INFORMASI

Jalur Mandiri IAIN, Salah Satu Opsi untuk Menempuh Pendidikan Tinggi

5 min read
Jalur Mandiri IAIN, Salah Satu Opsi untuk Menempuh Pendidikan Tinggi

Jalur Mandiri IAIN di seluruh Indonesia disebut dengan SPMB Mandiri IAIN, singkatan dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Di mana, SPMB ini dibuka khusus untuk Institut Agama Islam Negeri di Indonesia melalui jalur mandiri.

SPMB Mandiri IAIN

Jalur Mandiri IAIN biasanya dibuka setelah jalur lain sudah terlaksana, seperti jalur yang disediakan pemerintah atau Kemenag. Barulah setelah pengumuman dari tiap-tiap jalur seleksi, dibukalah jalur SPMB Mandiri IAIN.

Biasanya, tiap Institut Agama Islam Negeri yang ada di Indonesia memiliki ketentuan dan jadwal pelaksanaan tersendiri. Tetapi kebanyakan waktu pelaksanaan dari masing-masing institut tidak jauh berbeda tenggatnya.

Jalur Mandiri IAIN dilaksanakan setelah pengumuman kelulusan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Ada beberapa ketentuan umum untuk mengikuti seleksi jalur tersebut yang biasanya disesuaikan lagi tiap daerahnya.

Misalnya pada Jalur mandiri IAIN Ambon, ada beberapa ketentuan umum seperti melampirkan data diri peserta ujian mandiri. Mulai dari KTP jika ada, Kartu Keluarga maupun Akta Kelahiran yang dibutuhkan untuk validasi data diri.

Kemudian, pastinya peserta harus dinyatakan lulus dari satuan pendidikan MA/SMK/SMA/Pesantren atau setara. Surat keterangan lulus atau ijazah akan dilakukan validasi sebelum pelaksanaan ujian mandiri berlangsung.

Jalur Mandiri IAIN memiliki satu tipe ujian saja yang dilaksanakan, yaitu Sistem Seleksi Elektronik (SSE) atau Computer Based Test. Di mana ujian tersebut diselenggarakan menggunakan komputer maupun gadget yang terstandar untuk bisa digunakan.

Jadi, ujian dari jalur mandiri sudah tidak lagi menggunakan lembar ujian berupa kertas atau bahasa lainnya adalah paperless. Baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban sudah diakses menggunakan komputer yang disediakan.

Ada tiga sub tes yang akan diujikan, yaitu tes bidang IPS, tes bidang IPA, dan juga Tes Kemampuan Dasar (TKD). Tes Kemampuan Dasar isinya adalah tes potensi akademik, bahasa, dan tes mengenai kemampuan agama atau keIslaman.

Program Studi Favorit Pendaftar

Dalam pendaftaran jalur mandiri IAIN ada beberapa jurusan favorit yang biasanya banyak diserbu dan dipilih ketika mendaftar. Berikut adaah bebrapa jurusan atau program studi favorit yang ramai peminat di IAIN.

1. Manajemen Keuangan Syariah

Bukan hanya pada jalur mandiri IAIN saja, tetapi hampir disegala jalur program studi satu ini selalu laris manis diserbu. Program studi manajemen keuangan syariah jadi salah satu prodi yang dianggap modern dan mengikuti zaman.

Di dalamnya akan dipelajari banyak hal mengenai manajemen keuangan tetapi berbasis pada hukum dan syariat Islam. Manajemen Keuangan Syariah adalah bagaimana cara manajerial keuangan sesuai prinsip syariah di dalam Islam.

Jurusan ini akan memberikan output atau bekal yang sangat berguna baik di dunia kerja maupun di kehidupan pribadi Anda. Dengan bekal pengetahuan dan wawasan mengenai manajemen keuangan yang berdasarkan pada syariat Islam.

2. Ekonomi Syariah

Jurusan ataupun program studi ekonomi sendiri memang sedari dulu sudah menjadi salah satu yang paling diminati. Saat ini ada pula ekonomi syariah dibeberapa perguruan tinggi berbasis Islam yang juga favorit.

Ekonomi syariah nantinya akan membawa mahasiswanya mempelajari dasar-dasar teori ekonomi mikro makro. Tetapi yang spesial adalah teori tersebut ditinjau melalui perspektif Islam dan hukum Islam.

Maksudnya adalah segala aspek dalam berkegiatan ekonomi seperti jual-beli, sewa, hutang, dan pinjaman dalam pandangan Islam. Seperti yang diketahui bahwa Islam menjelaskan secara detail hukum-hukum ekonomi dalam fiqih.

Nantinya, lulusan tersebut akan mampu berkarier di berbagai lembaga yang berhubungan dengan perekonomian. Tak hanya mengenai perekonomian, tetapi juga di berbagai lembaga keuangan seperti bank berbasis syariah.

3. Pendidikan Agama Islam

Dari Institut Agama Islam Negeri sendiri pasti terkenal karena dinilai menyajikan jurusan pendidikan agama Islam yang baik. Pendidikan agama Islam adalah jurusan yang juga jadi rebutan ketika pendaftaran.

Jurusan tersebut memiliki tujuan untuk menciptakan penerus generasi bangsa dengan karakter yang unggul. Baik karakter sesuai syariat Islam, kecerdasan, dan perilaku yang terpuji di masyarakat Indonesia.

Harapannya, jurusan ini dapat membuat peminatnya mampu mendalami lebih lagi mengenai agama Islam dan isinya. Sehingga, ilmu tersebut dapat berguna di kehidupan Anda sebagai masyarakat maupun individu.

4. Akuntansi Syariah

Bidang akuntansi ini berbeda karena menekanka pencatatan transaksi, tindakan, pelaporan, juga keputusan yang sesuai syariat. Perbedaan utamanya dengan akuntansi pada umumnya adalah bagaimana informasi di dalamnya dibagikan.

Dalam menyajikan informasi, akuntansi syariah akan menyajikan semua bentuk informasi baik maupun buruk. Berbeda dengan informasi dari akuntansi biasa yang adalah informasi pilihan saja untuk dibagikan.

Akuntansi syariah tentunya menggunakan prinsip syariah Islam misalya keadilan, kebenaran, serta rasa tanggungjawab. Tetapi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan dibidang masing-masing yang seimbang.

5. Psikologi Islam

Psikologi Islam sebenarnya adalah salah satu ilmu cabang psikologi yang menerapkan perspektif Islam terhadap psikologi modern. Dengan membuang konsep-konsep yang tidak sesuai dengan syariat atau ilmu Islam.

Konsep psikologi Islam mempelajari keunikan atau pola perilaku, serta kepribadian-kepribadian manusia berdasarkan Al-Qur’an. Hal tersebut menjadi dasar, sebagai ungkapan dalam interaksi dengan diri sendiri dan lingkungan juga kerohanian.

Dalam psikologi Islam, ada 3 bagian struktur kepribadian yaitu hati, jasmani yang berhubungan dengan nafsu, juga akal. Ketiganya berhubungan dan saling berkaitan juga akan dipelajari secara bersama-sama.

6. Komunikasi Penyiaran Islam

Jika biasanya di universitas terdapat Ilmu komunikasi yang banyak diminati, pada IAIN ada yang dinamakan Komunikasi Penyiaran Islam. Di mana program studi ini dasarnya mempelajari komunikasi dalam pers, penyiaran, dan retorika.

Tetapi tetap dijiwai oleh nilai-nilai dalam syariat Islam, dengan memusatkan kajian-kajiannya ke dalam tiga bidang. Yaitu, Khithabah (tabligh dan dakwah), Kitabah (tulis-menulis), juga Broadcasting (penyiaran).

Tak hanya pada tiga hal di atas, Komunikasi Penyiaran Islam juga mengkaji Dkwah bi ahsan al-qaul. Hal tersebut berupa tabligh pendekatan wakyu, interdisipliner, dan kajian sosial atau yang biasa disebut istiqra’.

Dari pembahasan di atas, Anda bisa tahu program studi apa saja yang sering jadi pilihan baik pada seleksi jalur mandiri IAIN. Jurusan atau prodi tersebut banyak dipilh karena berbagai alasan, salah satunya prospek kerjanya.

Baca Juga: Beasiswa Wellcome, Pendanaan Bergengsi Bagi Para Mahasiswa S2

Prospek Kerja yang Sangat Luas

Tidak banyak yang tahu bahwa lulusan jalur mandiri IAIN memiliki kesempatan kerja yang sama besarnya dengan lulusan lain. Dikarenakan masih di bawah naungan Kementrian Agama, besar kesempatan untuk bekerja di dalamnya.

Lulusan IAIN bisa bekerja sesuai dengan jurusan yang dimasuki, misalnya komunikasi penyiaran Islam. Jurusan tersebut bisa bekerja diberbagai macam sektor, contohnya radio maupun pertelevisian.

Hal tersebut karena, meskipun nama jurusannya mengandung unsur Islam, tetapi dasar ilmu yang diajarkan adalah komunikasi. Sehingga tetap bisa bekerja di manapun sesuai passion dan juga kemampuan masing-masing.

Penjelasan mengenai jalur mandiri IAIN serta apa saja program studi favorit tadi semoga bisa jadi informasi yang bermanfaat. IAIN memiliki banyak peluang untuk mengantarkan menuju kesuksesan.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x