INFORMASI

Panduan Pengisian PDSS 2022 untuk Mengajukan Siswa Eligible

4 min read
Panduan Pengisian PDSS 2022 untuk Mengajukan Siswa Eligible

LTMPT telah merilis panduan pengisian PDSS 2022 berbarengan dengan dibukanya sistem website dari LTMPT sendiri. Sebagaimana yang diberitahukan Diktiristek, per tanggal 04 Januari, sekolah sudah bisa melakukan registrasi akun di www.ltmpt.ac.id.

Sementara, untuk pengisian data siswa eligible di www.pdss.ltmpt.ac.id dapat dilakukan mulai tanggal 08 Januari hingga 15 Februari mendatang. Namun, meski tenggat waktu terbilang cukup lama, sebaiknya pendaftaran akun dan pengajuan di PDSS disegerakan.

Pasalnya, sistem web kerap kali sulit diakses di hari-hari terakhir pendaftaran. Selain itu, disiplin waktu juga bermanfaat untuk menghindari ketidaktepatan data akibat terburu-buru.

Memastikan data yang diberikan adalah benar juga diperlukan. Dengan begitu, tidak akan ada data yang bersilangan di kemudian hari sebagai konsekuensi.

Jika sudah menyiapkan data yang sebenar-benarnya, silakan baca panduan pengisian PDSS 2022 di link yang telah disediakan LTMPT. Akan tetapi, tidak ada salahnya membaca ulasan berikut, yang merupakan bentuk ringkas dari panduan pengisian PDSS 2022 di LTMPT.

Panduan Pengisian PDSS 2022 untuk Mengajukan Siswa Eligible

Berdasar panduan pengisian PDSS 2022, terdapat empat data yang wajib diisikan di Pangkalan Data Siswa dan Sekolah. Di antaranya, Sekolah, Siswa (eligible), Kurikulum, dan Nilai.

Setiap data masih bisa dibatalkan apabila ditemukan data yang tidak tepat. Dengan catatan, pihak sekolah belum melakukan finalisasi data nilai.

Setelah finalisasi seluruh data, informasi tidak dapat diubah sejak berakhirnya masa sanggah di tanggal 19 Januari (awalnya 17 Januari). Berikut panduan pengisian PDSS 2022 yang telah dirangkum dalam ulasan singkat.

1. Login Sekolah

Login ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa di tautan yang telah tersedia di atas. Gunakan akun LTMPT yang sebelumnya telah didaftarkan dan diaktivasi lewat email yang diberikan LTMPT.

Pastikan saat mendaftar akun, Anda menyimpan atau setidaknya mengingat password yang mudah. Kemudian, pastikan juga Anda telah menyiapkan data yang akan diinput ke dalam sistem guna menghindari kesalahan.

Jika sudah berhasil masuk, isi profil sekolah yang sebenar-benarnya. Data kepala sekolah, alamat sekolah, jurusan kelas, dan lain sebagainya.

2. Daftar Data Siswa

Setelah mengisi data sekolah, di laman sebelumnya pihak sekolah juga dimintai data siswa yang akan didaftarkan untuk ikut SNMPTN. Setelah finalisasi, halaman berikutnya akan memperlihatkan daftar siswa yang telah diberikan sebelumnya.

Di menu ini, Anda bisa memeriksa data siswa per jurusan dan rangkingnya. Laman ini tidak bisa digunakan untuk memperbaiki data, baik sebelum masa sanggah ataupun setelah masa sanggah.

Jika terdapat kesalahan fatal, sebaiknya segera hubungi pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Ajukan permohonan untuk perbaikan data, jika diperbolehkan, data bisa diperbaiki.

3. Kurikulum

Menu Kurikulum digunakan untuk mengisi informasi kurikulum yang berlaku di sekolah. Klik tombol biru bertuliskan “pilih kurikulum” kemudian pilih standar kurikulum di sekolah Anda.

Harap diperhatikan, standar kurikulum sekolah yang dapat mengikuti SNMPTN adalah KTSP (2006) dan Kurtilas (2013). Jika sesuai dan sudah memilih, selanjutnya adalah mengisi mata pelajaran per kurikulum.

Di menu ini, Anda akan diminta memasukkan data KKM dan SKS yang sesuai. Jika sudah berhasil, lakukan finalisasi.

Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tersedia pengisian data mata pelajaran kompetensi C2 dan C3. Ceklis jika akan menambahkan mata pelajaran ke kurikulum dan penilaian.

4. Rumusan Nilai

Sebelum mengisi nilai siswa, pastikan memilih jenis studi tiap-tiap siswa terlebih dahulu. Jika sudah, Anda bisa meng-upload nilai siswa satu per satu atau dengan bulk upload.

Harap berhati-hati saat mengisi rumusan nilai siswa. Jika melakukan kesalahan pada nilai satu siswa dan ingin mengubahnya, seluruh data siswa tersebut harus diperbaharui.

Pilih status khusus untuk siswa yang pernah cuti, tidak naik kelas, pindahan, atau pertukaran pelajar. Terkhusus siswa pindahan, masukkan NPSN sekolah asal.

Langkah berikutnya, tidak berbeda dengan siswa tanpa status. Isikan nilai siswa per semester baik secara manual ataupun bulk.

5. Finalisasi, Akhir Panduan Pengisian PDSS 2022

Klik finalisasi data sekolah jika Anda sudah yakin data yang diberikan sudah benar seluruhnya. Jika terdapat kesalahan, seperti yang sebelumnya dijelaskan, data harus diperbaharui dari awal.

Namun, jika Anda telah melakukan finalisasi nilai, seluruh data tidak dapat diubah. Informasi yang Anda berikan dianggap final dan dimutakhirkan sistem.

Karena hal itu, selalu pastikan data yang diberikan pada sistem adalah sesuai. Anda bisa mengecek secara berkala sebelum yakin melakukan upload ke sistem LTMPT.

Jadwal SNMPTN

Informasi jadwal SNMPTN juga telah disebar sejak awal Januari lalu. Mulai dari registrasi di tanggal 14 Februari nanti, hingga tanggal 28 Februari mendatang.

Penilaian siswa eligible tahun 2022 akan difilter lembaga. Seperti yang diketahui, sejak 2019 LTMPT hadir sebagai sarana penghubung antara sekolah dan siswa dengan PTN.

LTMPT akan mengumumkan hasil SNMPTN secara serentak di laman LTMPT. Sesuai jadwal yang telah diinformasikan, pengumuman siswa eligible yang lolos SNMPTN akan dilakukan per tanggal 28 Maret 2022.

Mendata Siswa Eligible Sesuai Panduan Pengisian PDSS 2022

Setelah membaca panduan pengisian PDSS 2022, langkah selanjutnya adalah mempraktikkan panduan pengisian PDSS 2022. Harap memperhatikan data dan waktu upload data siswa eligible.

Gunakan waktu yang diberikan LTMPT untuk registrasi dan pengajuan siswa eligible. Berikan data yang benar, di waktu yang masih longgar ke hari penutupan.

Harap diingat, semua data yang diinput adalah hak sekolah. Lembaga memberikan kewenangan sepenuhnya pada sekolah untuk menilai siapa saja yang berhak diajukan sebagai siswa eligible.

Seluruh tahapan dalam pengajuan siswa eligible akan terasa mudah jika Anda telah menyiapkan data yang benar terlebih dahulu. Teliti dalam mengisi data sehingga tidak ada kesalahan yang mengharuskan Anda kembali mengulang pendataan.

Hal selanjutnya yang penting dilakukan pihak sekolah dan siswa eligible sebelum dan sesaat SNMPTN berlangsung adalah tetap berdoa. Semoga siswa lulus SNMPTN sehingga ke depannya, citra sekolah makin baik.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x