SNMPTN

Panduan Penetapan Siswa Eligible untuk SNMPTN 2022

5 min read
Panduan Penetapan Siswa Eligible untuk SNMPTN 2022

Pembukaan jalur SNMPTN 2022 telah diawali dengan panduan penetapan siswa eligible atau direkomendasikan masuk jalur ini. Sebagaimana yang Anda tahu, siswa eligible merupakan siswa terpilih. Serta terbaik yang akan didaftarkan untuk ikut seleksi jalur raport.

Perlu diketahui, untuk pendaftaran siswa eligible ini, sekolah harus terlebih dahulu memiliki akun LTMPT permanen atau final. Jika belum mendaftar, Anda sebagai pihak sekolah bisa mendaftar hari ini juga.

Registrasi akun LTMPT sudah dibuka sejak 04 Januari lalu hingga 15 Februari nanti. Sebelum yakin melakukan registrasi, ada baiknya baca panduan penetapan siswa eligible lebih dulu.

Hal itu berguna agar tidak ada kesalahan yang bisa menyebabkan Anda bekerja dua kali. Alasan lain pentingnya membaca panduan penetapan siswa eligible yaitu fitur sanggah data memiliki batasan waktu.

Dengan demikian, jika Anda mendaftar akun setelah melewati batas waktu sanggah, data tidak dapat diubah. Semua data yang Anda berikan dianggap benar, meskipun sebetulnya terdapat kesalahan.

Tahapan dan Panduan Penetapan Siswa Eligible untuk SNMPTN

Berikut ini adalah panduan penetapan siswa eligible yang bertahap. Mulai dari pendaftaran sekolah hingga menetapkan siswa berprestasi sebagai peserta SNMPTN.

1. Mendaftar Akun LTMPT Sekolah

Sebelumnya, sudah dikatakan bahwa hanya sekolah yang memiliki akun LTMPT yang dapat mendaftar seleksi SNMPTN. Maka dari itu, tahap pertama yang mesti dilakukan sekolah agar bisa mendaftarkan siswanya untuk ikut seleksi adalah registrasi.

Langkah-langkah registrasi dapat dimulai dengan masuk ke portal LTMPT di www.ltmpt.ac.id. Setelah itu, klik daftar dan pilih tombol dengan kata “Sekolah”.

Jika sudah, Anda diminta untuk memasukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) serta kode registrasi Dapodik. Isi nama Kepala Sekolah atau Operator Sekolah beserta tanggal lahirnya.

Kemudian masukkan email dan password, lalu klik “Daftar”. Tunggu notifikasi dari LTMPT melalui email, jika sudah ada klik “aktivasi akun” di pesan dari LTMPT.

2. Masuk ke Portal PDSS

Pihak sekolah dapat masuk ke portal PDSS di laman www.pdss.ltmpt.ac.id. Gunakan email dan kata sandi akun LTMPT yang telah didaftarkan sebelumnya.

Di portal inilah, Anda dapat melakukan registrasi untuk anak didik terbaik di sekolah yang akan diikutsertakan di seleksi SNMPTN. Namun sebelum menetapkan siswa eligible, Anda diharuskan mengisi data sekolah dulu.

3. Isi Data Diri Sekolah

Pengisian data diri sekolah berada di halaman pertama portal PDSS. Pihak sekolah diminta mengisi profil sekolah, seperti nama sekolah. NPSN, akreditasi, jenis sekolah, alamat, dan lain sebagainya.

Pastikan semua data sudah benar, sebab masa sanggah data telah berakhir pada tanggal 17 Januari kemarin. Karena hal itu, sebaiknya Anda menyiapkan semua data dan memastikan kebenarannya sebelum melakukan finalisasi.

LTMPT juga memberitahukan bahwa di tahun ini, setiap sekolah melakukan log in ke portal PDSS, data sekolah akan terupdate secara otomatis. Data terakhir saat Anda melakukan finalisasi tidak dapat diubah kembali setelah berakhirnya masa sanggah.

4. Tulis Jurusan Kelas

Setelah Anda menyelesaikan tahap pengisian data sekolah, berdasar panduan penetapan siswa eligible, selanjutnya Anda akan diminta mengisi jurusan kelas. Cukup dengan mengklik jurusan apa saja yang ada di sekolah Anda, IPA, IPS, dan Bahasa.

Jika sudah diklik mana saja jurusan kelas yang terdapat di sekolah, klik simpan di tombol berwarna biru di ujung kanan. Jika sudah, notifikasi bahwa Anda telah berhasil menyimpan jurusan akan muncul di layar website PDSS.

5. Finalisasi Data Sekolah

Sebelum mengklik tombol finalisasi, Anda bisa memastikan kembali kebenaran semua data. Data sekolah yang terdiri dari alamat, akreditasi, dan lain-lain, serta jurusan kelas yang telah Anda pilih.

Jika sudah benar-benar yakin, silakan klik tombol “finalisasi” yang berwarna hijau. Warna hijau di tombol finalisasi akan berubah menjadi abu-abu sebagai informasi bahwa data sekolah Anda telah dimutakhirkan.

Selanjutnya, akan muncul notifikasi tanggal dan waktu saat Anda melakukan finalisasi. Setelah data sekolah difinalisasi, Anda baru bisa mendaftarkan data siswa yang akan diajukan sebagai peserta SNMPTN.

6. Pengajuan Sesuai Panduan Penetapan Siswa Eligible

Sebelum lanjut ke pengajuan siswa eligible, pastikan peserta didik Anda telah memiliki akun LTMPT. Jika belum, siswa tidak bisa Anda daftarkan sebagai calon peserta SNMPTN 2022.

Selain itu, data jurusan yang tampil di laman pengajuan siswa eligible adalah berdasar informasi yang diberikan sebelumnya di profil. Sementara kuota untuk pengajuan siswa eligible merupakan ketentuan LTMPT.

Dari panduan penetapan siswa eligible  di laman LTMPT, Anda diharuskan memilih siswa yang paling baik dari yang terbaik untuk diajukan. Anda bisa mengajukan beberapa orang dari jurusan jurusan yang berbeda-beda.

Anda bisa memasukkan data siswa dengan dua cara, yaitu satu per satu atau langsung beberapa orang. Di cara pertama, Anda diminta mengisi NISN siswa terpilih satu per satu kemudian menyimpannya.

Sistem web LTMPT akan mencocokkan data yang Anda berikan dengan akun siswa yang telah terdaftar di LTMPT. Jika siswa sudah memiliki akun LTMPT, nama siswa otomatis akan muncul bersama NISN yang baru saja Anda tuliskan.

7. Finalisasi Data Berdasarkan Panduan Penetapan Siswa Eligible

Rangking pada tabel data siswa setelah Anda memasukan NISN merupakan hasil dari urutan data yang Anda masukan. Karena itu, pastikan Anda mengisi data siswa dari yang terbaik dulu atau mengubah posisinya setelah semua data dimasukkan.

Jika data dan rangking telah sesuai dengan kompetensi siswa, Anda dapat menyimpan data barusan. Setelahnya, akan muncul notifikasi bahwa Anda telah berhasil menyimpan data siswa dan rangkingnya.

Cara kedua, Anda bisa menambahkan siswa eligible secara bulk atau dalam jumlah besar sekaligus. Meskipun dapat mengunggah banyak data siswa bersamaan, tetapi hanya siswa sejurusan yang dapat didata sekaligus.

Pertama-tama, Anda diminta untuk mengunduh template yang telah disediakan website. Kemudian, masukkan data siswa di dokumen excel-nya.

Pastikan semua data benar. Jika sudah, Anda dapat menyimpan data setelah memilih jurusan para siswa yang telah Anda masukkan dalam pendataan.

Seperti cara pertama, jika Anda sudah memasukkan dan menyimpan data, notifikasi pengunggahan berhasil akan tampil di layar. Setelah itu, Anda bisa melakukan finalisasi data siswa eligible.

Jika data yang Anda berikan sudah benar dan yakin, Anda bisa lanjut menekan tombol persetujuan, kemudian finalisasi. Namun, jika masih ragu, sebaiknya kembali mengecek ulang, sebab data tidak dapat diubah kembali.

Pastikan data siswa termasuk rangking benar-benar sesuai. Setelah melakukan finalisasi, sistem akan memastikan kembali keyakinan Anda.

Kemudian, sistem akan memunculkan tanggal dan waktu finalisasi jika Anda sudah menekan tombol finalisasi. Dengan demikian, data siswa eligible yang Anda berikan akan dianggap mutakhir oleh sistem dan tidak dapat diubah.

Pastikan Panduan Penetapan Siswa Eligible Sesuai Prosedur

Setelah Anda membaca panduan penetapan siswa eligible di atas, Anda bisa mulai melakukan pendaftaran siswa terbaik di sekolah. Sebelumnya, jika Anda belum berdiskusi dengan anak didik terbaik itu, Anda bisa membicarakannya dulu dengan siswa itu.

Alasannya agar siswa juga mendaftarkan dirinya di LTMPT. Dengan demikian panduan penetapan siswa eligible akan cepat selesai.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x