INFORMASI

Sekilas Tentang Beasiswa Tanoto Foundation Bernama TELADAN

5 min read
Sekilas Tentang Beasiswa Tanoto Foundation Bernama TELADAN

Ada salah satu beasiswa yang banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat, yaitu beasiswa Tanoto Foundation yang bernama beasiswa TELADAN. Darmasiswa TELADAN atau Transformasi Edukasi Untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan merupakan sebuah inisiatif Tanoto Foundation.

Beasiswa untuk Mahasiswa Baru

Beasiswa Tanoto Foundation merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester awal, atau semester satu. Program pendidikan tersebut merupakan sebuah inisiatif Tanoto Foundation yang ingin turut serta membangun generasi unggul.

Beasiswa dari Tanoto Foundation memiliki universitas atau perguruan mitra yang mahasiswanya dapat mengikuti seleksi pendanaan tersebut. Yang dapat menjadi peserta seleksi adalah mahasiswa tahun pertama, khususnya semester satu.

Mahasiswa yang mendaftar harus memiliki prestasi dibidang apa pun, memiliki potensi kepemimpinan, serta berpengalaman organisasi. Mitra-mitra perguruan tinggi tersebut antara lain adalah IPB, ITB, UNAND, UB, UGM, UI, UNDIP, UNRI, dan USU.

Potensi yang Anda miliki sebagai pendaftar sangat dipertimbangkan, sehingga sangat baik bagi Anda untuk meningkatkan prestasi diberbagai bidang. Apalagi beasiswa ini tidak main-main dalam memberikan cakupan dana pendidikannya kepada penerima beasiswa.

Beasiswa Tanoto Foundation ingin mendorong para pemuda Indonesia untuk berkontribusi dalam membawa dampak yang positif. Dampak positif terhadap bangsa Indonesia tersebut dapat berbentuk prestasi serta kontribusi nyata yang berefek baik.

Meskipun hanya bisa dicoba oleh mahasiswa semester 1, tetapi cakupan beasiswa Tanoto Foundation ini tidak main-main. Beasiswa akan membayarkan tanggungan biaya kuliah hingga semester delapan atau selama 4 tahun.

Hal tersebut tentunya salah satu tunjangan yang besar dan cukup massive untuk mahasiswa, karena dapat membantu meringankan biaya kuliah. Maka itu, peserta yang ingin mendaftar harus memastikan dirinya layak serta memenuhi kriteria pendaftar.

Banyak hal menarik yang didapatkan penerima beasiswa Tanoto Foundation jika sudah benar-benar dinyatakan lolos seluruh seleksi. Beasiswa TELADAN menjadi salah satu program bantuan pendidikan yang juga sering dicari serta merupakan favorit mahasiswa kampus mitra.

Cakupan Beasiswa         

Beasiswa Tanoto Foundation memberikan banyak sekali cakupan untuk mendukung kemajuan pendidikan bagi mahasiswa. Hal tersebut terlihat dari banyaknya biaya yang akan diterima, serta kegiatan yang nantinya dilaksanakan bersama.

1. Biaya Kuliah

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, beasiswa Tanoto Foundation memberikan bantuan biaya kuliah untuk penerimanya. Tak tanggung-tanggung, Tanoto Foundation akan memberikan bantuan hingga semester delapan kepada penerima.

Sehingga, penerima dapat melanjutkan pendidikan dengan tenang karena biaya pokok seperti UKT sudah dibantu penuh. Mahasiswa dapat lebih fokus untuk mengembangkan prestasi akademik maupun non-akademik di perkuliahan.

2. Tunjangan Per Bulan

Bukan hanya bantuan pendidikan berupa pembayaran uang kuliah, beasiswa tersebut juga akan memberikan tunjangan bulanan. Penerima beasiswa akan dibantu untuk biaya tunjangan uang saku dari beasiswa ini.

Nominal yang diberikan sudah sangat mencukupi untuk membantu biaya kehidupan sehari-hari sebagai seorang mahasiswa. Tentunya, dana tersebut diberikan untuk membantu mahasiswa lebih aktif dalam berkuliah.

3. Dukungan Pengembangan Kepemimpinan

Di dalam Dukungan Pengembangan Kepemimpinan ini ada banyak aspek yang dijelaskan dan menjadi beberapa program. Penerima beasiswa akan bersama-sama mengembangkan kemampuan serta pengetahuan dengan terstruktur.

Kegiatan ini dirancang secara berkelanjutan dalam tiga tahapan kurikulum program TELADAN. Meliputi Lead Self, Lead Others, Professional Preparation, serta Alumni Engagement and Development.

4. Dukungan Lingkaran Pengembangan TELADAN

Untuk berikutnya Lingkaran Pengembangan TELADAN terdiri dari beberapa program atau kegiatan pengayaan yang dapat diikuti. Mulai dari Tanoto Scholars Gathering yang mempertemukan penerima beasiswa untuk berkegiatan bersama.

Lalu ada pula Tanoto Student Research Award di mana merupakan kegiatan tahunan berupa dukungan dana program penelitian. Dukungan dana ini diberikan kepada mahasiswa dari perguruan tinggi mitra yang sedang melakukan riset.

Ada pula Pay It Forward Initiative yang merupakan kegiatan memberikan dampak positif secara terus menerus kepada masyarakat. Kemudian terdapat internship, sponsorship, serta Global Experiences Program yang semakin menambah keunggulan beasiswa.

5. Relasi yang Luas

Dengan berbagai kegiatan dari beasiswa Tanoto Foundation tadi, sangat memungkinkan penerima memiliki relasi yang luas. Karena kegiatan yang diadakan melibatkan banyak pihak yang membuat adanya interaksi positif.

Sehingga pastinya tiap peserta akan mendapat kesempatan untuk berjejaring lebih luas lagi dengan dan bersama sesame awardee.

Dari keunggulan-keunggulan di atas, menjadikan beasiswa Tanoto Foundation layak untuk diacungi jempol karena dedikasi dan programnya. Kualitas program yang apik ini diharapkan dapat melahirkan pula calon pemimpin masa depan yang baik.

Persyaratan dan Seleksi

Untuk selanjutnya, hal-hal yang wajib diketahui oleh calon pendaftar beasiswa Tanoto Foundation adalah persyaratan yang harus dipenuhi. Dikarenakan beasiswa ini untuk mahasiswa baru semester satu, maka dokumen yang dilampirkan adalah dokumen SMA.

Misalnya saja, prestasi akademik yang dibuktikan oleh nilai rata-rata rapor kelas dua belas dengan minimal nilainya adalah delapan dari skala sepuluh. Kemudian, terdaftar sebagai mahasiswa regular di perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation.

Bantuan biaya pendidikan tersebut juga mensyaratkan kepada pendaftar untuk memiliki prestasi non-akademik dan pengalaman organisasi. Yang hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya dokumen yang valid seperti piagam atau sertifikat.

Mampu berkomunikasi dengan baik, juga menguasai setidaknya bahasa Inggris yang baik dan benar, bahasa asing lain akan menjadi nilai tambah. Pendaftar harus mampu memberikan output berupa kontribusi nyata di kehidupan bermasyarakat dan pembangunan bangsa.

Hal penting lainnya adalah, peserta pendaftar tidak boleh terikat atau sedang menerima bantuan pendidikan dari pihak lain. Peserta tidak sedang mengikuti program dukungan pendidikan dari lembaga, maupun pemerintah lainnya.

Pendaftar juga harus bersedia untuk tidak menerima beasiswa dari program lain ketika sudah dinyatakan lolos dan terpilih program TELADAN. Hal tersebut dilakukan guna menghargai peserta lain yang sedang berusaha mendaftar dan memperjuangkan pendidikannya.

Nantinya Anda akan menghadapi beberapa seleksi yang dimulai dari seleksi administrasi atau berkas-berkas yang sudah dipilih penyelenggara. Pengumuman hasil seleksi juga akan dilanjutkan dengan seleksi tahap pertama berupa asesmen dari pertama.

Lalu seleksi asesmen tahap kedua dilanjut dengan pemberitahuan pengumuman hasil tahap dua, kemudian dilanjutkan dengan interview. Dari wawancara tadi, akan dipilih peserta yang memenuhi syarat serta terpilih menjadi penerima beasiswa.

Baca Juga: Materi-Materi SBMPTN Geografi dengan Cakupan yang Terintegrasi

Pastikan Perguruan Tinggi Mitra

Sebelum mendaftar, pastikan perguruan tinggi yang menaungi Anda adalah perguruan tinggi mitra yang sudah bekerja sama dengan Tanoto. Daftar-daftar perguruan tinggi sudah dijelaskan di bagian atas, sehingga Anda bisa mengetahuinya.

Perguruan tinggi mitra membantu memperluas sembari mengkerucutkan siapa saja yang dapat menerima bantuan beasiswa tersebut. Hal ini membuat kesempatan yang rata dengan program gagasan dari pihak lain di kampus lain.

Jika Anda ingin mendaftar beasiswa Tanoto Foundation yang bernama TELADAN ini, pastikan untuk mengumpulkan prestasi sebanyak-banyaknya. Untuk nilai tambah, jangan lupa mempelajari bahasa asing agar lebih unggul dibanding pendaftar lain pada program ini.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x