INFORMASI

Serba-serbi Penetapan Siswa Eligible di Aplikasi PDSS 2022

4 min read
Serba-serbi Penetapan Siswa Eligible di Aplikasi PDSS 2022

Registrasi akun LTMPT sekolah untuk siswa eligible telah bisa dilakukan melalui aplikasi PDSS 2022 terbaru. Langkah-langkah pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS telah disajikan dalam data berbentuk file pdf.

Secara ringkas, tahapan-tahapan dalam mengisi data di PDSS terdiri dari empat langkah. Verifikasi data sekolah, pengisian data eligible, pendefinisian kurikulum, dan pengisian nilai.

Kunjungi website https://pdss.ltmpt.ac.id untuk mulai mengisi formulir data yang dibutuhkan. Pastikan sekolah telah mendaftar akun di https://www.ltmpt.ac.id agar bisa log-in ke Pangkalan Sekolah dan Siswa.

Seputar Aplikasi PDSS 2022 dan Siswa Eligible

PDSS adalah tabel yang berisikan rekam jejak satu sekolah serta siswa dengan nilai raport yang terbilang layak untuk didaftarkan SNMPTN. Selain menyesuaikan dengan kurikulum nasional, syarat dan cara mengisi data siswa juga menjadi ketentuan untuk bisa mendaftar di PDSS.

1. Syarat Daftar PDSS Sekolah

Persyaratan pertama agar lembaga pendidikan, SMA/MA/SMK, dapat mendaftar di PDSS adalah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Selain itu, akreditasi sekolah juga menentukan kuota siswa yang dapat diajukan sebagai siswa eligible.

Untuk sekolah dengan akreditasi A, kuota yang diberikan PTN untuk sekolah adalah 40 persen. Sementara untuk sekolah berakreditasi B dan C, 25 persen dan 5 persen.

2. Persyaratan Peserta Eligible 2022

Setiap peserta adalah siswa kelas 12 SMA/MA/SMK tahun 2022 yang memiliki prestasi di bidang akademik dan non-akademik. Memiliki NISN yang terdaftar di web Pangkalan Data Sekolah dan Siswa, mencantumkan portofolio, jika memilih jurusan olahraga atau seni.

3. Kriteria Pemeringkatan Siswa Eligible Berdasarkan Aplikasi PDSS 2022

Sekolah dapat mempertimbangkan beberapa hal sebelum mendaftarkan siswa eligible di aplikasi PDSS 2022. Dinilai dari nilai raportnya, siswa eligible dapat dilihat dari beberapa pelajaran sesuatu jurusan yang diambilnya.

Jurusan IPA, pelajaran yang dapat dinilai perkembangan dan kemajuannya di antaranya, Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Sementara untuk pelajaran bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bisa dijadikan penilaian.

Di jurusan Bahasa, mata pelajaran yang dapat dinilai di antaranya, Antropologi, Sastra dan Bahasa Indonesia, Matematika, serta Bahasa Inggris. Selain itu, terdapat tambahan berupa kemampuan berbahasa asing, selain Inggris, minimal satu.

Untuk jurusan IPS, pelajaran Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Matematika, Bahasa Indonesia dan Inggris bisa diakumulasikan. Sementara untuk Sekolah Menengah Kejuruan, Bahasa Indonesia dan Inggris, serta Matematika juga kompetensi keahlian merupakan pusat penilaian siswa.

Selain itu, sekolah berhak memberikan penilaian lain sehingga siswa dengan prestasi di luar akademik bisa saja jadi peserta SNMPTN. Penilaian sepenuhnya adalah hak sekolah.

4. Jadwal PDSS dan SNMPTN

Sebelum membahas tahapan mengisi data di form aplikasi PDSS 2022, berikut ini jadwal pelaksanaan menuju SNMPTN. Tanggal 01 Desember Sosialisasi PDSS dibuka bersamaan dengan sosialisasi SNMPTN.

Kegiatan penerimaan mahasiswa baru dibuka tanggal 04 Januari sekaligus pembukaan website LTMPT untuk pendataan siswa eligible. Pengisian PDSS dapat dimulai dari tanggal 08 Januari hingga 08 Februari mendatang.

Kemudian, pendaftaran SNMPTN dimulai tanggal 14 sampai 28 Februari. Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi akan dipublikasikan per tanggal 29 Maret 2022.

5. Mengisi Data di Aplikasi PDSS 2022—Verifikasi Data Sekolah

Agar bisa mengajukan siswa eligible untuk SNMPTN, pihak sekolah perlu memberikan profil sekolah. Kemudian, data itu wajib dimutakhirkan atau difinalisasi sebagai bukti keterlibatan sekolah dalam pelaksanaan SNMPTN.

Data yang dibutuhkan aplikasi PDSS 2022 di tahap ini adalah profil dan jurusan yang tersedia di sekolah yang dikelola. Apabila terdapat kesalahan, sebaiknya menunda pendaftaran hingga data diperbaiki, tetapi jika sudah benar, silakan lakukan finalisasi.

6. Memasukkan Data Siswa Eligible

Setelah memfinalkan data sekolah dan jurusan, aplikasi PDSS 2022 akan meminta pihak sekolah mengisi data siswa eligible. Siswa eligible dapat dipilih berdasar penilaian dari beberapa kriteria, sebagaimana disebut di poin tiga.

Pengisian data dapat dilakukan secara manual atau satu per satu, bisa juga mengisinya secara bulk atau bersamaan per jurusan. Jika data sudah dipastikan tidak salah, finalisasi agar lanjut ke tahapan berikutnya.

7. Pendataan Kurikulum Sekolah

Kurikulum sekolah nasional diperlukan agar pengisian data dan penetapan siswa eligible di aplikasi PDSS 2022 dapat terdata. Kurikulum yang dimaksud ialah KTSP dan Kurtilas.

PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum dalam satu tahun ajarannya. Misalnya, semester ganjil menggunakan KTSP, semester genap menggunakan Kurtilas.

Langkah selanjutnya, simpan semua data kemudian finalisasi. Pastikan data sesuai sehingga data tidak akan bermasalah ke depannya.

8. Pengisian Nilai Siswa

Langkah terakhir pendataan adalah mengisi nilai siswa yang didaftarkan sebagai siswa eligible. Nilai yang dimasukkan adalah hasil selama 5 semester, sejak masuk sekolah.

Sama seperti saat memasukkan data siswa eligible, mengisi nilai para siswa juga dapat dilakukan dalam dua cara. Jika sudah dipastikan benar, terakhir, finalisasi.

Catatan: jika terdapat siswa eligible dengan status khusus, seperti cuti, pindahan atau tidak naik kelas, pengisian data tidak berbeda. Nilai dimasukkan serupa dengan siswa biasa tanpa status khusus.

Mulai Penetapan Siswa Eligible di Aplikasi PDSS 2022

Siswa eligible merupakan siswa terpilih yang dapat diikutsertakan dalam seleksi SNMPTN. Sementara itu, berdasar pemaknaan dari Cambridge Dictionary, eligible berarti memenuhi kondisi atau syarat yang diperlukan.

Dalam hal ini, eligible dapat dimaknai sebagai siswa yang memenuhi syarat untuk ikut SNMPTN. Kemudian, jika terpilih, siswa dinyatakan layak untuk masuk PTN unggul.

Adapun pemilihan siswa eligible, pihak sekolah dapat menentukannya sendiri. Namun, lembaga penguji juga memberikan beberapa kriteria agar siswa yang diikutsertakan, sesuai harapan PTN.

Meski penetapan siswa diserahkan sepenuhnya pada sekolah, tentu pihak sekolah juga tidak bisa mengikutsertakan secara cuma-cuma. Sebab, penilaian tahun ini pasti akan jadi penilaian lembaga dan PTN untuk sekolah di tahun berikutnya.

Terima kasih telah membaca ulasan serba-serbi penetapan siswa eligible di aplikasi PDSS 2022. Semoga bermanfaat untuk Anda yang tertarik dengan pendaftaran mahasiswa baru baik untuk diri sendiri sebagai calon mahasiswa, maupun murid Anda jika Anda adalah seorang guru.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x