INFORMASI

Telah Dibuka Beasiswa Bangka Belitung (D3, S1) Angkatan 2022

5 min read
Telah Dibuka Beasiswa Bangka Belitung (D3, S1) Angkatan 2022

Beasiswa Bangka Belitung merupakan program bantuan pendidikan tinggi oleh Dinas Pendidikan Pemprov Bangka Belitung. Jangan lewatkan pendaftaran darmasiswa ini, berikut informasi seputar beasiswa ini.

Kapan Beasiswa Bangka Belitung Dibuka 2022?

Pendaftaran beasiswa Bangka Belitung sesuai dengan jadwal penerimaan peserta didik atau mahasiswa baru masing-masing perguruan tinggi. Anda mencari tahu terlebih dahulu dari 20 perguruan tinggi yang terdaftar pada beasiswa ini.

Untuk mekanisme pendaftarannya dilakukan secara langsung ke perguruan tinggi yang diinginkan oleh calon penerima beasiswa. Selanjutnya, calon penerima beasiswa harus mengikuti aturan serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi yang dipilih.

Untuk proses seleksi dilakukan seluruhnya oleh perguruan tinggi yang dipilih atau masing-masing PT. Jadi, Anda dapat melamar darmasiswa ini sesuai dengan jadwal dibukanya penerimaan mahasiswa baru di masing-masing PT.

Selain itu, pendaftaran beasiswa juga dilakukan secara langsung ke perguruan tinggi yang dipilih. Calon penerima beasiswa juga diminta untuk mengikuti aturan serta ketentuan yang telah ditetapkan masing-masing perguruan tinggi.

Syarat Beasiswa Bangka Belitung (S1)

Pada program pendidikan jenjang S1 memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pelamar, berikut persyaratannya:

  • Domisili

Syarat beasiswa Bangka Belitung yang pertama adalah berdomisili di Provinsi Bangka Belitung. Yaitu, pelamar atau calon penerima darmasiswa melampirkan scan KK/Paspor/KTP.

  • Aktif Berorganisasi

Calon penerima beasiswa dapat melampirkan surat atau sertifikat pernah mengikuti organisasi. Yaitu baik di dalam maupun luar sekolah.

  • Siswa Kelas 11 dan 12

Untuk calon penerima beasiswa atau peserta yang ingin melamar beasiswa dapat menyerahkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah. Adapun untuk siswa kelas 11 juga melampirkan nilai rapor semester 1 sampai dengan 4.

Sedangkan untuk kelas 12 melampirkan nilai rapor dari semester 1 sampai 5. Sedangkan untuk siswa yang sudah lulus, dapat melampirkan nilai rapor semester 1 hingga 6.

  • Siswa yang Lulus

Bagi siswa yang telah lulus bersekolah, wajib untuk menyerahkan SKHUN dan Ijazah. Selain itu, siswa juga harus memiliki riwayat pendidikan baik selama berada di SMK/SMA/MAN.

Tentunya persyaratan tersebut di atas harus dipenuhi yang menjadi syarat utama diterimanya calon penerima beasiswa. Untuk persyaratan jenjang pendidikan D3 kurang lebih sama dengan persyaratan di atas. Syarat-syarat lainnya juga ditentukan atau ditetapkan oleh perguruan tinggi masing-masing.

Calon penerima beasiswa juga mendaftarkan diri melalui http://dindik.babelprov.go.id/ dan mengunduh bukti pendaftaran dan mencetaknya.

Persyaratan Lainnya

Beberapa persyaratan lainnya harus dipenuhi mahasiswa mengenai darmasiswa Bangka Belitung, berikut persyaratannya:

  • Nilai IPK Minimal

Nilai indeks prestasi akademik telah ditetapkan atau ditentukan berdasarkan nilai akreditasi prodi. Untuk akreditasi A memiliki nilai IPK minimal 3.30, pada akreditasi B memiliki nilai IPK minimal 3.50.

Sedangkan untuk akreditasi C memiliki IPK minimal 3.70. Fotokopi hasil nilai semester dalam bentuk IPK yang sudah dilegalisir oleh pihak kampus.

  • Sertifikat Akreditasi

Selain itu, mahasiswa juga diminta untuk membuat salinan berkas sertifikat akreditasi prodi yang masih berlaku dan dilegalisir.

  • Semester Minimal

Untuk mahasiswa D3 dan S1 minimal telah mengikuti 2 semester pada perkuliahan. Untuk semester 7 pada D3 dan semester 9 pada S1 tidak diperbolehkan atau diperkenankan mengikuti beasiswa.

  • Status

Calon penerima darmasiswa dinyatakan belum pernah menikah atau berkeluarga. Orang tua berdomisili di Provinsi Bangka Belitung dibuktikan dengan salinan KK dan KTP.

Calon penerima beasiswa dinyatakan sedang tidak menerima beasiswa dari perguruan tinggi atau lembaga lain. Darmasiswa diperuntukkan bagi yang belum pernah mendapatkan di tahun sebelumnya.

  • Buku Rekening

Calon penerima darmasiswa diminta untuk melampirkan salinan buku rekening yang masih aktif. Untuk mahasiswa yang dinyatakan berhak menerima beasiswa, dana darmasiswa akan dikirim langsung ke rekening masing-masing.

Format Darmasiswa

Setelah melakukan pengisian pendaftaran beasiswa melalui web Dindik Babelprov dan menyerahkan bukti pendaftaran melalui pos ke Dinas Pendidikan Babel. Untuk surat yang dikirim, tuliskan pada bagian sudut kanan amplop dengan “berkas mahasiswa prestasi akademik tahun 2022”.

Format surat keterangan masih kuliah, keterangan tidak menerima beasiswa dari pihak mana pun, dan belum menikah. Calon penerima beasiswa atau pelamar dapat mengunduhnya di web Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung.

Apakah Beasiswa untuk yang Kurang Mampu?

Beasiswa Bangka Belitung terbagi menjadi beberapa bagian yang akan diberikan kepada putra/putri Bangka Belitung. Yaitu darmasiswa berprestasi (di luar Babel) dan beasiswa Babel (mahasiswa kurang mampu).

Anda dapat memilih salah satu dari program tersebut untuk dapat mengikuti beasiswa. Selain itu, beasiswa ini juga telah dibagikan kepada masyarakat Bangka Belitung sebanyak 1399 orang.

Program bantuan pendidikan ini juga merupakan upaya dari Gubernur meraih penghargaan. Yaitu takrim Anugerah Dwijaya Praja Nugraha guna meningkatkan SDM atau sumber daya manusia yang handal dan juga unggul.

Universitas dan Kuota

Untuk penerimaan beasiswa Bangka Belitung, ada beberapa Universitas atau perguruan tinggi yang dapat dipilih. Yaitu ada sebanyak 20 PT yang dapat dipilih atau mahasiswa yang terdaftar pada salah satu dari 20 PT  tersebut.

Adapun banyak kuota yang tersedia tiap perguruan tinggi berbeda-beda. Total kuota penerimaan mahasiswa yang dapat mengajukan darmasiswa adalah 200 orang mahasiswa.

Jumlah kuota tersebut tentu saja dapat berubah-ubah sesuai dengan kebijakan Pemprov Bangka Belitung. Salah satu contohnya penerimaan darmasiswa di tahun 2021 ada sebanyak 223 orang mahasiswa.

Informasi Lebih Lanjut

Mengenai informasi lebih lanjut terkait darmasiswa ini dapat ditanyakan ke perguruan tinggi masing-masing. Selain itu dapat pula ditanyakan ke Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung.

Untuk nomor telepon yang dapat dihubungi yaitu 0717439234. Tentunya sebagai pelamar atau calon penerima beasiswa ada banyak sekali yang ditanyakan. Hal tersebut bukanlah hal yang harus dihindari, melainkan segera ditanyakan agar menghindari kesalahan dikemudian hari.

Baca Juga: Jangan Menyerah Hadapi Soal UTBK SBMPTN Eksponen 2022

Besaran Dana Beasiswa yang Diterima

Besaran dana yang diterima dikategorikan menjadi dua bagian. Yaitu untuk mahasiswa luar daerah dan dalam daerah.

Dana darmasiswa yang di diterima oleh mahasiswa berkuliah dalam daerah sebanyak Rp4 juta. Sedangkan untuk mahasiswa berkuliah di luar daerah mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp6 juta.

Untuk besaran dana beasiswa bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan Pemprov Bangka Belitung. Darmasiswa diputuskan berdasarkan banyak kuota dan berdasarkan IPK dan akreditasi prodi.  

Beasiswa Bangka Belitung merupakan bantuan pendidikan untuk membantu mahasiswa kurang mampu. Darmasiswa ini merupakan program dari Pemprov Bangka Belitung untuk meningkatkan SDM melalui pendidikan.

Jadwal pendaftaran beasiswa ini mengikuti jadwal penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi masing-masing. Adapun pengajuan berkas beasiswa yang dikirim ke Dinas Pendidikan Pembinaan SMA dapat ditanyakan lebih lanjut ke  Dinas Pendidikan Babel.

Selain itu, persyaratan yang diminta untuk dapat mengikuti program bantuan pendidikan ini dapat dilihat di web Dinas Pendidikan Babel. Tetap pantau terus mengenai pendaftaran darmasiswa Bangka Belitung ini dan jangan sampai terlewat.

Semoga Anda menjadi kandidat yang lolos berhak menerima darmasiswa Bangka Belitung. Jangan lupa berdoa dan meminta izin restu dari orang tua.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x