SNMPTN

Ternyata Ini Beberapa Poin dan Alasan Tidak Diterima SNMPTN 2022

5 min read
Ternyata Ini Beberapa Poin dan Alasan Tidak Diterima SNMPTN 2022

Apa saja alasan tidak diterima SNMPTN? Mungkin banyak siswa dan sisi Indonesia yang tengah bertanya-tanya terkait hal tersebut. Padahal, peringkat parallel pun berada di angka teratas serta telah mengajukan berbagai macam sertifikat. Namun kenapa tidak lolos? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan berikut ini hingga akhir ya.

Pengertian SNMPTN

Beberapa hari yang lalu, pendidikan di Indonesia tengah ramai dengan informasi seleksi jalur SNMPTN. Memang apa sih arti dari SNMPTN itu? Jika dijabarkan berdasarkan namanya yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Lalu apa tujuan serta kegunaan dari seleksi ini?

Sebenarnya, seleksi SNMPTN ini merupakan bagian dari jalur masuk pendidikan untuk jenjang yang lebih berupa tinggi institut negeri atau universitas. Berdasarkan seleksi tersebut, nilai setiap siswa kelas 3 SMA mulai dari nilai rapor semester pertama hingga semester 5 akan diakumulasikan.

Pasalnya, nilai rapor tersebut merupakan bentuk pengukuran prestasi akademis yang utama di dalam seleksi SNMPTN. Oleh sebab itu, jalur seleksi ini juga seringkali disebut dengan istilah jalur prestasi. Dengan begitu, sejak memasuki jenjang pendidikan SMA, Anda sudah harus memahami seleksi ini dan berusaha sekuat tenaga agar lolos pada tahap tersebut.

Nantinya, setiap catatan prestasi akademis, akan diserahkan kepada pilihan kampus yang diinginkan. Tentu saja, dengan cara ini Anda tidak perlu repot-repot membawa nilai rapor serta datang langsung ke kampus impian. Namun, seleksi ini akan dilakukan secara bersama-sama.

Dapat Logo Merah? Berikut Beberapa Alasan Tidak Diterima SNMPTN 2022

Pada dasarnya, dalam tahap seleksi SNMPTN ini tidak seluruh siswa akan diterima begitu saja. Melainkan terdapat berbagai kriteria yang telah ditentukan pada universitas atau setiap jurusan terkait. Lalu apa alasan tidak diterima SNMPTN? Berikut ini akan dijelaskan satu per satu secara rinci.

1. Tidak Memperhatikan Nilai Rapor Sejak Pertama Masuk SMA

Alasan yang pertama yaitu karena tidak memperdulikan nilai rapor sejak pertama kali masuk jenjang pendidikan SMA. Pasalnya, agar lolos ke dalam seleksi SNMPTN ini, yang diakumulasikan yaitu nilai sejak semester pertama kelas 10 hingga semester pertama pada saat kelas 12.

Oleh sebab itu, ketika Anda tidak memperdulikan setiap nilai yang diperoleh, dapat dipastikan sulit untuk lolos pada jalur ini. Hal tersebut dikarenakan, sangat banyaknya pesaing dengan akreditasi sekolah yang menyebabkan tingkat kelolosan menjadi lebih tinggi.

2. Tidak Memperhatikan Proses Pendaftaran Secara Teliti

Alasan tidak diterima SNMPTN yang kedua yaitu karena tidak memperhatikan proses pendaftaran secara teliti. Memang alur pendaftaran yang harus dilakukan cukup sulit, oleh sebab itu perlu memperhatikan dengan baik-baik setiap alurnya. Di samping itu, sebagai calon peserta juga harus lebih aktif untuk memverifikasi Nomor Induk Sekolah.

3. Rekam Jejak Sekolah yang Tidak Sesuai

Pada dasarnya, untuk masuk ke dalam Perguruan Tinggi Negeri bukanlah menjadi satu keputusan yang dapat dibuat dalam jangka waktu singkat. Akan tetapi, setiap perjalanan Anda selama 3 tahun akan menjadi salah satu bagian penentu kelulusan.

Bukan hanya itu saja, melainkan akreditasi sekolah juga menjadi bagian dari penentu utama. Seberapa baik kualitas atau sistem akreditasi sekolah tersebut akan menentukan seberapa banyak kuota yang diberikan pada seleksi SNMPTN tersebut.

4. Terlalu Berambisi untuk Memilih Jurusan Terfavorit

Alasan tidak diterima SNMPTN selanjutnya yaitu karena terlalu berambisi untuk memilih jurusan terfavorit. Pada dasarnya, tidak ada salahnya apabila seseorang terlalu berambisi. Memang hal tersebut sangatlah baik untuk karena bagian dari semangat yang gigih.

Akan tetapi, semakin tinggi tingkat favorit yang ada pada jurusan tersebut,tentu kuota yang diperebutkan juga menjadi semakin sedikit. Sehingga, ketika mempunyai semangat yang tinggi untuk mendapatkannya, perlu diimbangi dengan mempertahankan nilai bagus Anda.

5. Tidak Mempunyai Prestasi Lain

Bagi Anda yang aktif dalam kegiatan sekolah, mempunyai potensi untuk lolos lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang pasif. Oleh sebab itu, ketika memilih prodi sangat penting untuk mempertimbangkan strategi yang pas.

6. Tidak Memperhatikan Seberapa Besar Daya Tampung Pada PTN yang Dipilih

Alasan tidak diterima SNMPTN yang terakhir yaitu karena tidak memperhatikan seberapa besar daya tampung pada PTN yang akan dipilih. Sebenarnya, dalam sebuah perguruan tinggi mempunyai jumlah kuota atau daya tampung yang berbeda. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempertimbangkan hal ini pada setiap jurusan atau prodi yang akan dipilih.

Setelah mengetahui beberapa Alasan tidak diterima SNMPTN, maka langkah selanjutnya yang dapat dipilih yaitu dengan mengikuti uji SBMPTN. Memang bukan menjadi persoalan mudah ketika mengikuti ujian tersebut. Akan tetapi, ikuti beberapa tips dibawah ini, agar Anda dapat lolos ke dalam jalur SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Ayo Menambah Jam Belajar

Jika terhitung dari sekarang, pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan beberapa bulan lagi, tentu saja waktu akan terus berjalan dan harus dipersiapkan secara matang. Oleh sebab itu, menambah jam belajar menjadi salah satu tips agar dapat lolos ketika melakukan seleksi SBMPTN.

Penting untuk Menambah Sumber Belajar Lebih Luas

Pada dasarnya, untuk belajar SBMPTN ini tidak perlu melakukan bimbingan khusus. Pasalnya, semakin berkembangnya teknologi saat ini membuat segala hal dapat diperoleh dengan cara yang lebih mudah, salah satunya yaitu sebagai media belajar.

Di samping itu, Anda juga dapat memanfaatkan beberapa aplikasi gratis yang menyediakan layanan belajar menjelang UTBK.

Pastikan untuk Mengikuti Tryout Rutin

Try out merupakan salah satu bagian dari fasilitas para peserta UTBK dalam menguasai berbagai macam materi yang telah diterima. Sehingga hal ini juga mempermudah Anda untuk mengetahui perkiraan nilai atau dapat menjadi media simulasi menjelang seleksi SBMPTN tiba.

Ambil Jurusan dengan Mempertimbangkan Tingkat Keketatannya

Setelah mengetahui salah satu alasan tidak diterima SNMPTN karena kurangnya menguasai strategi dalam memilih jurusan. Maka selanjutnya hal ini tidak boleh terlupakan.

Perlu untuk diketahui bahwa strategi memilih jurusan menjadi bagian terpenting untuk menunjang keberhasilan Anda. Hal ini bisa dimulai dengan menentukan prodi apa yang memang diminati serta seberapa ketat untuk dapat lolos ke dalamnya.

Baca Juga: Tak Perlu Panik, Begini Atas Masalah UTBK SBMPTN Error

Sering Latihan Soal Adalah Wajib

Memang, rutin melakukan latihan soal mempunyai potensi besar agar dapat menjawab berbagai pertanyaan dalam ujian. Pasalnya, tips ampuh kali ini dapat menambah pemahaman Anda terhadap berbagai macam materi yang telah diterima.

Demikian ulasan singkat terkait dengan alasan tidak diterima SNMPTN. Pada dasarnya, tidak lolos dalam seleksi tersebut bukan menjadi salah satu bentuk kegagalan. Melainkan masih banyak kesempatan lain untuk dapat melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi.

Oleh sebab itu, agar tidak terlewat pada kesempatan selanjutnya, Anda dapat rutin melakukan pengecekan secara berkala pada laman https://portal.ltmpt.ac.id/. Berbagai macam informasi seputar penerimaan mahasiswa baru akan terus terupdate di dalam situs resmi tersebut.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x