INFORMASI

Segera Apply Persyaratan untuk Mendapat Beasiswa Baznas Indonesia

5 min read
Segera Apply Persyaratan untuk Mendapat Beasiswa Baznas Indonesia

Badan Amil Zakat Nasional menjalankan program bantuan pendidikan yang bernama Beasiswa Baznas untuk masyarakat Indonesia. Beasiswa ini dikelola oleh Lembaga Beasiswa Baznas yang dibentuk untuk menyalurkan bantuan tersebut.

Profil Lembaga Beasiswa Baznas

Beasiswa Baznas, seperti yang telah diketahui saat ini dikelolah oleh sebuah tim atau lembaga yang bernama Lembaga Beasiswa Baznas. Lembaga ini bertujuan untuk menyalurkan dana program dan mengelola program tersebut agar berjalan.

Beasiswa Baznas adalah salah satu upaya pemerintah dalam membantu pemerataan pendidikan yang masih menjadi masalah negara. Kualitas pendidikan serta akses yang sulit membuat sebuah kendala bagi masyarakat marginal.

Pada tahun 2018 data statistik dari BPS menyatakan hanya sekitar 18,59 persen penduduk usia 19-24 tahun yang melanjutkan kuliah. Dari sana sudah terlihat rendahnya angka pendidikan apalagi dijenjang perguruan tinggi di Indonesia.

Maka itu, Lembaga Beasiswa Baznas dibentuk untuk memberikan kesempatan pada masyarakat yang kurang mampu. Kesempatan ini diberikan untuk memperoleh akses pendidikan dengan lebih baik dan setara dengan orang lainnya.

Lembaga Beasiswa Baznas tidak hanya mengelola dana dan menyalurkannya, tetapi juga membuat berbagai program lain. Program-program tersebut diharapkan dapat mendukung fokus utama mereka dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Salah satu programnya adalah sebuah pembinanaan yang dapat membantu meningkatkan skill dan kemampuan para penerima beasiswa. Segala upaya tersebut tak lepas dari tujuan pendirian dan dinamika yang terjadi dalam masyarakat Indonesia ini.

Terdapat banyak jenis yang disediakan dan dapat disesuaikan oleh kebutuhan calon pendaftar supaya lebih efektif. Tiap jenis beasiswa, memiliki berbagai fokus dan arah visi-misinya yang dapat membantu mahasiswa.

Sebanyak kurang lebih enam jenis beasiswa yang dibuat dan akan segera membuka pendaftaran untuk masyarakat Indonesia. Di bawah ini adalah jenis-jenis beasiswa yang disajikan oleh Baznas sebagai bentuk bantuan kemajuan pendidikan.

Jenis-Jenis Beasiswa Baznas

Seperti yang telah diungkapkan, bahwa ada setidaknya enam jenis beasiswa yang diprogramkan dan dapat dipilih oleh pendaftar. Berikut adalah penjelasan apa beasiswa yang dimaksud, serta arah fokus program bantuan pendidikan tersebut dijalankan.

1. Beasiswa Cendekia dalam Negeri

Beasiswa Baznas Cendekia dalam negeri ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM mustahik di perguruan tinggi. Sasaran utama peserta yang berhak menerima beasiswa ini adalah masyarakat fakir dan miskin.

Peserta beasiswa adalah orang-orang yang terpilih, dengan tujuan dan ambisi, juga kedalaman ilmu dibidangnya. Peserta yang terpilih adalah seseorang dengan niat yang baik, bersungguh-sungguh, juga jujur.

Tak hanya demikian, jenis program beasiswa ini masih memiliki berbagai macam kategori sesuai tujuan penyelenggaraan masing-masing. Ada kategori studentpreneur muda, aktivis muda, juga kategori teladan muda.

Di mana tiap kategori memiliki tujuan dan kriteria tersendiri yang harus diikuti oleh peserta pendaftar program. Fasilitas yang diberikan juga tidak main-main, mulai dari bantuan UKT dan dua pembinaan berbeda.

Beasiswa Cendekia Albukhary International University

Beasiswa ini adalah bentuk Kerjasama Baznas dengan Albukhary International University di Kedah, Malaysia bagi aluni SMA/MA/SMK. Program tersebut adalah program beasiswa penuh bagi lulusan SMA sederajat dari keluarga kurang mampu.

Penerima beasiswa akan dibiayai dalam melanjutkan pendidikan tinggi tingkat sarjana di Albukhary International University. Syaratnya, Anda memiliki sertifikat tes bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS.

Juga, berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan penghasilan orang tua. Juga membuat esai sesuai tema yang ditentukan pada periode pendaftaran yang sedang berlangsung saat itu.

2. Beasiswa Cendekia Al-Azhar, Kairo

Sama halnya dengan Albukhary International University, beasiswa jenis ini juga hasil kerjasama Al-Azhar dengan Baznas. Tiap tahunnya, Baznas bisa mengirimkan lebih dari seribu mahasiswa untuk berkuliah di sana.

Mahasiswa tersebut biasanya berasal dari keluarga dhuafa yang sudah mengikuti tes dan seleksi serta dinyatakan lolos. Dalam melakukan seleksi, Baznas menyeleksi didampingi oleh PPMI Mesir.

PPMI adalah Perhimbunan Pelajar Mahasiswa Indonesia yang memberikan pembinaan dan pendampingan kepada mahasiswa baru. Namun, saat ini jenis beasiswa tersebut belum dibuka kembali karena KEMENAG tidak melakukan seleksi.

3. Beasiswa Kaderisasi Seribu Ulama

Sejak tahun 2017, Baznas melakukan kerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia untuk melahirkan kader ulama. Ada sekitar 90 ormas Islam yang tergabung ke dalam MUI yang tiap periode harus beregenerasi.

Kaderisasi Seribu Ulama ini adalah program yang bertujuan untuk melahirkan ulama dalam jumlah yang memadai. Serta memiliki kemampuan tinggi di dalam keilmuan Islam dan syariah untuk mempersatukan umat.

Beasiswa ini dikhususkan kepada peserta yang menjadi anggota pengurus MUI daerah dan akan melakukan program doctoral. Nantinya, biaya UKT dan uang ujian akan dibantu oleh Baznas selama kurang lebih tiga tahun lamanya.

4. Beasiswa Kemitraan Baznas

Selain distribusi langsung atas dana program Beasiswa Baznas, LBB juga melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi jalan untuk menjangkau kelompok yang membutuhkan bantuan.

Pendekatannya dilakukan kepada kelompok-kelompok tertentu melalui kearifan lokal para mitra di lokasi masing-masing. Seleksi kemitraan akan selalu dilaksanakan tiap tahunnya hingga pelaksanaan program yang disiapkan mitra.

5. Beasiswa Riset Baznas

Beasiswa riset, pastinya adalah program bantuan pendidikan untuk melakukan riset yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Inovasi dan pengembangan riset dibidang zakat sangat diperlukan dan diutamakan.

Pada tahun 2018 dan 2019 telah dilaksanakan beasiswa riset Baznas mengenai zakat dengan 92 peserta. Seleksi dilakukan oleh dewan juri yang terdiri atas perwakilan Baznas, Direktorat KEMENRISTEK, juga Kementiran Pendidikan.

Jika Anda adalah seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi, tesis atau disertasi, Anda bisa ikut. Anda dapat mengikuti seleksi beasiswa tersebut untuk membantu meringankan biaya melakukan riset.

Itulah beberapa jenis Beasiswa Baznas yang diprogramkan juga masih berlangsung hingga saat ini sesuai fokus program. Anda dapat memilih beasiswa jenis apa yang cocok dan sedang Anda butuhkan saat ini untuk dicoba.

Baca Juga: Lanjutkan Pendidikan Tinggi dengan Beasiswa Dexa Award untuk S2

Yuk Daftarkan Diri Anda Segera

Dengan berbagai keunggulan dari program tersebut, tentunya Anda harus setidaknya mencoba untuk mendaftar. Tetapi, jangan lupa untuk menyesuaikan program sesuai kebutuhan Anda.

Tiap program memiliki keunggulan masing-masing yang mana semuanya memberikan manfaat baik bagi Anda. Lembaga pengelola bertujuan untuk mendistribusikan dana yang akan digunakan program tersebut.

Terkenal amanah, maka itu beasiswa ini cukup menjanjikan untuk dicoba dengan berbagai syarat yang mengikuti. Syarat-syarat yang diajukan pihak penyelenggarapun tidak terhitung rumit, dan masih sederhana saja.

Yang penting, Anda memiliki niat dan kesungguhan untuk mencoba melengkapi persyaratan dengan baik dan benar. Apalagi dengan tujuan mulia untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang berilmu dalam.

Beasiswa ini akan cocok bagi masyarakat Indonesia yang berminat melanjutkan pendidikan hingga jenjang yang tinggi. Tak hanya pada S1 tetapi juga terdapat bantuan untuk S2 dan S3 di dalam beasiswa riset.

Semoga adanya informasi mengenai Beasiswa Baznas ini membuat Anda lebih memahami dan berminat melanjutkan pendidikan. Tak ada salahnya untuk mencoba berbagai program yang disajikan pemerintah dengan baik. Yuk cek info selengkapnya segera di https://beasiswa.baznas.go.id/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x