing dan peluang lolos di SBMPTN Unair.

1. Program Studi Saintek

Setiap tahun, Universitas Airlangga menjadi salah satu kampus yang selalu digandrungi para peserta SBMPTN. Di tahun 2021, terdapat setidaknya 27.338 siswa dari 29 provinsi di Indonesia yang mendaftar ke Unair.

Tersebar ke 26 prodi saintek dan 17 prodi soshum, mahasiswa terpilih yang beruntung masuk Unair terhitung sekitar 2000 orang. Dari 26 prodi itu, Kedokteran merupakan program studi yang paling banyak diminati.

Sementara itu, prodi dengan peminat paling sedikit terdapat di jurusan akuakultur. Prodi lain yang bisa dipilih peserta SBMPTN Unair saintek, di antaranya, kedokteran gigi, farmasi, kedokteran hewan, dan matematika.

Selain itu, terdapat prodi biologi, kimia, fisika, kesehatan masyarakat, kebidanan, gizi, dan keperawatan. Kemudian, terdapat jurusan teknik yang bisa dipilih siswa, di antaranya biomedis, lingkungan, elektro, industri, dan beberapa prodi lainnya.

2. Prodi Soshum SBMPTN UNAIR

Pada tahun 2021, prodi dengan peminat membludak di SBMPTN Unair ujian soshum terdapat di jurusan Psikologi. Sekitar 2.079 orang bersaing di meja ujian demi mendapatkan kursi di Universitas Airlangga.

Sebelumnya, telah disinggung bahwa terdapat 17 prodi di ujian soshum yang dapat dipilih calon mahasiswa. Ketujuh belas prodi tersebut di antaranya, Ilmu Hukum, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Sejarah, dan Ekonomi Islam.

Selain itu, beberapa prodi lainnya adalah Studi Kejepangan, Bahasa dan Sastra (Inggris atau Indonesia), Akuntansi, Manajemen, serta Sosiologi. Kemudian, ada Ilmu Hubungan Internasional, Antropologi, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, serta beberapa prodi lain.

Dari dua jenis ujian yang ada, saintek dan soshum, Anda bebas menentukan mana yang sesuai minat dan kemampuan diri Anda. Namun, sebaiknya perhitungkan pula berapa peluang lolosnya dengan melihat peminat, daya tampung, dan daya saing di poin berikutnya.

3. Peminat SBMPTN UNAIR Tahun 2021

Berdasar laporan www.sidata-ptn.ltmpt.ac.id, terdapat prodi dengan peminat terbanyak di universitas dengan rektor Prof. Mohammad Nasih. Psikologi dan Kedokteran berhasil menempati posisi pertama, dengan jumlah 2.241 siswa di Kedokteran, dan 2.079 di Psikologi.

Jika dilihat dari persentasenya, keketatan prodi kedokteran berada di angka 3,35%.  Sementara untuk prodi psikologi, daya saing di sini sekitar 3,46%. Kecilnya persentase keketatan menunjukkan tingginya jumlah peminat. Sementara untuk daya tampung, bisa dibilang terbatas.

Di sisi lain, terdapat pula program studi yang bisa disebut sepi peminatnya, tetapi memiliki peluang besar jika Anda memilihnya. Di antaranya adalah akuakultur, fisika, kedokteran hewan, juga kimia.

Sementara untuk prodi di ujian soshum, peminat paling sedikit berada di jurusan ilmu sejarah. Total peminat jurusan ini di tahun 2021 adalah sekitar 181 orang.

Selain ilmu sejarah, antropologi serta bahasa dan sastra Indonesia juga menjadi prodi dengan peminat paling sedikit. Jumlah peserta kedua prodi ini hanya berkisar 200 sampai 300 orangan saja.

4. Daya Tampung

Bagi Anda calon Ksatria Airlangga, sangat penting mengetahui berapa daya tampung di prodi yang diminati. Dengan begitu, Anda bisa mengira-ngira berapa nilai peluang masuk ke Unair dengan SBMPTN Unair.

Berikut merupakan daya tampung Universitas Airlangga tahun 2022 berdasar laman Sidata. Kuota atau daya tampung di ujian soshum adalah 873 orang dengan alokasi terbanyak di prodi Ilmu Hukum. Sementara itu, di ujian Saintek, kuota yang tersedia untuk calon mahasiswa baru jalur SBMPTN yaitu 1047 siswa.

5. Daya Saing pada SBMPTN UNAIR

Persentase persaingan paling ketat SBMPTN Unair menunjukkan beberapa prodi di saintek dan soshum memiliki nilai tertinggi. Di tahun 2020, prodi Gizi merupakan jurusan di soshum yang paling ketat, sedangkan di 2021, Kedokteran menduduki posisi pertama.

Sementara itu, ilmu hukum menjadi prodi terketat di tahun 2020, sedangkan psikologi di tahun 2021. Jika dilihat dari makin banyaknya peminat Unair, tampaknya keketatan persaingan berebut bangku yang berjumlah 2000 ini akan makin terlihat.

Dengan memahami tentang daya saing ini, maka calon peserta ujian akan bisa lebih maksimal dan dapat memperkirakan kemampuannya. Apakah peluangnya sangat besar atau memiliki prevalensi 50:50, maupun sangat kecil karena pesaingnya banyak.

Menentukan Prodi Sebelum Ikut SBMPTN UNAIR

Setelah melihat data-data di atas, mungkin Anda tidak akan langsung bisa menentukan mana prodi yang pas untuk dipilih. Itu merupakan hal yang wajar sebab memilih satu prodi untuk 4 tahun masa kuliah perlu banyak riset.

Jika Anda perlu cara agar tidak salah memilih jurusan, cobalah pahami pelajaran apa yang benar-benar paling disukai. Masih bingung juga?

Tanyakan apa potensi Anda pada diri sendiri dan juga orang yang mengenal Anda dengan baik, misalnya ayah, ibu, atau saudara. Jangan menilai menurut pemikiran sendiri saja, sebab pikiran sendiri bisa dikontaminasi ego atau kepercayaan diri tinggi sehingga sulit dipercaya.

Lihat pula nilai-nilai yang tertera di raport atau buku latihan semasa di sekolah, mana yang paling sering mendapat hasil yang baik. Bila perlu, minta pendapat guru atau wali kelas di sekolah agar kegalauan Anda tidak berkelanjutan.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai data-data yang wajib diketahui calon peserta SBMPTN Unair. Dengan mengetahui informasi di atas, semoga Anda terdorong untuk makin giat belajar guna memperbesar peluang lolos.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x