SBMPTN

Tak Perlu Bingung, Begini SBMPTN Cara Daftar yang Benar!

5 min read
Tak Perlu Bingung, Begini SBMPTN Cara Daftar yang Benar!

Mengapa langkah SBMPTN cara daftar banyak dicari? Karena hari-hari menjelang seleksi masuk perguruan tinggi kini sudah semakin dekat. Tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah memahami mekanisme SBMPTN cara daftar yang benar.

Info SBMPTN Cara Daftar dan Tanggalnya

Sebelum memasuki tahapan SBMPTN cara daftar yang benar dan sesuai dengan aturan, ada baiknya mengetahui tanggalnya pendaftaran. Untuk Anda yang ingin ikut seleksi ini dibuka dari 14 Februari hingga 17 Maret 2022.

Untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN sendiri di tanggal 23 Maret sampai 15 April 2022. Perlu diingat bahwa, hanya peserta tertentu saja yang dapat mengikuti seleksi ini, contohnya tidak lolos pada SNMPTN.

Untuk tanggal pelaksanaan ujian SBMPTN sendiri terbagi dua gelombang, yaitu pertama dan kedua. Gelombang pertama diadakan pada 17 sampai 23 Mei 2022.

Sedangkan gelombang kedua diselenggarakan pada 28 Mei sampai 3 Juni 2022. Untuk pengumuman UTBK sendiri berada di tanggal 23 Juni 2022.

Selain itu, SBMPTN 2022 ini akan digelar di 74 titik lokasi seluruh Indonesia. Yang artinya siswa dapat memilih ujian di mana saja.

Pahami Akses SBMPTN Cara Daftar Serta Persyaratannya

Lagi-lagi sebelum masuk ke tahap SBMPTN cara daftar yang benar adalah memahami persyaratannya terlebih dahulu. Yang pertama adalah dengan membuat akun LTMPT pada lama http://ltmpt.ac.id/ melalui browser Anda.

Selanjutnya, seleksi ini diperuntukkan bagi warga negara Indonesia yang memiliki NIK. Yang ketiga, siswa SMK/SMA/MA sederajat calon lulusan tahun yang sama dengan tahun seleksi.

Selain itu, siswa juga harus memiliki surat keterangan siswa sekolah menengah atas/kejuruan/aliyah kelas 12. Untuk paket C memiliki ketentuan dengan umur tidak lebih dari 25 tahun dihitung per 1 Juli 2022.

Untuk lulusan SMA/SMK/MA pada 2020, 2021, 2022 dapat mengikuti seleksi bersama ini pada tahun 2022. Selain itu, siswa yang tidak lolos atau belum beruntung pada SNMPTN diperkenankan mengikuti seleksi bersama ini.

Adapun persyaratan tes, siswa diperintahkan untuk memilih prodi Saintek, maka harus mengikuti TKA Saintek dan TPS. Begitu pula dengan prodi Soshum, maka harus mengikuti TKA Soshum.

Untuk peserta yang memilih prodi campuran, maka harus mengikuti TPS serta TKA Saintek dan juga TKA Soshum. Namun ada perbedaan untuk prodi kedokteran dan kedokteran gigi, yaitu hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA IPA saja.

Kesehatan juga menjadi persyaratan yang tak kalah penting untuk mengikuti UTBK-SBMPTN. Yaitu bertujuan tidak mengganggu pada proses seleksi nanti.

Jika Anda memilih bidang studi Olahraga dan Seni wajib untuk melakukan uploud atau unggah portofolio. Untuk penyandang disabilitas dapat melampirkan surat pernyataan yang sesuai, seperti surat pernyataan tuna netra untuk penyandang tuna netra.

Yang terakhir adalah membayar biaya ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Dengan besaran biaya Rp200 ribu untuk prodi Saintek atau Soshum, sedangkan prodi campuran membayar Rp300 ribu.

Step by Step SBMPTN Cara Daftar yang Benar

SBMPTN cara daftar yang benar sesuai dengan aturan atau instruksi adalah dengan mengikuti semua persyaratan yang ada. Namun perlu dijabarkan agar tidak ada kesalahpahaman dalam melakukan proses pendaftaran seleksi bersama ini.

1. Masuk Ke Situs LTMPT

Cara yang pertama adalah dengan cara masuk ke situs resmi ltmpt. Pada laman tersebut Anda diharuskan untuk melakukan pendaftaran atau registrasi akun.

Selanjutnya Anda juga diminta untuk membuat sebuah password dan juga email untuk akses masuk ke akun ltmpt nanti. Lalu pilih UTBK-SBMPTN untuk mendaftar ujian nantinya.

2. Mengisi Biodata

Setelah pembuatan akun selesai sampai pada tahap verifikasi akun, maka tahap berikutnya adalah masuk kembali melalui akun didaftarkan tadi. Lalu Anda harus mengisi biodata yang diminta dengan baik dan benar.

Terakhir, lakukan simpan perubahan dan akan dialihkan ke lama selanjutnya.

3. Konfirmasi Biodata

Pilih simpan serta lanjutkan ke tahap berikutnya, jika ada data yang dirasa kurang benar atau tidak tepat. Maka bisa beralih ke halaman sebelumnya.

4. Simpan Permanen

Jika telah mengonfirmasi biodata tersebut dengan benar, Anda tidak dapat lagi mengubah data tersebut.

5. Memilih PTN  serta Prodi

Pada tampilan ini Anda dapat memilih perguruan tinggi serta prodi apa yang diinginkan, pastikan memilih dengan benar. Selanjutnya centang pernyataan untuk kesanggupan memenuhi biaya pendidikan selama kuliah, klik save dan lanjutkan.

6. Mengisi Portofolio

Pada prodi tertentu mengharuskan Anda untuk mengisi portofolio, seperti persyaratan yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga: Kejar Beasiswa Prestasi Talenta (S1): Jangan Ketinggalan Jadwalnya

Langkah SBMPTN Cara Daftar Selanjutnya

Pada penjabaran di atas tentunya belum selesai untuk melakukan pendaftaran SBMPTN, ada tahap selanjutnya yang harus diselesaikan.

1. Menuju Lokasi UTBK

Setelah melakukan konfirmasi terhadap PTN dan prodi yang dipilih, serta melakukan pengisian portofolio (jika diminta). Tahap selanjutnya adalah memilih lokasi UTBK yang diinginkan, lalu klik simpan dan lanjutkan.

2. Konfirmasi Akhir

Pada tahap ini Anda harus benar-benar memastikan semua data terisi dengan benar sesuai dengan ketentuan. Karena data akan disimpan dan tidak dapat diubah lagi, jika sudah selesai, selanjutnya klik setuju dan yakin untuk menyimpan.

3. Pembayaran UTBK

Langkah selanjutnya adalah membayar biaya mengikuti ujian tulis berbasis komputer yang Anda ikuti. Untuk biayanya sendiri adalah Rp200 ribu untuk salah satu prodi (Saintek dan Soshum).

Jika Anda mengambil prodi campuran, maka biayanya akan sedikit berbeda. Yaitu Rp300 ribu yang mana biaya ini disetorkan melalui bank yang terdaftar pada UTBK-SBMPTN.

4. Konfirmasi kartu Tanda Peserta

Tahap selanjutnya ketika Anda telah menyelesaikan semua poin pendaftaran di atas, maka dapat masuk kembali ke akun LTMPT. Yaitu melalukan cetak kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN, kartu ini digunakan untuk akses mengikuti ujian.

Pada kartu tersebut juga berisikan informasi terkait UTBK yang Anda ikuti, seperti nama dan nomor peserta.

5. Langkah SBMPTN Cara Daftar Selesai

Setelah semunya diselesaikan, Anda sekarang telah siap untuk mengikuti UTBK-SBMPTN sesuai dengan lokasi yang dipilih. Selain itu, jangan lupa untuk membawa kartu tanda peserta ya.

Jika mengikuti SBMPTN cara daftar yang sesuai dengan ketentuan, maka tak perlu khawatir akan gagal untuk mengikuti UTBK-SBMPTN.

SBMPTN cara daftar yang benarnya tentu dapat dilihat melalui laman resmi LTMPT-nya sendiri. Namun akan lebih baik lagi jika dijabarkan secara detail, agar meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi ketika proses pendaftaran.

Melakukan pengisian data-data tersebut tentulah harus benar, karena data-data tersebut disimpan secara permanen dan tidak dapat diubah. Siswa yang lulus di tahun yang sama dengan tanggal pendaftaran SBMPTN tentu dapat mengikutinya.

Untuk siswa yang lulus maksimal dua tahun sebelumnya juga dapat mengikuti seleksi bersama ini, yang biasa disebut gap year. Bahkan seleksi ini diperuntukkan kepada siswa yang tidak lolos dalam SNMPTN.

Ternyata ada cukup banyak sekali tahapan-tahapan yang harus diikuti untuk melakukan pendaftaran SBMPTN ini ya. Tentunya mulai dari kapan harus membuat akun, sampai proses cetak kartu tanda peserta untuk mengikuti UTBK-SBMPTN.

Ayo dari sekarang persiapkan juga untuk mengikuti SBMPTN di 2022, masih ada waktu yang tersisa untuk mendaftar. Persiapkan juga ya untuk melatih diri dengan soal-soal yang akan diujikan nanti pada UTBK-SBMPTN.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x